Thursday, May 6, 2010

Verifikasi blog yang dibangun dengan Wordpress.com

verifikasi blog
Tulisan ini adalah penjelasan singkat untuk menjawab komentar dari Mas Ruby dan seseorang yang tidak menyebutkan nama mengenai cara verifikasi blog yang menggunakan flatform Wordpress.com.

Blog yang dibangun dengan Wordpress.com sedikit berbeda dengan blog yang dibangun dengan Wordpress yang diupload atau dengan menggunakan fantastico karena Wordpress.com tidak memberi izin membernya untuk dapat mengedit kode HTML template atau HTML file index.

Hal ini berbeda dengan blog yang dibangun dengan flatform Blogspot, Wordpress yang diupload, atau website sendiri yang diupload melalui hosting sendiri dimana user dapat dengan leluasa mengedit kode HTML template atau HTML file Index.

Namun demikian Wordpress.com menyediakan halaman khusus pada tab menu Tools untuk digunakan bagi pengguna pada saat akan memlakukan verifikasi blog.

Langkah-langkah cara verifikasi blog yang dibangun dengan Wordpress.com
  1. Login ke Wordpress.com dengan username dan password Anda.
  2. Click Dashboard blog yang akan diverifikasi.
  3. Click Tools.

    cara verifikasi blog

  4. Ada tiga kolom kosong yang harus diisi sesuai dengan tempat dimana kita akan memverifikasi blog. Kolom pertama verifikasi blog pada Google (Google Webmaster Tools), masukan kode verifikasi dari Google webmaster. Penjelasan lebih lengkap silahkan baca Cara Verifikasil Blog pada Google. Kolom kedua verifikasi blog pada Yahoo (Yahoo! Site Explorer), masukan kode verifikasi dari Yahoo. Penjelasan lebih lengkap silahkan baca Cara Verifikasi Blog Pada Yahoo. Kolom ketiga verifikasi Blog pada MSN atau Bing (Bing Webmaster Center), masukan kode verifikasi dari Bing Webmaster. Penjelasan lebih lengkap silahkan baca Cara Verifikasi Blog Pada MSN.

    cara verifikasi blog

  5. Save Changes.
  6. Selesai