Sunday, May 2, 2010

Cara Memasang Iklan Bidvertiser

Lagi-lagi saya menerima pertanyaan melalui email, tetapi kali ini mengenai cara memasang iklan Bidvertiser dan masalah menyembunyikan Navbar (Navigation Bar) pada template blogspot yang katanya melanggat TOS-nya Blogspot.

It's OK, no problem, tetapi sebelumnya saya mohon maaf karena tidak semua pertanyaan yang disampaikan melalui email dapat saya jawab dalam bentuk posting.

Di bawah ini adalah isi pesan yang disampaikan:
Selamat sore webmaster...
Saya adalah seorang pemula dalam bisnis online yang belum banyak paham tentang bisnis online. Jadi, maksud kedatangan email saya ini adalah untuk bertanya tentang :
1. Bagaimana cara memasukkan nama blog (blogspot) di Bidvertiser, Apakah http://situs.blogspot.com sebagai domain utama? atau masukkan http://www.blogspot.com sebagai domain utama lalu http://situs.blogspot.com sebagai sub domain?
2. Apakah tidak apa-apa menghilangkan navbar? Dari berita yang saya tahu di internet pihak Blogger tidak mengizinkan untuk menghilangkan navbar. Jika ketahuan account blogger akan ditutup.
Tolong infonya ...
Terlepas dari Scam atau tidaknya Bidvertiser, saya hanya mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Cara memasang iklan Bidvertiser:
  1. Login ke Bidvertiser sebagai publisher dengan username dan password Anda.
  2. Pada tab Manage Bidvertisers, pilih Add new Bidvertiser.

    Cara memasang iklan Bidvertiser

  3. Ada dua opsi yang bisa dipilih, pertama "Add new BidVertiser under an existing domain" dan yang kedua "Add new BidVertiser under a new domain", gunakan opsi tersebut sesuai kebutuhan.
  4. Add new BidVertiser under an existing domain" apabila Anda akan menempatkan iklan Bidvertiser pada URL atau blog yang sama (yang telah didaftarkan sebelumnya pada Bidvertiser), berinama iklan tersebut untuk mempermudah atau membedakan tracking iklan nantinya, kemudian click Finish. Pada contoh saya memberi nama Link Sukses Kanan karena iklan tersebut nantinya akan ditempatkan pada sidebar kanan.

    Cara memasang iklan Bidvertiser

  5. Add new BidVertiser under a new domain", apabila Anda akan menempatkan iklan Bidvertiser pada URL atau domain baru. Isi Bidvertiser Title, saya sendiri memberi nama Link Sukses Atas karena nantinya akan saya tempatkan pada Header blog. Penamaan title tersebut tentunya terserah Anda.
  6. Tulis URL blog/ website Anda, Pilih bahasa yang digunakan pada blog, pilih category dan sub category yang sesuai dengan konten blog kemudian click Finish. Ikan yang tampil akan sesuai dengan category dan sub category yang dipilih, namun sebagai catatan penting, Bidvertiser akan mem-ban blog yang ternyata salah memilih category.

    Cara memasang iklan Bidvertiser

  7. Tentukan title iklan mana yang akan di customize misalnya iklan pada baris pertama atau iklan pada baris kedua dan seterusnya kemudian clik Choose Template untuk memilih tampilan iklan yang sesuai.

    Cara memasang iklan Bidvertiser

  8. Pilih ukuran template iklan yang sesuai (Bannres, Skyscrapers, Rectangle, Buttons, Free Design). Pada contoh saya memilih Free Design.
  9. Click Customize Colors untuk mengatur ukuran dan warna font kemudian click Update.
  10. Tandai radio Button pada template iklan tadi kemudian click lagi Update.

    Cara memasang iklan Bidvertiser

  11. Click Get Code untuk mendapatkan kode iklan dari Bidvertiser, kemudian copy kode tersebut dan paste pada blog Anda misalnya pada sidebar. Click Close.
  12. Selesai.
Kesimpulan
Jadi URL yang diisikan pada kolom domain utama tersebut adalah domain atau sub domain blog Anda bukan domain Blogspot (http://www.blogspot.com) contoh : http://www.linksukses.com atau http://linksukses.blogspot.com. Adapun kotak isian yang kedua adalah nama title untuk iklan yang akan ditempatkan pada blog yang bersangkutan dan bukan sub domail atau URL lain.

Mengenai Navbar (Navigation bar) yang biasa terletak di atas template Blogspot, banyak sekali blogger yang sengaja menghilangkan atau menyembunyikan navbar dengan berbagai alasan salah satunya adalah untuk menghindari  pengunjung melakukan click pada next blog karena sering tampil blog yang tidak karuan atau blog orang lain yang tidak ada hubungannya dengan blog yang sedang dibuka.

Setahu saya, menyembunyikan Navbar tidak menlanggar TOS-nya Blogger/ Blogspot, kalaupun sebuah blog yang dibangun menggunakan Blogspot ada yang diban, kebanyakan karena mereka melanggar TOS yang berhububungan dengan konten, seperti berisi Sara, pornography, rasis, dan sebagainya, itupun si pembuat blog masih tetap dapat membuka blognya dengan menggunakan username dan password sendiri.

Sampai di sini penjelasan singkat untuk menjawab pertanyaan yanng ditulis melalui email. Semoga bisa membantu.