Monday, December 17, 2012

Elemen-elemen Posting

Ketika membuat posting baru, banyak fitur yang dapat dimanfaat untuk mendukung konten yang ditulis melalui elemen-elemen posting. Elemen-elemen tersebut antara lain adalah:

  1. Label Posting
    Label merupakan kategori artikel yang umumnya diletakan di bawah posting. Pemberian label pada artikel yang ditulis dapat memudahkan pencarian judul ketika melakukan pengeditan. Karena label merupakan kategori artikel, pengunjung dapat melihat artikel lain berdasarkan label tersebut.
  2. Share Button
    Blogger menyediakan tombol share sebagai fasilitas berbagi informasi yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Ketika tombol share ini diklik, pengunjung dapat membagi informasi melalui Email, Blogger, Twitter, dan Facebook. Keberadaan tombol share dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung.
  3. Comments
    Comments merupakan indikator dari jumlah komentar yang ada dalam posting tersebut. Jika belum ada komentar akan terlihat "No Comments"
  4. Author
    Author biasanya ditulis dengan "Posted By" tetapi dapat diubah sesuai kebutuhan, fugsinya untuk menampilkan penulis atau author blog yang bersangkutan.
  5. Waktu
    Menampilkan waktu (tanggal dan/atau jam) suatu artikel pertama kali diterbitkan.
  6. Reactions
    Untuk menampilkan beberapa opsi penilaian artikel yang sedang dibuka (dibaca) oleh pengunjung melalui pilihan yang ada misalnya, "Menarik, Bagus, Cukup, Kurang", dan sebagainya.
Langkah-langkah mengedit elemen-elemen posting:
  1. Login ke Blogger
  2. Di halaman dashboard pilih Posts kemudian tepat di bawah judul posting klik "Edit". Cara ini akan sama seperti ketika membuat posting baru. Tambahkan label jika sebelumnya belum ada, sebaiknya penamaan sesuaikan label disesuaikan dengan kategori artikel karena label ini dapat dipakai di waktu lain ketika menulis artikel dengan kategori yang sama.

    Edit Post

  3. Untuk menampilkan label, nama author, tanggal posting, dan elemen lain, klik saja tanda pencil berwarna orange (di sudut kanan bawah posting) atau dengan cara seperti langkah ke-4.

    Label Post

  4. Untuk mengedit elemen-elemen posting mana saja yang akan ditampilkan dapat juga dilakukan dengan memilih menu "Layout", seperti pada gambar di bawah.

    Menu Layout

  5. Klik "Edit" di bagian bagian elemen Blog Post

    Edit Post

  6. Di halaman berikutnya akan terlihat elemen-elemen posting yang dapat ditampilkan bersama-sama dengan artikel yang diterbitkan. Centang elemen posting yang akan ditampilkan.

    Elemen Post

  7. Elemen-elemen yang telah dipilih akan terlihat di bawahnya. Jika sudah cocok, klik tombol "Save" untuk menyimpan setingan tersebut.

    Elemen Post

  8. Gambar di bawah adalah contoh dari pengaturan yang dilakukan seperti pada langkah sebelumnya.

    Elemen Post