Friday, December 2, 2011

Rubik's Cube Timer

Anda suka Rubik's Cube? Saya yakin Anda pasti tahu apa itu rubik's cube meski tidak bisa memainkannya (Solved). Walaupun demikian, permainan yang penuh algoritma ini tidak hanya digemari orang dewasa lho, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pemain rubik anak (tingkat SD) yang sudah mampu menyelesaikan Rubik's Cube, bahkan di antara mereka ada yang sudah mampu menyelesaikannya dengan mata tertutup (Blindfolded/ BLD) dengan waktu yang sangat cepat.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba menyelesaikan permainan ini, dapat mempelajarinya di sini (Permainan Rubik 3x3x3 untuk Pemula). Dalam tutorial itu dibahas algoritma-algoritma dasar rubik disertai video tutorial. Saya yakin, dengan sering berlatih, ulet, dan sabar, siapapun dapat mempelajari rubik's cube. Semakin sering praktek akan semakin mahir kemampuan solved rubik's cube. Seberapa cepat kemampuan Anda menyelesaikannya?

Rubuk's Cube Timer

Kali ini saya ingin berbagi program yang saya buat dengan Visual Delphi. Program ini berfungsi sebagai pewaktu permainan rubik yang saya beri nama MyCubeCounter Ver.2.0. Dengan software ini Anda dapat menguji skill Anda dengan melihat seberapa cepat kemampuan menyelesaikan rubik's cube yang sudah diacak sebelumnya (Scramble). Program ini cukup sederhana dan dapat dimainkan offline.

Fitur MyCubeCounter Ver.2.0:
  1. Counting Down sebelum start
  2. Ending Sound sesuai kecepatan penyelesaian
  3. Auto Scramble
  4. Timer sampai millisecond
  5. Autorank  Player
Cara Instalasi:
  1. Download MyCubeCounter Ver.2.0 di http://www.4shared.com/file/x_yp7pcW/MyCubeCounter_Ver20.html
  2. Extract file MyCubeCounter Ver.2.0.rar
  3. Click Setup (Jika dikopi ke CD akan langsung autorun)
  4. Masukan Password instalasi (Paswword: lihat di Facebook Link Sukses)
  5. Ikuti langkah-langkah instalasi sampai selesai
  6. Jika instalasi selesai, pada Desktop akan muncul icon MyCube Counter
  7. Selesai
Cara penggunaan:
  1. Double Click Icon MyCube Counter pada desktop untuk membuka program
  2. Tulis nama pemain kemudian klik Start
  3. Aak rubik's cube berdasarkan algoritma scramble yang otomatis tampil di bawah header
  4. Tekan spasi untuk memulai perhitungan waktu mundur (5 detik) setelah itu pewaktu akan mulai diaktifkan dan mulai menghitung
  5. Tekan lagi spasi untuk stop timer, urutan pemain berdasarkan waktu tercepat akan otomatis diurutkan
  6. Scramble befungsi untuk membuat kode acak
  7. New Player berfungsi untuk mendaftarkan pemain baru
  8. Ending Sound ON/OFF untuk meangtifkan/ menonaktifkan suara akhi
  9. Exit untuk keluar program

Platform :

Sudah dites dan berjalan normal di OS Windows XP2, Dan Windows 7 . Jika pada Windows 7terdapat dua folder Program File, program MyCubeCounter Ver.2.0 dapat tetap berjalan tetapi suara dan tampilan tidak sempurna. Solusinya, kopikan folder CubeCounter yang terdapat di C:\Program Files (x86) ke folder C:\Program Files.

Semoga program sederhana ini dapat bermanfaat khususnya bagi para penggemar rubik's cube.
Jika Anda menemukan bug, error, atau membutuhkan penjelasan seputar program MyCubeCounter Ver.2.0, dapat menghubungi saya melalui menu kontak.

Bagi Anda yang membutuhkan source code program ini dapat menghubungi saya melalui Facebook (LinkSukses Page). Pada program tersebut saya menggunakan skin Delphi (AlphaCotrols Lite) Free Edition dari AlphaSkin.com.