Saturday, December 22, 2012

Memotong Posting

Ketika sobat blogger telah menulis banyak artikel, maka artikel tersebut akan ditampilkan di halaman depan secara berurutan berdasarkan waktu penerbitan. Posting dengan tanggal terbaru akan otomatis berada di paling atas dan yang lebih lama akan berada di bawahnya. Default-nya posting yang akan ditampilkan di halaman depan (home page) adalah 7 artikel, demikian juga untuk halaman-halaman berikutnya akan merupakan kelipatan 7. Untuk kondisi tertentu hal ini dapat terlalu panjang ke bawah sehingga pembaca harus melakukan scrolling ketika membaca tulisan tersebut, apalagi jika artikel yang ditulis cukup panjang.

Ada beberapa solusi untuk mengatasi hal ini di antaranya:

  1. Mengatur agar agar hanya judul artikel yang tampil di halaman depan dan halaman-halaman berikutnya (akan dibahas nanti)
  2. Memotong artikel yang panjang dengan menambahkan "Readmore"
  3. Membatasi jumlah posting yang akan tampil di setiap halaman
Apabila opsi kedua yang akan dipakai yaitu dengan memotong artikel panjang, maka tulisan yang dipotong tidak akan ditampikan dan sisa tulisan tersebut akan terlihat jika diklik "Readmore" atau "Selengkapnya". Jika sobat pemula ingin mencoba trik ini, berikut langkah-langkahnya:
  1. Sebelum dimulai, perhatikan contoh artikel yang belum dipotong dan belum ditambahkan "Readmore" atau "Baca Selengkapnya"

    Posting belum dipotong (belum dipisahkan dengan readmore)
  2. Langkah selanjutnya, login ke Blogger
  3. Buat posting baru atau edit posting lama. 
  4. Di halaman penulisan posting mode compose letakan kursor di atas tulisan yang akan dipotong kemudian klik "icon Jump Break" pada toolbar. Selanjutnya akan terlihat garis horizontal berwarna abu sebagai batas pemotongan tulisan. Tulisan yang berada di bawah garis abu tidak akan ditampilkan dan akan terlihat jika tombol "Readmore" atau "Baca Selengkapnya" diklik

    Menambahkan Readmore (Baca Selengkapnya)

  5. Setelah selesai pemotongan, terbitkan kembali artikel tersebut dengan mengklik tombol "Update" untuk posting lama atau tombol "Publish" untuk posting baru

    Update Posting

  6. Gambar di bawah adalah contoh artikel yang telah dipotong. Tulisan "Readmore" akan otomatis muncul di bawah posting tersebut. Jika tulisan "Readmore" diklik, maka sisa tulisan akan ditampilkan seluruhnya.

    Posting telah ditambahkan readmore

  7. Untuk mengganti tulisan "Readmore" dengan tulisan sendiri misalnya "Full Post", "Selengkapnya", "Baca lebih lanjut", dapat dilakukan melalui jendela "Configure Blog Posts" caranya sama ketika mengatur elemen-elemen posting. Setelah diganti, klik tombol "Save"

    Mengganti Readmore dengan Selengkapnya

  8. Gambar di bawah adalah contoh tulisan "Readmore" yang sudah diganti dengan "Selengkapnya". Kedua tulisan tersebut fungsinya sama yaitu untuk menampilkan semua artikel yang tadi disembunyikan jika tombol/link tersebut diklik

    Readmore telah berubah menjadi Selengkapnya