Saturday, May 29, 2010

Berburu Backlink

Comment Kahuna
Backlink sampai saat ini merupakan salah satu metode SEO yang cukup ampuh untuk mendongkrak Pagerank sebuah blog agar dapat sedikit naik kelas dengan harapan dapat mempermudah proses crawl dan proses pengindekan search engine (khususnya Google). Backlink di sini tentunya harus benar-benar tertarget dan memiliki relevansi yang tepat dengan konten blog, karena jika tidak, saya pikir hasilnya tidak akan maximal.

Backlink terbaik adalah "one way link" yaitu link satu arah yang ditempatkan sebagai direct link atau anchor text pada sebuah blog tanpa adanya link balik. Untuk memperoleh link satu arah ini diperlukan kerja extra keras agar menghasilkan sebuah blog yang berkonten menarik, unik, dan banyak dibutuhkan pembaca dan oleh pemilik blog lain.  One way link juga dapat diperoleh dengan cara buy link tetapi teknik ini cukup beresiko, berdana, dan harus benar-benar selectif.

Metode kedua adalah "two way link" atau biasa kita sebut dengan istilah "Tukar Link/ Link Exchange" dimana link tersebut bersifat dua arah yang di tempatkan pada masing-masing blog. Yang harus diperhatikan pada teknik kedua ini adalah Etika Tukar Link agar penempatan link cukup proporsional dan menguntungkan kedua belah pihak.

Metode ketiga adalah "multiway link", tetapi tidak akan saya bahas pada postingan kali ini.

Salah satu cara untuk memperoleh backlink yang berkualitas adalah dengan memberikan komentar pada blog do follow agar mendapat sedikit perhatian dari search engine. Makin tinggi pagerank sebuah blog yang dikomentari akan semakin baik hasil yang diperoleh dimata search engine, tetapi perlu diperhatikan bahwa komentar tersebut harus berkualitas dan benar-benar relevan (Relevan dengan artikel yang dikomentari dan relevan dengan topik blog kita secara keseluruhan). Contoh sederhana untuk memperoleh backlink yang baik, sebuah blog yang bertopik Blackbarry harus menulis komentar pada blog lain dengan topik yang hampir sama misalnya "Handphone Accesories", "Smartphone", "Nokia", dll, kemudian tulislah komentar yang sesuai dengan artikel pada blog tersebut.

OK...kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara mudah berburu backlink dengan bantuan Comment Kahuna. Dengan software ini kita dapat dengan mudah menentukan blog dengan kata kunci atau phrase tertentu, menentukan minimum pagerank sebuah blog yang akan dikomentari, platforme blog yang dicari (Wordpress, Drupal, dll), dilengkapi dengan opsi do follow dan no follow.

Cara seperti ini bisa dilakukan secara manual yaitu dengan googling dan blogwalking satu persatu sesuai kata kunci yang menjadi target kemudian lihat pagerank blog tersebut dan perhatikan topik yang dibahas, kalau cocok mulailah menulis komentar. Lakukan langkah ini berulang-ulang sesuai target jumlah blog yang akan dikomentari.

Sebelum saya informasikan lebih jelas mengenai software ini, saran saya :
  1. Jangan pernah melakukan spam atau berkomentar yang berlebihan pada blog yang sama kecuali kalau memang terjadi suasana diskusi di sana.
  2. Tulislah komentar dengan bahasa yang sopan dan berkualitas.
  3. Usahakan tidak menulis komentar terlalu singkat seperti "Thanks, Thanks for your information, Nice Info, I was here, visit my site please!", dan sebagainya karena akan kurang memberi manfaat.
  4. Tulislah komentar dengan bahasa yang sama dengan blog yang dikomentari.
Langkah-langkah menulis komentar pada Comment Kahuna:
  1. Download Software tersebut pada http://www.commentkahuna.com  (mudah-mudahan masih gratis).
  2. Install program tersebut pada PC Anda sesuai procedure yang diberikan.
  3. Seletah selesai instalasi, jalankan program tersebut.
  4. Isi profile terlebih dahulu sesuai dengan blog Anda yang akan dijadikan signature pada komentar.

    Comment Kahuna

  5. Tulis kata kunci sebagai target Anda.
  6. Pilih Type Blog yang Anda targetkan.
  7. Pilih profile yang tadi dibuat.
  8. Tentukan opsi do follow atau no follow.
  9. Tentukan minimum Pagerank.
  10. Tentukan jumlah blog yang akan ditampilkan (10-50).
  11. Click Search dan tunggu sebentar. (blog yang Anda cari akan tampil pada kolom sebelah kanan).

    Back Link

  12. Click Post Comment, akan terbuka secara berurutan blog yang akan dikomentari.
  13. Scroll  ke bawah sampai menemukan kotak komentar kemudian mulailah menulis komentar atau dapat dengan mengisi kotak sebelah kiri kemudian click Fill Fields. Pengalaman saya, cara yang kedua jarang berhasil dan sebagai solusinya gunakan cara berkomentar secara manual saja pada kotak  komentar yang tersedia. Cara manual seperti ini akan lebih aman dari pada menulis komentar sekaligus pada semua blog (dengan komentar yang sama) untuk menghindari komentar yang tidak relevan. Perhatian!, Usahakan tidak menulis komentar yang dapat merusak reputasi blog.
  14. Apabila Anda tidak berminat menulis komentar pada blog ini atau blog tersebut tidak menyediakan kotak komentar, click Skip this blog, sebaliknya jika komentar Anda siap diposkan, click Posted and Next. Ulangi langkah 13 dan 14 untuk blog berikutnya.
  15. Anda dapat melihat komentar yang baru ditulis dengan cara mengunjungi blog yang ditampilkan di kolom sebelah kanan tadi secara manual.
  16. Selesai.
Catatan:
  1. Metode ini bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan Pagerank.
  2. Sebuah Blog yang memiliki Pagerank tinggi belum tentu memiliki trafik pengunjung yang bagus tetapi akan lebih mudah saat pencarian di search engine.
  3. Banyak sekali situs/ blog dengan Pagerannk Nol (PR 0) tetapi trafiknya sangat menakjubkan.
  4. Sebuah Blog/ situs dengan trafik penggunjung yang bagus tidak mungkin memiliki Alexa Rank yang gemuk (diatas 5 juta).
  5. Cara lain untuk untuk mendapat "one way link" adalah dengan menulis artikel unik dan banyak dicari oleh pemakai internet.
Perbedaan Google Pagerank dan Alexa Rank sebagai indikator statistic blog Insya Allah akan saya tulis pada postingan mendatang.

Mohon koreksinya dan semoga bermanfaat.