Tuesday, December 11, 2012

Cara Menjadwal Posting Blog

Sambungan dari : Membuat Posting Baru di Blogger

Ketika sobat selesai menulis artikel tetapi tidak bermaksud untuk menerbitkannya saat itu, sobat dapat memilih opsi penjadwalan. Dengan opsi ini artikel tadi dapat diterbitkan kapan saja sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Cara menjadwal posting blog hampai sama dengan cara membuat posting baru di Blogger hanya saja setelah semua artikel selesai ditulis tidak langsung dipublikasikan dengan menekan tombol "Publish" tetapi masuk dulu ke bagian Schedule untuk mengatur kapan artikel tersebut akan diterbitkan. Caranya sebagai berikut:

  1. Seperti biasa login dulu ke Blogger
  2. Pada halaman dashboard, buatlah posting baru dengan cara mengklik tanda pensil berwarna orange atau dengan memilih "Posts" di bagian "Goto post list"

    Menjadwal Posting

  3. Jika cara kedua yang dipakai, klik lagi tombol "New post" untuk membuat posting baru.

    Menjadwal Posting Blog

  4. Sobat akan dibawa ke halaman penulisan artikel. Seperti sebelumnya, lakukan saja penulisan artikel sampai selesai tetapi tombol "Publish" jangan dulu diklik.

    Area Posting Blog
    Klik untuk memperbesar gambar!
  5. Untuk mengatur penjadwalan posting, di sebelah kanan pilih "Schedule" kemudian tentukan jam dan tanggal artikel tersebut akan diterbitkan lalu klik tombol "Done".

    Schedulig Posting

  6. Setelah selesai mengatur waktu penjadwalan posting, klik tombol "Publish". Jangan lupa untuk melakukan Preview terlebih dahulu untuk melihat hasil sementara sebelum diterbitkan.

    Pengaturan jadwal posting

  7. Artikel tadi tidak akan langsung diterbitkan tetapi akan menunggu waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Di halaman dashboard akan terlihat Scheduled di samping judul artikel menandakan bahwa artikel tersebut belum diterbitkan tetapi sudah dilakukan penjadwalan.

    Jadwal Posting
Bersambung ...