Tuesday, December 25, 2012

Cara Mudah Merekayasa Style Blog

Tutorial blog kali ini saya sajikan khusus bagi sobat yang baru belajar blog dan sudah berhasil membuat blog baru dengan platform Blogger (Blogspot). Blog yang telah dibangun dan mempunyai beberapa menu utama artikel yang telah diterbitkan, style dan tampilannya dapat direkasaya kembali dengan mudah melalui fitur Blogger di halaman kustomisasi template.

Di halaman kustomisasi template ini, sobat dapat melakukan rekayasa tampilan blog antara lain:

  1. Mengatur warna latar template
  2. Mengatur warna latar dan warna depan setiap tulisan dan link
  3. Mengatur warna latar dan warna depan menu
  4. Mengatur tata letak sidebar
  5. Mengatur lebar tamplate
  6. Mengatur jenis dan ukuran huruf setiap tulisan (Judul Blog, Menu, Posting, Link, dan lian-lain)

Berikut adalah cara mudah merekayasa style blog:
  1. Gambar di bawah adalah contoh blog yang akan dilakukan kustomisasi. Perhatikan warna dan jenis tulisan sebelum direkayasa.
  2. Login ke Blogger.

    Rekayasa Style Blog
    Tampilan sebelum dikustomisasi

  3. Di halaman dashboard pilih "Template" kemudian klik tombol "Customize" untuk melakukan kustomisasi template pada blog "Keripik Kentang"

    Rekayasa Style Blog
    Halaman Template

  4. Di halaman "Blogger Template Designer" akan terlihat beragam menu dan opsi sesuai kebutuhan. Menu sebelah kiri (1) adalah menu utama sedangkan menu di sebelah kanan (2) adalah submenu, dan menu berikutnya (3,4,5) adalah item-item pilihan yang berfungsi untuk merekayasa style blog yang dibutukan. Semua perubahan style akan terlihat di area preview (6). Jika sobat bermaksud membatalkan semua perubahan dan ingin mengembalikan semua setingan ke kondisi awal, klik "Clear advance changes to page" (7).

    Rekayasa Style Blog
    Blogger Template Designer
  5. Setelah semua pengaturan style dirasakan cukup, klik tombol "Apply to Blog" kemudian klik "Back to Blogger" untuk kembali ke halaman dashboard.

    Rekayasa Style Blog
    Back to Blogger
  6. Gambar di bawah adalah screeshot blog "Keripik Kentang" yang telah dikustomisasi. Perhatikan dan bandingkan dengan template sebelumnya di poin ke-1.

    Rekayasa Style Blog
    Tampilan setelah dikustomisasi