Sunday, December 16, 2012

Menambahkan Sidebar

Sebuah blog umumnya mempunyai sidebar kiri dan/atau sidebar kanan, tetapi tidak semua template blog dirancang dengan sidebar. Sama halnya dengan sebuah posting, pada sidebar juga dapat disimpan beragam fitur seperti teks, gambar dan foto, video, iklan, popular post, link exchange, dan lain-lain. Namun demikian sidebar tidak memiliki fitur "posting lama" dan "posting baru" tetapi bersifat statik. Adapun fitur-fitur standar yang dapat ditambahkan pada sidebar blogger antara lain:

  1. Google Plus Button
    Google Plus adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh perusahaan besar Google dengan tujuan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa tahun ini.
  2. Google Follower
    Google Follower atau Google Friend Connect merupakan layanan social networking berbasis website yang diluncurkan oleh Google sehingga para author blog bisa terhubung satu sama lain dan saling berinteraksi. Follower sendiri adalah pengikut yaitu orang (blogger) yang mengikuti update informasi dari blog lain yang di-follow.
  3. Google Badge
    Google Badge merupakan fitur untuk mempromosikan laman dari Google + melalui suatu blog kepada orang lain dengan menambahkan user lain ke dalam lingkaran (circle) Google Plus.
  4. Google Translate
    Google Translate adalah layanan Google untuk menterjamahhan berbagai bahasa di dunia seperti kamus online.
  5. Follow By Email
    Follow By Email adalah widget Blogger yang berfungsi sebagai fasiltas kepada pengunjung yang ingin berlangganan artikel langsung melalui email.
  6. Popular Posts
    Popular Posts atau Popular Articles adalah widget khusus yang tersedia di Blogger untuk menampilkan artikel paling diminati atau yang paling sering dibaca oleh pengunjung dalam kurun waktu tertentu.
  7. Blog's Stats
    Blog's Stats adlah widget blogger yang berfungsi untuk menampilkan status blog seperti banyaknya view.
  8. Page
    Page merupakan fasilitas untuk membuat menu statik.
  9. Follower
    Follower adalah widget blogger untuk memapilkan dan menarik blogger dan user Google lain untuk menjadi pengikut informasi blog.
  10. Search Box
    Search Bocx (kotak penelusuran) berfungsi untuk menampilkan kotak pencarian artikel pada sebuag blog.
  11. HTML and JavaScript
    Widget ini paling flexibel karena hampir semua fitur dapat dilakukan melalui HTML dab JavaScript seperti menyisipkan tulisan, gambar dan foto, lagu dan musik, video, banner, iklan jual beli online, dan masih banyak lagi.
  12. Teks
    Berfungsi untuk menyimpan dan menampilkan tulisan (teks) pada sidebar.
  13. Pictures
    Berfungsi untuk menampilkan gambar dan foto pada sidebar.
  14. Slide Show
    Widget Blogger ini berfungsi untuk menampilkan foto sebagai slide show.
  15. Video
    Berfungsi untuk menampikan video pada sidebar.
  16. Poll
    Berfungsi untuk membuat polling pada sidebar.
  17. Blog List
    Berfungsi untuk menampilkan daftar blog pada sidebar.
  18. Link List
    Hampir sama dengan Blog List yaitu untuk menampilkan link (tautan) termasuk URL blog.
  19. Label
    Widget Label berfungsi untuk menampilkan label atau kategori yang pernah dibuat pada suatu blog ketika membuat posting.
  20. Profile
    Widget ini berfungsi untuk menampilkan profil author blog.
Langkah-langkah untuk menambah fitur-fitur tersebut ke dalam sidebar blogger adalah sebagai berikut.
  1. Login ke Blogger
  2. Di halaman dashboard pilih "Layout"

    Tata Letak Blogger

  3. Sebelum menambahkan sidebar, terlebih dahulu dapat dilihat tampilan sidebar blog yang sudah ada. Dalam contoh berikut adalah "Blog Archive" dan "About Me"

    Tata Letak Sidebar

  4. Di halaman Layout terlihat sidebar yang bawaan template Blogger yaitu "Blog Archive" dan "About Me". Untuk menambahkan sidebar baru, klik saja "Add a Gadget" kemudian pilih fitur yang akan disimpan di sidebar.

    Gadget Blogger

  5. Untuk menambahkan fitur yang diinginkan dapat dipilih di halaman "Add a Gadget". Misalnya jika akan menambahkan sidebar berisi tulisan, maka dipilih Text, tetapi jika gambar yang akan disimpan pada sidebar, ikuti lngkah ke-9.

    Add Gadget

    Teks di Sidebar

  6. Selanjutnya tulis judul dan teks yang akan ditampilkan pada sidebar. Di bagian atas kanan editor terdapat toollbar untuk mengatur style tulisan seperti huruf tebal, huruf miring, warna, link, dan blockquote.

    Tulisan di Sidebar

  7. Lakukan refresh (F5) atau dengan cara Preview untuk melihat apakah sidebar yang berisi tulisan tadi sudah berhasil ditambahkan. Untuk melakukan edit atau perubahan, klik icon kecil seperti gambar obeng dan kunci pas di sudut kanan bahah setiap sidebar.

    Tata Letak Sidebar

  8. Perhatikan pada layout blogger, kini sudah bertambah sidebar baru "Varitas Kentang" yang berisi teks.

    Gambar di Sidebar

  9. Untuk menambahkan gambar di sidebar baru, klik "Add a Gadget" kemudian pilih "Image".

    Foto di Sidebar

  10. Langkah selanjutnya adalah mengisi judul gambar dan caption. Jika gambar akan diberi tautan, isi kotak "Link" dengan URL tujuan. Jika gambar akan diambil dari komputer, klik tombol Choose File" kemudian pilih file gambar yang akan disimpan di sidebar, tetapi jika gambar akan diambil dari URL, copy paste URL gambar ke kotak "From the web". Agar ukuran lebar di-resize menjadi 300px,  centang "Shrink to fit".  Setelah selesai, klik Save, tetapi jika bermaksud untuk menghapus gambar tersebut, klik saja remove image.

    Image do Sidebar

    Tambah Sidebar

  11. Pada layout blogger kini sudah bertambah satu lagi sidebar yang berisi gambar.


  12. Gambar dibawah adalah hasil akhir setelah ditambah dua sidebar yang berisi tulisan dan gambar.
Tampilan Sidebar