Friday, March 6, 2020

Manfaat Listrik Bagi Manusia

Setelah memahami istilah-istilah dan sifat-sifat listrik (sudah dibahas di posting sebelumnya), pengenalan listrik berikutnya mengenai fungsi dan manfaat listrik bagi manusia dalam bentuk peralatan yang menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Manfaat Listrik
Photo Credit: Pixabay.com

Di dalam kehidupan bermasyarakat, manfaat listrik sangat banyak bahkan hampir semua teknologi membutuhkan sumber energi listrik. Listrik dapat membantu manusia meringankan, mempermudah, dan mempercepat pekerjaan sehari-hari. Banyak sekali peralatan rumah tangga, perusahaan, transportasi dan telekomunikasi yang bersumber energi listrik di antaranya berikut:
  1. Mesin Cuci, bekerja melalui putaran motor listrik untuk meringankan manusia mencuci pakaian.
  2. Motor Listrik, banyak digunakan di industri-industri sebagai penggerak mesin dan peralatan industri lainnya.
  3. Kompor Listrik, mengubah energi listrik menjadi panas sebagai alternatif kompor gas dan kompor minyak.
  4. Pompa Air Listrik, putaran motor dan kipasnya dapat meyedot air dengan kedalaman tertentu kemudian mengalirkannya sampai dengan ketinggian tertentu.
  5. Solder, elemennya dapat mengubah listrik menjadi panas untuk membantu para teknisi elektronik menghubungkan kompenen elektronika pada PCB (Printed Circuit Board).
  6. Setrika Listrik, elemen pada setrika mengubah energi listrik menjadi energi panas yang dapat menggantikan setrika arang untuk merapikan pakaian yang sudah kering.
  7. Kereta Api Listrik, sebagai alat transfortasi tanpa bahan bakar minyak dengan mengubah arus listrik menjadi putaran motor pada mesin kereta api.
  8. Lampu-lampu penerangan, mengubah arus listrik menjadi cahaya untuk menerangi tempat-tempat gelap.
  9. Escalator dan Lift, membantu memindahan orang atau barang dari satu lantai ke lantai lainnya dengan cepat di sebuah gedung bertingkat 
  10. Mobil dan motor listrik yang bisa menggantikan bahan bakar minyak karena putaran mesin bukan berasal dari energi BBM.
  11. Bor Listrik, membantu manusia untuk melubangi suatu material.
  12. Gergaji Listrik, membantu manusia untuk memotong dan membelah suatu benda.
  13. Las Listrik, membantu manusia dalam menghubungkan suatu logam sebagai alternatif las karbit.
  14. Dan masih banyak lagi perangkat-perangkat listrik modern yang bermanfaat bagi manusia.
Seorang yaag ahli di bidang listrik bisa menciptakan suatu peralatan baru untuk membantu meringankan kerja manusia dengan memanfaatkan energi tersebut.

Itulah sebagian manfaat listrik bagi manusia yang perlu diketahui sebelum terjun lebih jauh mendalami dunia kelistrikan yang akan dibahas pada posting berikutnya.