Wednesday, March 4, 2020

Istilah-istilah Listrik dan Kelistrikan

Pengenalan listrik bagi para pemula tentu sangat dibutuhkan karena ini akan menjadi dasar ketika mereka terjun ke bidang tersebut baik dalam dunia pendidikan ataupun di dunia usaha. Pengenalan tersebut di antaranya meengenai istilah, sifat, dan manfaat listrik.

Pemahaman dasar ini akan bermanfaat ketika dihadapkan pada suatu proses kerja rangkaian dalam sebuah sistem, baik pada sistem lama (yang sudah ada) ataupun pada sistem baru yang akan dirancang atau masih dalam tahap perancangan dalam bentuk schema.

Sudah dapat dipastikan bahwa kita sering mendengar istilah-istilah yang berhubungan dengan listrik termasuk peralatan listrik yang juga sering kita gunakan sehari-hari seperti mesin cuci, pompa air listrik, rice cooker, setrika, solder, lampu penerangan, dan masih banyak lagi peralatan listrik lainnya. Namun demikian banyak orang lebih merasakan manfaat listrik ketimbang mengetahui definisi listrik itu sendiri dan itu tentu saja wajar karena memang mereka tidak bermaksud memperdalam ilmu tersebut.

Listrik
Photo Credit : Pixabay.com
Listrik adalah salah satu sumber energi yang timbul akibat aliran muatan listrik dalam suatu media dari kutub positif ke kutub negatif. Media tersebut dapat berupa logam tembaga, aluminium, dan logam penghantar listrik lainnya yang pada umumnya berbentuk kabel. Muatan listrik ini dapat terjadi karena proses fisika yang salah satunya diakibatkan oleh induksi magnet sehingga listrik erat sekali kaitannya dengan elektromagnetik.

Sebaliknya, listrik juga dapat menghasilkan atau mengakibatkan banyak fenomena fisika yang sering kita saksikan seperti medan listrik, arus listrik, bahkan terjadinya petir pun karena adanya arus listrik.

Arus listrik tidak bisa dilihat dengan kasat mata tetapi dapat dirasakan ketika menyentuhnya terutama arus listrik yang cukup besar (high voltage). Contoh lain, ketika kita melihat cahaya lampu dimana cahayanya saja yang dapat terlihat melalui benda yang tersinari sedangkan arus listriknya tidak terlihat.

Mesin fotokopi, mesin cuci dan printer dapat bekerja karena adanya arus listrik. Pompa air listrik dapat berputar dan menyedot air karena adanya listrik, demikian juga rice cooker dapat menghasilkan panas dan memasak nasi karena adanya listrik.

Besaran-besaran listrik seperti arus, tegangan, dan daya hanya dapat dilihat dan diukur melalui peralatan dan alat ukur listrik seperti dengan Volt Meter, Osciloscope, Ampere Meter, dan peralatan ukur lainnya. Namun demikian besaran-besaran listrik tersebut dapat diketahui melalui perhitungan. (akan dibahas nanti)