Sunday, December 18, 2011

Memahami Google Pagerank dan Alexa Rank (Part. 2)

Sebenarnya topik ini sudah sering dibahas, tetapi tidak ada salahnya kali ini saya mencoba mengulas sedikit mengenai Goolge Pagerank dan Alexa Rank dari beberapa narasumber, siapa tahu ada poin kecil yang belum pernah dibahas.

Pemilik blog/ website tentu menginginkan situsnya memiliki Google Pagerank dan Alexa Rank yang bagus (kecuali private situs), siapapun itu. Kedua penilaian mesin besar di atas dapat menjadi tolak ukur kualitas dan popularitas suatu situs. Makin besar Google Pagerank dan makin kecil Alexa Rank menandakan situs tersebut sangat popular dan berkualitas.

Goole Pagerank
Google Pagerank
Pagerank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. (Wikipedia)

Nilai Google Pagerank sebuah situs ditentukan oleh beberapa faktor di antaranya:
  1. Banyaknya link aktif dari situs lain yang menuju situs tersebut,
    Makin banyak link yang menuju sebuah situs maka secara teori akan makin besar pagerank situs tersebut karena diasumsikan konten situs tersebut penting dan dianggap berguna oleh situs lain.
  2. Kualitas link yang menuju ke situs tersebut,
    Makin bagus kualitas link yang menuju sebuah situs akan makin besar pagerank situs tersebut. Link berkualitas biasanya berasal dari situs berkualitas pula, disamping itu relevansi konten situs yang membuat link akan menjadi salah satu faktor kualitas link. Tidak semua link akan diperhitungkan Google dalam memberikan peringkat seperti link yang berasal dari situs pornografi dan yang berasal dari link market (link farm).
  3. Kualitas situs yang menyimpan link,
    Faktor yang dapat menentukan kualitas situs antara lain keunikan konten, pagerank, dan usia situs. Jadi jika sebuah situs memiliki link yang berasal dari situs ber-pagerank tinggi, maka pagerank situs itu akan semakin baik di mata search engine khususnya Google.
  4. Jumlah situs lain di seluruh dunia,
    Pagerank sebuah situs ditentukan oleh struktur link dari keseluruhan halaman web di dunia maya. melalui proses algoritma yang sangat besar dan komplek
Google memberikan skala penilaian pagerank sebuah situs dengan angka 0 -10, Pagerank (PR) 10 adalah yang terbaik dan dianggap paling populer dan PR 0 adalah yang terendah. PR sebuah situs dapat sama dengan PR situs lain dan dianggap sama penting oleh Google. Penilaian pagerank dilakukan berkala untuk memeriksa ulang kulitas sebuah situs dalam interval waktu tertentu melalui algoritma yang sangat rumit.

Google akan memprioritaskan situs dengan PR tinggi saat proses pencarian di search engine dengan kata kunci yang sama, misalnya situs dengan PR10 lebih utama dari situs dengan PR9, situs dengan PR9 lebih utama dari situs dengan PR8, begitu seterusnya.

Untuk mengetahui Google Pagerank dapat menggunakan Goolge Pagerank Checker atau melalui tool yang dipasang pada browser internet sebagi plugin.

Alexa Rank
Alexa Rank
Berbeda dangan Google Pagerank, Alexa Rank dinilai dari kualitas trafik sebuah situs yaitu banyaknya page visit dan page view. Makin banyak pengunjung dan makin sering sebuah situs dibuka, maka Alexa Rank akan semakin kecil. Situs dengan Alexa rank 1 adalah yang terbaik sedangkan situs dengan Alexa Rank "No Rank" adalah yang terendah. Nilai Alexa rank ini sebuah situs dapat sama dengan situs lain dan dapat bernilai jutaan bahkan puluhan juta.

Penilaian Alexa Rank dilakukan secara instan dan tidak berkala, jadi jika suatu hari trafik sebuah situs sangat baik maka hari  itu juga nilai Alexa Rank akan menurun (makin kecil makin baik), demikian juga sebaliknya. Untuk keperluan ini kita dapat mengeceknya melalui Alexa Rank Cheker atau melalui tool yang dipasang langsung pada Browser Internet sebagai plugin.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai Alexa Rank adalah jumlah keseluruhan situs di dunia. Kalau kita analogikan ke dalam sebuah kelas yang memiliki jumlah siswa 20 orang. Si A memiliki nilai rata-rata 90 berada di posisi pertama (ranking 1), Si B memiliki nilai rata-rata 80 berada di posisi 2 (dengan ranking 2), Si C dan Si D masing-masing memiliki nilai rata-rata 70, keduanya berada di posisi 3 (rangking 3). Suatu hari Si E mempunyai nilai rata-rata 85 sehingga berpengaruh terhadap rangking Si B, Si C, dan Si D meskipun nilai rata-rata mereka tetap. Demikian juga jika suatu saat jumlah siswa bertambah menjadi 30 siswa dimana salah satu siswa memiliki nilai rata-rata 95 yang akan mengakibatkan posisi Si A, Si B, Si C, Si D, dan Si E menurun meskipun nilai mereka tetap.

Dari contoh sederhana di atas, kelas adalah dunia internet, Si A, Si B, dan seterusnya adalah situs, nilai rata-rata adalah trafik pengunjung rata-rata, dan rangking adalah Alexa Rank. Jadi dapat disimpulkan bahwa besarnya Alexa Rank sebuah situs belum tentu trafik pengunjung situs tersebut menurun karena hal ini dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas situs keseluruhan di dunia. Disamping itu kesamaan topik dan keyword juga akan mempengaruhi nilai Alexa Rank sebuah situs. Tetapi jelas situs yang memilki Alexa Rank rendah trafiknya lebih baik dari situs lain yang memilki Alexa Rank tinggi.