Monday, March 9, 2020

Perbedaan Elektronika, Elektronik, Elektro, dan Elektrik

Sebelum membahas Perbedaan Elektronika, Elektronik, Elektro, dan Elektrik ada baiknya Anda mengetahui apa yang disebut dengan komponen elektronika karena hal ini sangat penting bagi Anda yang benar-benar baru terjun ke bidang ini (pemula).

Komponen elektronika merupakan sebuah alat atau benda pendukung suatu sistem rangkaian elektronika yang dapat bekerja sesuai fungsi dan kegunaannya. Komponen elektronika terbuat dari bahan kimia yang bersipat konduktor, semikonduktor, dan isolator yang dibangun dari beberapa unsur materi.

Jika komponen elektronika disatukan sesuai dengan fungsinya dalam suatu sistem rangkaian elektronika, maka akan dapat menghasilkan suatu alat yang bekerja sesuai dengan rancangan awal. Sifat dan karakteristik dari komponen elektronika itu sendiri bermacam-macam di antaranya ada yang berfungsi sebagai pengatur arus, penahan arus, penguat sinyal, penyaring noise, perata ripple tegangan, dan sebagainya.

Komponen Elektronika

Selanjutnya apa sih sebenarnya perbedaan elektronika, elektronik, elektro, dan elektrik?
Elektronika adalah suatu ilmu yang membahas arus listrik lemah sedangkan elektronik adalah peralatan atau perangkat yang menggunakan prinsip kerja elektronika melalui komponen-komponen elektronika yang membangun sistem pada peralatan tersebut seperti Tabung Sinar Katode (Layar Monitor, Layar Televisi, Cathode Ray Tube, CRT), printer, handphone, kamera digital, komputer, laptop, tablet, MP3 Player, PDA, dan lain-lain.

Elektro adalah nama jurusan di fakultas teknik yakni teknik elektro yang mempelajari beberapa bidang, di antaranya elektronika, energi listrik, telekomunikasi, komputer, informatika, dan sistem kontrol. Elektro dapat juga diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan elektronika.

Elektrik adalah islitah yang berkaitan dengan listrik arus kuat atau nama lain dari listrik. Dari sini dapat disimpulkan bahwa elektrik atau listrik berhubungan dengan tegangan tinggi dan arus kuat sedangkan elektronik dan elektronika berkaitan dengan tegangan rendah dan arus lemah.

Penjelasan mengenai pengenalan elektronika di atas adalah opini penulis berdasarkan beberapa penelitan dari istilah-istilah yang sering saya jumpai sehari-hari dan dengan merujuk bebarapa nara sumber offline dan online

Silakan dikoreksi!