Saturday, May 1, 2010

Blogger Bijak Di Atas Langit

Belajar Bisnis Internet
Sengaja saya posting tulisan ini walaupun sedikit jauh dari topik Blog Link Sukses, tetapi maksud saya hanya sekedar sharing informasi dan pengalaman dengan harapan akan memberi banyak manfaat bagi semua.

Pengalaman saya ini adalah saat seorang blogger senior yang sudah berhasil dari segi materi tetapi beliau tidak melupakan siapa pemberi rizki tersebut dan bagaimana rizki tersebut diperoleh dengan penuh pengorbanan dan pejuangan panjang.

Beliau dengan ikhlas memberikan tip-tip blogging dan bisnis internet yang sangat jelas dan "to the point", bukan saya yang meminta diajarai tetapi beliau-lah yang sengaja pertama kali menghubungi saya melalui Yahoo Massenger.

Kita tahu bahwa kebanyakan blogger yang telah menemukan atau mendapat ilmu sampai akhirnya berhasil secara materi, terkadang ilmu yang dimiliknya sedikit disembunyikan atau sengaja dijual, tentu saja hal ini bukan hal yang tidak wajar karena sudah dapat dipastikan ia pun tentu mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mencapai hal itu.

Sangat ironis sekali memang saya bertemu di dunia maya ini dengan seorang "Blogger Bijak Di Atas Langit". Beliau selain pandai merangkai kata-kata agar mudah dipahamai pembaca, juga tidak pernah lepas dari canda sebagai selingan agar saat menyampaikan informasi tidak terlalu tegang, yang jelas di usianya yang ke 40, beliau sangat bijak saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan. Tak satupun yang tidak dijawab dengan jelas. Satu pertanyaan saya sapaikan 1000 jawaban yang beliau utarakan sebagai penjelasan detil, sepertinya beliau tahu informasi apa yang saya butuhkan saat ini. Jangan-jangan "Pocong yang berkeliaran" ini orang....(LOL).

Saya sendiri bahkan pernah mentranslate tulisan beliau ke dalam bahasa Inggris (tanpa izin dulu karena saya yakin beliau ikhlas) agar diketahui oleh orang banyak, beliau malah tersenyum dan berterima kasih telah menyampaikan amanat.

Kalau saya simpulkan informasi penting yang saya peroleh saat chatting dengan beliau yang berhubungan dengan Bisnis Internet antara lain adalah :
  1. Jangan terlalu mengandalkan Adsense, tetapi kalau pendapatan Google Adsense sudah lumayan, jadikan sebagai biaya operasional.
  2. Buatlah jaringan yang besar di Facebook sebagai Fan Facebok produk Anda, tentunya dengan usaha dan salah satu caranya dapat melalui blog. Makin banyak Fan di Facebook tentu akan memperlancar pemasaran, gratis lagi.
  3. Buatlah blog dengan bahasa yang bisa dipahamai oleh target kita dan jangan merubah Geographic Target menjadi Indonesia kalau pasar kita seluruh dunia.
  4. Jadilah makelar sebelum memiliki produk sendiri, setelah itu usahakan untuk menjual produk sendiri walaupun bukan kita yang mebuatnya tetapi impor dari Luar Negeri yang kira-kira barang tersebut laku dipasaran.
  5. Jangan terpaku pada satu produk tetapi jualah sebanyak mungkin produk real yang banyak diminati.
  6. Cobalah beriklan di Alibaba.com (yang free sudah cukup) tetapi tentu yang berbayar akan lebih baik.
  7. Sebaiknya tidak menempatkan Adsense sebelum Blog kita cukup populer denga traffic yang bagus.
  8. Manfaatkan situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita sebagai sarana bisnis internet misalnya dengan bermodalkan kamera, Anda sudah bisa menjual foto, tentu saja foto yang diambil harus berdaya jual misalnya, foto pemandangan sekitar, foto pernak-pernik karya anak negeri, foto makanan khas indonesia, dan banyak lagi, siapa tahu dengan foto-foto tersebut eh.... malah ada yang berminat membeli produk aslinya.
  9. Pakailah Paypal Verified atau transfer bank sebagai media pembayaran karena kalau menggunakan Western Unuion (WU) terlalu makan waktu dan biaya, Credit Card terlalu beresiko, Check terlalu lama prosesnya.
  10. Jadilah pebisnis Real (Real Busines Online), Adsense belakangan.
  11. Cobalah beriklan di forum.detik, forum.vivanews.com, forum.inilah.com, dan forum-forum lain yang memiliki member cukup banyak.
  12. Dan banyak lagi.

Uniknya, keberhasilan tersebut justru diteruskan oleh istrinya, itung-itung sebagai warisan katanya (lol), karena produk yang dijual Mas tersebut memang produk wanita. Bukan saja laku di Indonesia tetapi pembeli yang datang dari luar negeri-pun cukup banyak, tak heran rasanya dari satu produk ini saja biliau bisa menghasilkan sampai 10 juta, belum dari produk lainnya.

Akhir pembicaraan beliau hanya berpesan :

"Ketika kita keras terhadap kehidupan, niscaya kehidupan akan tunduk kepada kita. Sebaliknya, ketika kita lemah terhadapnya maka kita akan mudah ia kalahkan, kita jadi gampang menyerah kalah.

Apabila ada seorang di antara kita sekalian yang saat ini sedang murung karena beratnya ujian hidup, tersenyumlah! Jangan pelihara kesedihan itu! Karena sesungguhnya Allah tengah melatih Anda untuk jadi orang yang mulia. percayalah"

Anda tertarik menjadi seorang Blogger bijak di atas langit?, Sejak di PHK nganggur 10 tahun, bikin blog acak-acakan...eh setelah beribu jalan dicoba, beribu perjuangan dilakukan, dan beribu pengorbanan di ikhlaskan...akhirnya berhasil sampai tujuan.