Perbedaan Blog Dan Website

Munculnya seorang senior biasanya disertai lahirnya seorang yunior, demikian pula munculnya seorang master tentu diikuti dengan lahirnya seorang pemula. Itulah alasannya kenapa sampai saat ini selalu ada yang menanyakan perbedaan blog dan website, seperti yang saya alami.

Pertanyaan tersebut bukan dari seorang master tetapi dari para pemula yang baru terjun ke dunia internet yang tidak mustahil mereka akan menjadi seorang master masa depan.

Awalnya, penulisan website adalah dipisah (Web Site), namun sepertinya sudah menjadi bahasa baku yang akhirnya banyak orang menulis dengan cara disatukan (website). Beberapa narasumber menjelaskan persamaan dan perbedaan blog dan website dari sudut pandang dan argumen yang berbeda, di sini saya sekedar menyimpulkan beberapa pendapat mereka dengan bahasa saya sendiri (mohon dimaklumi).

Di antara mereka terdapat dua pendapat, yang pertama berpendapat bahwa blog dan website itu ada sedikit perbedaan sedangkan yang kedua berpendapat bahwa blog dan website itu sama dan tidak ada perbedaan sama sekali. Pernyaatan-pernyaatan itu terkadang membingungkan para pemula, termasuk saya sendiri tentunya, bahkan pendapat yang kedua dapat menimbulkan beberapa pertanyaan bagi orang awam. Pertanyaan-pertanyaan tersebut di antaranya:
  1. Mengapa kita sering menjumpai istilah blog dan website pada satu kalimat?
  2. Mengapa banyak layanan yang  memberikan option pembuatan blog saat membuat website di situs mereka, secara tidak langsung mereka juga memiliki maksud untuk membedakan antara blog dan website atau halaman web dan halaman blog?
  3. Mengapa ada penyedia layanan pembuatan web dengan tambahan fiture di dalamnya (auto blog atau bonus blog)? Satu contoh silahkan kunjungi Yola.com (dulu namanya Synthasite.com). Di sana pada saat pembuatan web ada dua pilihan yaitu Web Page atau Blog Page.
  4. Pada saat memesan sebuah website melalui jasa pembuatan website, kadangkala mereka bertanya "Mau bikin blog atau website?" atau "Mau bikin website plus blog di dalamanya?". Mereka tentu beralasan mengajukan pertanyaan tersebut kepada pemesan karena tidak mustahil di antara pemesan itu seorang pemula.
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu, baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (wikipedia).

Pendapat Pertama
Di bawah ini adalah pendapat pertama yang menginformasikan ada sedikit perbedaan antara blog dan website dilihat dari fungsinya :
Pada prinsipnya, blog adalah website tetapi website belum tentu blog, yang membedakan hanyalah fungsinya. Blog adalah website dengan beberapa perbedaan di antaranya:
  1. Pada blog biasanya artikel disusun terbalik berdasarkan urutan waktu dimana artikel paling baru akan ditempatkan pada halaman pertama (home) karena memang pada awalnya blog dibuat dengan tujuan sebagai buku diary yang disusun berdasarkan urutan waktu penulisan, tetapi hal itu tidak mutlak karena sebenarnya bisa juga tidak disusun. Pada website, konten biasanya disusun secara statis dan tidak disusun berdasarkan urutan waktu tetapi berdasarkan kategori si pembuat.
  2. Pada blog, artikel baru sangat mudah ditambahkan, hal ini jelas akan memudahkan update secara berkala. Lain halnya dengan website yang diperlukan keahlian khusus untuk memposting artikel baru.
  3. Pada blog biasanya pengunjung dapat menulis mengomentari penulis dimana komentar tersebut dapat dibalas dengan komentar lain sehigga bisa terjadi diskusi, interaksi, dan komunikasi, tetapi pada website biasanya bersifat satu arah dan hanya bisa dihubungi melalui menu contact
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pendapat pertama, silakan kunjungi URL di bawah. (copy URL di dalam kurung pada browser) :
  1. Bloggingly yang ditulis oleh Mas Fikri (http://bloggingly.com/perbedaan-blog-dan-website-menurut-yaro-starak) .
  2. Wangsakarsa.com (http://wangsakarsa.com/article/397/perbedaan-antara-blog-dengan-website.html)
  3. Zhephyr39 (http://www.zephyr39.co.cc/2009/05/perbedaan-antara-blog-dan-website.html)
  4. Astaga (http://astaga.astalog.com/2010/01/perbedaan-blog-dan-website)
  5. Jasa Pembuatan Blog (http://www.jasa-pembuatan-blog.com/2009/11/perbedaan-blog-dan-website-serupa-namun.html).
  6. Net Profit Today : (http://www.netprofitstoday.com/blog/cms-blogs-websites-website-builders-whats-the-difference).
  7. The Blog is Mine : (http://www.theblogismine.com/2009/08/20/difference-between-blog-and-website-from-seo-point-of-view).
  8. Hover Web Disign (http://www.hooverwebdesign.com/articles/blog-versus-website.html).
  9. Ezion Infobase (http://www.ezilon.com/articles/articles/13469/1/Difference-Between-A-Blog-And-A-Website)
  10. Corporate Blogging (http://www.backbonemedia.com/blogsurvey/23-difference-between-blog-and-website.htm)
  11. Super SEO Tips (http://super-seo-tips.blogspot.com/2009/06/difference-between-blog-and-website.html)
  12. Buzzle.com (http://www.buzzle.com/articles/difference-between-blog-website.html).
  13. Social Desire : (http://www.socialdesire.com/2007/10/23/difference-between-a-website-and-blog).
  14. Amrit Halan (http://amrithallan.com/difference-between-blog-and-website)
  15. Sitekno911 (http://sitekno911.com/article/295/perbedaan-blog-dan-website.htm)
  16. Alat-alat Blog (http://alatalatblog.blogspot.com/2008/01/perbedaan-website-dan-blog.html)
  17. Nine.my (http://www.nine.my/topics/32)

