Sunday, October 23, 2011

Widget Blogger

Widget Blogger
Banyak blogger pemula (termasuk saya tentunya) telah memasang widget (plugin) dengan beragam maksud dan tujuan, misalnya untuk menampilkan status trafik blog dengan melihat pengunjung online dan jumlah pengunjung; melihat Google Pagerank dan Alexa Rank; bahkan ada yang sekedar memenuhi space kosong pada sidebar (lol).

Terlepas dari alasan mereka, fungsi  widget blogger di antaranya untuk menampilkan jumlah pengunjung online, menampilkan tombol follow Twitter, menampilkan animasi, menampilkan Chatbox, dan lain-lain dengan cara menyalin kode yang disediakan (kecuali para prorammer pembuat plugin tersebut).

Bagi pemula yang belum bisa membuat widget dengan kode-kode atau script yang cukup membingungkan, dapat menggunakan layanan gratis untuk memasang sebuah widget sesuai kebutuhan. Di sini pengguna cukup mengkopi kode yang tersedia kemudian menyimpannya di blog.

Pemasangan widget blog sebaiknya tidak terlalu banyak karena dapat memperlambat loading blog, apalagi jika widget tersebut disimpan di halaman depan. Di bawah ini adalah beberapa widget blogger yang dapat dipasang di blog:
  1. Feedjit (http://feedjit.com/) : Melihat status trafik blog yang dapat dipasang pada sidebar
  2. Islamic Finder (http://www.islamicfinder.org/) : Memasang jadwal sholat di blog
  3. ClockLink (http://www.clocklink.com/) : Menampilkan jam di blog
  4. PR Checker (http://www.prchecker.info/) : Mengecek dan menampilkan Google Pagerank blog
  5. MyPagerank.net (http://www.mypagerank.net/) : Menampilkan Google Pagerank di blog
  6. PollDady (http://polldaddy.com/) : Membuat poling di blog
  7. WidgetBox (http://www.widgetbox.com/widget/best-blog-widgets-for-free) : Situs layanan widget gratis
  8. Blogger Buster (http://www.bloggerbuster.com/2007/08/create-your-oen-recent-comments-widgets.html) : Menampilkan komentar terbaru
  9. The Catroll Blog (http://blog.chatroll.com/how-to/add-a-free-blogger-chat-box-widget-to-your-blogspot-blog) : Memasang kotak chatting di blog
  10. Alhabib (http://www.al-habib.info/islamic-calendar/) : Memasang kalender Islam di blog