Monday, April 12, 2010

Mengubah Geographic Target

Apakah saat membuat blog Anda berpikir untuk menentukan target lokasi pengunjung?, apakah blog yang Anda bangun memang ditargetkan untuk pembaca di seluruh dunia?, atau apakah Anda hanya sibuk membuat artikel-artikel bagus untuk dipublikasikan tanpa perlu tahu dari mana asal pengujung yang datang?

Jika blog yang kita bangun menggunakan bahasa Indonesia dengan target pengunjung orang yang berada di wilayah Indonesia, maka akan lebih baik apabila geographic target di rubah menjadi Indonesia karena kemungkinan pengunjung yang datang akan lebih besar. Kenapa?, yang jelas sebuah blog yang memiliki target pembaca untuk wilayah negara terntentu dengan bahasa tertentu pula, maka akan mengurangi persaingan hasil pencarian pada search engine dalam hal ini Google.

Dengan berkurangnya pesaing yang mengunakan keyword yang sama, kemungkinan besar akan meningkatkan traffic pengunjung karena blog yang bersangkutan akan naik posisinya pada hasil pencarian di Google search engine. Tetapi apabila sebuah blog yang dibangun ditujukan sebagai konsumsi seluruh dunia, maka sebaiknya opsi ini jangan digunakan walaupun blog yang telah dibangun tersebut menggunakan bahasa Indonesia, karena saat ini banyak pengunjung yang sudah familiar menggunakan widget atau tool untuk alih bahasa sebuah blog, Google Translate misalnya.

Tidak jarang memang pembaca luar yang datang berkunjung pada blog berbahasa Indonesia melalui berbagai sumber tetapi besar kemungkinan mereka tidak akan membaca artikel yang bersangkutan kecuali memang blog tersebut berupa produk Indonesia yang akan dipasarkan ke seluruh dunia.

Pengalaman saya setelah merubah setingan geographic target menjadi Indonesia, ternyata pada bulan itu pengungung yang datang meningkat 30% dengan rata-rata waktu kunjungan saya perkirakan cukup untuk membaca sebuah artikel, lain halnya dengan pengunjung luar yang tidak sengaja mampir, mereka hanya berkunjung sebentar saja, saya kira mereka tidak sempat atau enggan membaca artikel dengan bahasa yang tidak mereka pahami. Data-data ini saya peroleh dari laporan Google Analytics.

Apabila geograpic target sebuah blog berbahasa Indonesia dirubah menjadi Indonesia, maka mayoritas pengunjung yang datang akan berasal dari negara Indonesia dan besar kemungkinan pengunjung blog yang bersangkutan menggunakan URL search engine google.co.id bukan dari URL google.com, google.co.uk, google.fr, dan sebaginya (jika pengunjung yang datang menggunakan mesin pencari Google bukan berasal dari blog referal, iklan, atau sejenisnya).

Saya sendiri tidak yakin seratus persen metode ini akan dapat meningkatkan pengunjung, alasananya pada blog Link Sukses ini terdapat blog teman-teman senior saya yang memilki traffic yang bagus sehingga kemungkinan besar pengunjung blog ini adalah pengunjung yang datang dari blognya Mas Joko, Mas Eldo, Mas Anis, Mas Puji, Mas Lintang, Amatullah dan yang lainnya sebagai blog motivator.



Menurut Anda apakah perubahan Geographic Target akan meningkatkan traffic?

Kalau teman-teman ingin mencoba metode tersebut, berikut adalah cara merubah Geographic Target:

  1. Sign in ke Google Webmaster kemudian pilih blog yana akan dilakukan perubahan.
  2. Click Site Configuration kemudian pilih Setting.
  3. Pada kolom Geographic Target, tandai Target User in (pilih negara sesuai target pengunjung blog, misalnya Indonesia).

    Geographic Target
  4. Click Save.
  5. Selesai.
Selamat mencoba.