Thursday, December 15, 2011

Tampilan Baru Blogger Bermasalah

Sekedar sharing pengalaman.
Ketika mencoba tampilan baru Blogger (Updated Blogger Interface), banyak fitur dan kemudahan yang saya dapat meskipun perlu sedikit waktu untuk berkenalan dengan navigasi dan tata letak baru. Sepertinya Google terus berusaha memanjakan para pengguna Blogger agar mereka semakin betah dan asyik blogging menyajikan beragam artikel untuk diterbitkan.

Keanehan terjadi tadi malam (14 Desember 2011) ketika saya bermaksud menambahkan beberapa kode HTML di bagian widget Blogger, ternyata page elements tidak bisa di-edit dan tidak bisa Add Gadget karena muncul Error bX-l4u1mh kemudian saya pun mencoba melakukan beberapa langkah seperti me-refresh halaman, menghapus semua history dan cache, menonaktifkan content java script, ganti Browser Internet, dan pindah PC, namun hasilnya tetap sama bahkan beberapa blog tidak bisa dibuka sama sekali tetapi kegiatan posting masih dapat dilakukan dengan normal.

Blogger Old Version

Seperti biasa, jika ada masalah pada produk-produk Google saya pergi ke Google Help Forum dan Blogger Help Group, ternyata bukan saya saja yang mengalami hal serupa. Informasi yang saya peroleh dari beberapa sumber ternyata Google saat ini sedang membenahi dan menyempurnakan fitur baru Blogger tersebut, dan hal itu tentunya perlu waktu.

Karena saya bermaksud untuk menambahkan kode html di salah satu widget, tetapi tidak bisa dilakukan pada fitur baru Blogger saat ini, saya mencoba untuk mengembalikan ke versi lama Blogger tetapi kesulitan karena tombol menu "Switch back to old version" tidak ada. Ini berbeda dengan kondisi beberapa hari lalu (ketika masih normal). Lantas bagaimana?

Cukup lama saya mencari solusi permasalahn ini sampai tak sengaja saya melihat alamat URL halaman home Blogger dan tertulis "http://blogger.com/opt-in-new-ui.g?useNewUi=true", kemudian saya coba ganti kata "true" menjadi "false" seperti dalam bahasa pemrograman (Variable Boolean) ternyata berhasil.

Bagi sobat blogger yang bermaksud mengembalikan fitur baru Blogger ke versi lama tetapi tidak menemukan tombol "Switch back to old version" dapat mecoba langkah-lahkah berikut:
  1. Seperti biasa, login ke Blogger
  2. Tulis di browser "http://blogger.com/opt-in-new-ui.g?useNewUi=false" tanpa tanda kutip kemudian enter
Semoga bermanfaat.
Perhatian!
Posting ini sudah tidak berlaku lagi karena Google sudah melakukan revisi dan perbaikan.
Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini.