Monday, December 10, 2012

Mengenal Toolbar Blogger

Sambungan dari: Kustomisasi Template Blogger

Jika Anda pertama kali membuat blog dan bermaksud untuk menulis artikel untuk diterbitkan, Anda dapat langsung menulis di mode compose atau HTML. Namun demikian ada baiknya lebih dulu mengenal toolbar blogger dan fungsi-fungsinya. Hal ini akan terasa manfaatnya ketika Anda melakukan aktifitas yang berhubungan dengan posting tersebut antara lain mengatur format tulisan, menyisipkan gambar, memberi warna, mengatur paragraf, membuat tautan dan sebagainya.

Toolbar Blogger ini hampir sama dengan toolbar yang biasa kita lihat di Microsoft Word, fungsinya pun hampir sama, hanya saja toolbar yang ini lebih sederhana karena disesauikan dengan kebutuhan posting. Berikut penjelasannya:

Toolbar Blogger
Klik untuk memperbesar!
  1. Compose, befungsi untuk mengalihan mode penulisan artikel ke mode WYSIWIG (What You See Is What You Get), dengan kata lain, apapun format tulisan yang tampil di editor mode ini, hasilnya akan sama ketika artikel tersebut sudah dipublikasikan (diterbitkan).

    Mode Compose

  2. HTML, berfungsi untuk mengalihkan mode penulisan artikel ke dalam bentuk penulisan kode-kode HTML. Pada mode ini format tulisan terlihat sama tetapi beberapa tulisan dan gambar yang menggunakan kode HTML tertentu akan tampil berbeda ketika sudah diterbitkan.

    Mode HTML

  3. Undo dan Redo, berfungsi untuk membatalkan perintah dan sebaliknya seperti dalam Ms. Word.
  4. Font, berfungsi untuk mengatur jenis huruf seperti Arial, Courier, Georgia, Helvetica, Times, Trebuchet, dan Verdana

    Font Button

  5. Font Size, berfungsi untuk mengatur ukuran huruf.
  6. Format, berfungsi untuk mengatur format tulisan yaitu Normal, Heading, Sub Heading, dan Minor Heading.

    Button Format

  7. Style, berfungsi untuk mengatur style huruf yaitu Bold (tebal), Italic (miring), Underline (garis bawah), dan Strikethrough (dicoret).
  8. Text Color dan Text Background Color, berfungsi untuk mengatur warna tulisan dan warna latar tulisan.

    Tombol Warna

    Tombol Background

  9. Link, berfungsi untuk membuat link (tautan) yang akan menuju halaman yang ditunjukkan oleh URL. Link tersebut jika diklik dapat terbuka di halaman itu juga atau dapat terbuka di halaman baru (new tab).
  10. Insert Image, berfungsi untuk menyisipkan gambar ke dalam posting. Format gambar yang diijinkan adalah JPG, GIF dan PNG yang dapat di-upload dari blog yang bersangkutan, Picasa Web ALbum, Phone, Webcam, dari URL lain atau dari komputer sendiri..
  11. Insert a Video, berfungsi untuk menyisipkan video ke dalam posting. Video tersebut bisa berasal dari Youtube, Phone, Webcam, atau dari komputer sendiri
  12. Insert Jump Break, berfungsi sebagai pemutus tulisan atau dikenal dengan istilah readmore (baca selengkapnya). Tulisan di bawah readmore akan terlihat sebagian, tulisan selengkapnya akan terlihat setelah link readmore diklik.
  13. Alignment, berfungsi untuk mengatur paragraf yaitu rata kiri (Align left), rata kanan (Align right), rata tengah (Align center), dan rata kiri-kanan (Justify).

    Alignment Button

  14. Numbered List dan Bullet List, berfungsi untuk membuat penomoran dan bullet seperti halnya pada Microsoft Word.
  15. Quote, berfungsi untuk mengatur tulisan sebagai kutipan (Blockquote). Default-nya, format tulisan kutipan agak sedikit menjorok ke tengah.
  16. Remove Formating, berfungsi untuk me-reset tulisan yang sudah diformat sebelumnya dan dikembalikan ke keadaan semula (default-nya).
  17. Check Spelling, berfungsi untuk memeriksa kebenaran ejaan tulisan dalan bahasa Inggris. Ejaan yang salah atau tidak sesuai akan diberi warna latar kuning.
Selamat mencoba.
Bersambung...