Pendapat kedua
Di bawah ini adalah informasi mengenai pendapat kedua yang menyatakan bahwa blog dan website itu sama:

Tidak ada perbedaan antara website dan blog dalam hal penataan informasi, apakah harus tersusun yang terbaru atau berdasarkan kategori, karena baik blog ataupun website dapat dibuat sedemikian rupa.....yang benar adalah blog adalah website, tapi website tidak hanya blog, karena ada e-commerce, e-banking, dan lain-lain. seperti kita membandingkan antara buah dan apel. apel adalah buah, tapi buah tidak hanya apel, karena ada nangka, semangka, nanas, dan lain-lain. maka, website adalah buahnya, dan blog adalah apelnya. (kutipan dari kometar salah satu teman saya Titis)

Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut. (wikipedia)

Jika kita lihat definisi di atas maka blog bisa dikatakan merupakan bagian dari suatu situs web, dimana pada blog kita bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama pengguna dan mudah untuk meng-update isinya.

Pengertian di atas menjelaskan bahwa blog itu bagian dari website atau dengan kata lain blog adalah website juga tetap website belum tentu blog. Berdasarkan kegunaannya, website terbagi menjadi banyak nama turunan, misal : company profile website , online shoppingonline catalog, news publishing, blog (weblog), forum, online member, dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pendapat kedua tersebut, silakan kunjungi URL di bawah.
  1. Waroeng Betawi (http://www.waroengbetawi.com/apa-perbedaan-website-dengan-blog)
  2. Manusia-Super (http://manusia-super.blogspot.com/2008/06/beda-blog-dan-website.html)
  3. Official Website of Tricomweb.net (http://v2.tricomweb.net/index.php?option=com_content&view=article&id=36:beda-blog-dan-website&catid=3:reposting)
  4. Bali Orange Communication (http://www.baliorange.web.id/sejarah-blog-blogger-website)
  5. CG Website Design (http://www.cgwebsitedesigns.co.uk/web-design-faqs/what-is-the-difference-between-a-blog-and-a-website)
Mengenai istilah "apel dan buah" juga sebenarnya dapat dibantah oleh pendapat pertama seperti ini:

Memang benar apel itu buah dan buah belum tentu apel karena ada pepaya, jeruk, semangka dan lain-lain. Kalimat tersebut justru sebenarnya secara tidak langsung membedakan antara "apel" dan "buah" seperti halnya blog dan website. Perbedaannya terletak pada lingkup yang lebih kecil dan yang lebih besar seperti "Jakarta dan "Kota", "Harimau" dan "Hewan". Jadi jelas apel di sisi lain berbeda dengan buah karena apel skupnya lebih kecil sedangkan buah skupnya lebih besar. Dengan kata lain apel itu bukan buah tetapi bagian dari buah. Kalau apel sama persis dengan buah dan tidak ada bedanya artinya kata "buah" bisa diganti dengan kata "apel" atau kata "blog" bisa diganti dengan kata "website" dan itu jelas tidak benar. Perhatikan contoh di bawah ini:
  1. Buah pepaya rasanya manis = apel pepaya rasanya manis.
  2. Buah-buahan itu dijual dipasar = apel-apelan itu dijual dipasar 
  3. Buah jeruk ditanam di kebun = apel jeruk ditanam di kebun.
  4. Blog Google sebagai search engine = website Google sebagai search engine.
  5. Trik dan tip blogging yang baik = Trik dan tip websiting yang baik.
Pendapat Saya
Saya sendiri berpendapat seperti pendapat kedua dimana blog itu adalah website juga, tetapi (maaf) terkadang saya sedikit membedakan istilah blog dan website dilihat dari fungsinya bukan dari cara membangunnya dan bukan dari cara penataan informasi. Dengan kata lain blog adalah bagian dari website karena website bukan hanya blog, website bisa merupakan e-commerce, forum, gallery, dan lain-lain. Dengan demikian, blog itu website tetapi website belum tentu blog.

Masih bingung...? Gapapa, santai saja.
Silakan Anda pilih sendiri antara pendapat pertama dengan pendapat kedua, saya yakin Anda juga memiliki pendapat dan alasan sendiri mengenai perbedaan blog dan website. Jangan karena berbeda pendapat kita tidak lagi temenan, lebih parah lagi kita melupakan masalah yang jauh lebih penting daripada memikirkan perbedaan kecil ini.

Artikel ini sudah saya edit ulang setelah mendapat komentar dari kawan saya Titis. Revisi tersebut di antaranya :
  1. Mencantumkan sumber yang saya baca.
  2. Sebagian tulisan saya beri warna dan diperbesar untuk lebih memperjelas.
  3. Mengubah beberapa susunan kalimat yang sedikit membingungkan.
  4. Menampilkan komentar Kawan Titis pada tulisan.

Arsip