Friday, March 13, 2020

Sumber-Sumber Listrik

Sumber listrik adalah suatu alat atau sistem yang bisa menghasilkan energi listrik baik AC (bolak-balik) maupun DC (searah) yang kapasitasnya tergantung dari sistem yang digunakan.

FUNGSI SUMBER LISTRIK
Setiap peralatan yang menggunakan enegi listrik membutuhkan sumber tegangan untuk menjalankan peralatan tersebut sesuai dengan keperluan dan kapasitas yang dibutuhkan. Jika tidak sesuai maka peralatan tersebut tidak akan bisa beroperasi atau bahkan bisa rusak akibat kelebihan tegangan atau diluar kebutuhan alat tersebut.

Setiap perangkat listrik mempunyai spesifikasi kebutuhan yang sudah diperhitungkan misalnya besarnya arus minimal, tegangan input minimal dan maksimal, frekwensi (jika menggunakan arus AC) dan jenis tegangan (AC atau DC). Dengan demikian sumber listrik berfungsi sebagai tenaga utama untuk menggerakan suatu sistem atau perangkat yang menggunakan energi listrik.

Sumber Listrik

CONTOH-CONTOH SUMBER LISTRIK
Ada beberapa sistem, alat atau benda yang dapat menghasilkan energi listrik yang besar dan bentuk gelombangnya beraneka ragam di antaranya:
  1. PLN (Perusahaan Listrik Negara)
    Generator atau pembangkit listrik di PLTG, PLTB, PLTA dan PLTU dapat menghasilkan listik bolak-balik (Alternate Current) yang sampai saat ini masih merupakan sumber listrik utama di Indonesia. Output dari pembangkit tersebut didistribusikan ke berbagai trafo induk dan sub induk untuk diturunkan sesuai kebutuhan. Ada yang tiga fasa ada juga yang satu fasa.
  2. Accumulator / Accu / Aki / Battery Cair
    Sebuah sistem berbentuk alat yang bisa menghasilkan tegangan searah (DC). Energi disimpan dalam cairan kimia yang disalurkan melalui logam yang berbeda jenis. Outputnya mempunyai dua polaritas yaitu positif dan negatif.
    Salah satu standar cell accu memiliki tegangan nominal sebesar 2 Volt. Dengan demikian Accu/Aki 12 Volt mempunyai cell sebanyak 6 buah demikian juga dengan Aki 6 Volt mempunyai cell sebanyak 3 buah dan seterusnya kelipatan dua. Aki banyak digunakan pada kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Di samping itu banyak perangkat elektronik yang masih menggunakan Aki cair sebagai sumber listrik DC misalnya Sentral Telepon Digital dan BTS.
  3. Dry Cell Battery (Battery Kering)
    Hampir sama dengan battery cair hanya berbeda dalam bahan kimia yang ada di dalamnya. Dry Cell Batery adalah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam zat kimia kering. Battery kering sering dipakai sebagai sumber listrik peralatan elektronik seperti handphone, laptop, notebook, tablet, UPS (Uninterupable Power Suply), EPS (Emergensy Power Source), Lampu Emergency, dan sebagainya. Salah satu keistimewaan battery kering adalah ukurannya yang lebih kecil, lebih tahan goncangan dan lebih aman karena bisa disimpan dalam berbagai posisi (tidak akan tumpah seperti battery cair).
  4. Adaptor
    Adaptor adalah suatu sistem elektronik terdiri dari komponen-komponen elektronika yang tergabung dalam sistem regulator. Adaptor sendiri tidak bisa bekerja tanpa sumber listrik dari PLN. Adaptor berfungsi menurunkan tegagan AC dari PLN menjadi lebih rendah sesuai kebutuhan. Ada dua jenis adaptor yaitu adaptor AC yang menghasilkan tegangan bolak-balik dan adaptor DC yang menghasilkan tegangan searah. Adaptor sering digunakan sebagai sumber listrik DC untuk menjalankan sekaligus melakukan pengisisan (charging battery) pada perangkat elektronika seperti telpon selular, laptop, notbook, tablet, dan sebagainya.
  5. Buah dan Tanaman
    Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah dan tanaman tertentu dapat menghasilkan energi listrik meskipun dalam jumlah yang kecil dengan cara menancapkan dua buah logam yang berbeda. Buah penghasil listrik ini antara lain buah busuk yang sudah menjadi sampah, kulit buah dan kentang. Tegangan yang dihasilkan adalah tegangan searah.
  6. Solar Panel / Solar Cell
    Melalui teknologi solar panel (solar cell) cahaya matahari dapat diubah menjadi energi listrik arus searah (DC). Besarnya kapasitas output tergantung dimensi panel dan teknologi yang dipakai.
  7. Genset
    Genset merupakan alat yang mempunyai motor generator untuk menghasilkan arus listrik bolak-balik. Genset bekerja menggunakan bahan bakar minyak dalam hal ini ada yang menggunakan bensin, solar, dan minyak tanah. Kapasitas output yang dihasilkan tergantung dari kapasitar motor generator yang dipkai.
Seiring perkembangan teknologi dan didukung para ilmuwan yang berpengalaman, kini berbagai sumber listrik banyak diciptakan seperti sistem bertenaga air, gas hidrogen, nuklir dan sebagainya.