Wednesday, December 21, 2011

Frase Panjang Dapat Mengurangi Kompetitor

Meningkatnya jumlah pesaing situs di dunia maya tidak bisa lepas dari persaingan kata kunci yang dibidik khsusnya situs-situs yang bertopik sama. Trik-trik SEO pun diterapkan untuk mendapat perhatian lebih dari search engine, bahkan di antara mereka ada yang berani menerapkan metode black SEO untuk "mengelabui" mesin pencari khususnya Google.

Secara natural, persaingan sebuah keyword (kata kunci) dapat berlangsung cukup menarik karena setiap peserta mempunyai teknik andalan tersendiri yang tentunya sudah mereka coba. Hal ini akan sedikit berbeda ketika salah satu peserta (para pemilik situs) sudah menggunakan jalan pintas melalui iklan, Google Adword misalnya. Mereka tentu akan memperoleh kursi antrian lebih depan saat search engine melakukan proses "absensi rutin". Jumlah kompetior yang membidik sebuah kata kunci dapat diperkirakan melalui Google Keyword Tool, dimana persentasi kompetitor dapat bernilai low, medium, atau high.

Ketika membidik sebuah keyword dengan kompetitor yang besar (high competitor), mau tidak mau harus dapat bersaing secara real melalui Google Adword yang tentunya akan berimbas pada CPC (Cost Per Click), dan ini perlu biaya extra. Untuk menghemat biaya iklan atau bahkan tanpa biaya sama sekali, kita dapat mengakalinya melalui perubahan kata kunci, biasanya menjadi frase panjang yang masih wajar.

Contoh untuk kasus seperti ini, jika sebuah situs bisnis menawarkan sewa ruang kantor di Jakarta dengan harga yang cukup murah, hal-hal yang perlu diperhitungkan sebagai salah satu teknik penerapan SEO (Search Engine Optimization) di antaranya dengan membandingkan beberapa kata kunci yang relevan sepeti langkah di bawah:

  1. Lakukan penelusuruan melalui search engine google.co.id dengan menulis "sewa ruang kantor". Jumlah situs yang berisi frase "sewa ruang kantor" adalah 2.350.000

    Hasil Penelusuran

  2. Ulangi langkah pertama dengan menulis "sewa ruang kantor jakarta". Jumlah situs yang berisi frase "sewa ruang kantor jakarta" adalah 1.730.000

    Hasil Penelusuran

  3. Ulangi langkah pertama dengan menulis "sewa ruang kantor jakarta murah". Jumlah situs yang berisi frase "sewa ruang kantor jakarta murah" adalah 1.510.000

    Hasil Pencarian

Dari data-data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaaan frase yang lebih panjang dapat mengurangi jumlah situs kompetitor. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu perlu perhatian khusus ketika menentukan sebuah kata kunci yang paling relevan seperti:
  1. Frase harus tetap logis dan dimengerti manusia, karena akan berpengaruh terhadap jumlah pencari kata kunci tersebut. Sangat disayangkan apabila kata kunci yang dibidik sangat jarang pencarinya meskipun jumlah kompetitor lebih sedikit.
  2. Semakin panjang frase biasanya akan semakin berkurang pencarinya.
  3. Frase yang telah ditentukan sebagai kata kunci harus di-review secara berkala untuk memperoleh hasil maksimal, karena setiap saat jumlah pencari dan jumlah pesaing dapat berubah.
Semua screenshot di atas saya ambil hari Rabu, 21 Desember 2011 pukul  22.00 s/d 22.10. Seiring berjalannya waktu, kondisi tadi dapat berubah sejalan dengan jumlah situs pesaing di dunia maya yang membidik kata kunci tersebut. Jumlah kompetitor yang lebih akurat dapat dilihat melalui Google Keyword Tool External atau menggunakan program lain seperti Market Samurai. (cmiiw)

Semoga bermanfaat.