Thursday, January 10, 2013

Web Hosting Indonesia

Istilah Web hosting bagi sobat senior tentu sudah sangat familiar bahkan sepertinya sudah menjadi snack lezat yang dibutuhkan sebagai cemilan blogging untuk menambah stamina bisnis internet. Pada posting ini sama sekali saya tidak bermaksud menggurui agan-gan senior tetapi sekedar sharing info untuk sobat-sobat yang baru mengenal internet khusunya yang tertarik ingin mencoba membuat website sendiri.

Web Hosting adalah tempat salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa. (Wikipedia)
Pesatnya perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, kini web hosting tidak lagi dimonopoli oleh orang luar. Sudah banyak web hosting Indonesia yang tidak kalah bagusnya dengan web hosting luar meskipun masih bekerjasama dengan mereka.

Munculnya web hosting di Indonesia distimulir oleh banyaknya tuntutan dan kebutuhan orang-orang Indonesia untuk membuat suatu website, termasuk kebutuhan dalam membuat website pribadi, blog, website toko online, forum, jejaring sosial, website bisnis dan corporate, dan lain-lain. Mereka menggunakan layanan web hosting ini untuk beragam tujuan di antaranya:
  1. Sebagai penyimpanan data online yang bisa diakses kapanpun dan dari manapun
  2. Sebagai media online untuk memperkenalkan profil perusahaan
  3. Sebagai media jual beli barang atau jasa yang dilakukan secara online
  4. Sebagai perpustakaan digital
  5. Sebagai tempat belajar online
  6. Sebagai sistem informasi suatu organisasi, dan lain sebaginya
Kapan kira-kira web hosting diperlukan?
Jawabannya cukup beragam dan kembali kepada kebutuhan masing-masing, yang jelas ketika kita memerlukan penyebaran informasi global tanpa dibatasi tempat dan waktu, salah satu cara untuk mengimplementasikan tujuan tersebut dapat melalui website sedangkan untuk membuat website diperlukan web hosting.

Bagi beberapa orang bisa saja menyewa layanan web hosting dari luar dimana transaksi pada umumnya dilakukan melalui Paypal atau kartu kredit. Bagaimana kalau kita tidak mempunyai kedua alat transaksi itu? Solusinya dapat menggunakan layanan lokal web hosting Indonesia, toh mereka pun mayoritas mempunyai server di Amerika. Dengan menggunakan web hosting Indonesia, transaksi pun dapat dilakukan dengan mudah melalui transfer antar bank, bahkan jika suatu saat memerlukan bimbingan dan bantuan, komunikasi dapat dengan mudah dilakukan tanpa biaya yang besar.

Untuk beberapa orang, web hosting tidak/belum diperlukan. Alasanya sederhana, mereka masih dapat menggunakan layanan gratis seperti Blogger (Blogspot), Wordpress.com, Multiply, Weebly, dan layanan gratis lainnya. ada juga yang sudah merasa cukup hanya dengan media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk menjalankan bisnis mereka. Kenyataannya memang benar, tetapi sekali lagi semua tergantung kebutuhan, hanya saja jika kita mempunyai web site dengan domain dan hosting sendiri akan terlihat lebih profesional apalagi untuk tingkat organisasi atau perusahaan besar. Selain itu suatu saat website yang kita bangun dapat dijual kembali dengan harga tertentu. Ini tentu berbeda dengan blog gratisan yang tidak diperbolehkan untuk dijual-belikan atau dipindah tangankan.

Ketika pelaku bisnis mempunyai produk yang dapat melewati batas kota, provinsi, bahkan negara, inilah saatnya membangun suatu website bisnis melalui layanan web hosting untuk memperkenalkan sekaligus menjual produk atau jasa dengan jangkauan yang lebih luas. Ketika seseorang atau organisasi ingin menyebarluaskan suatu informasi yang dapat diakses 24 jam/ hari di seluruh dunia, website merupakan solusi termurah saat ini untuk keperluan itu.

Dimana menyewa web hosting?
Dengan teknonogi internet, kini layanan web hosting Indonesia dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll). Namun demikian sebelum menggunakan suatu web hosting sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan survey terhadap beberapa web hosting Indonesia lainnya. Bandingkan fitur-fitur apa saja yang akan didapat, kemudahan maintenance, kapasitas penyimpanan, bandwidth, cara transfer, harga hosting, dan yang paling penting adalah kualitas layanan karena tidak jarang web hosting murah tetapi layanannya mengecewakan.

Bagaimana jika tidak bisa membuat website sendiri?
Anda tidak perlu khawatir karena banyak web hosting Indonesia yang sekaligus melayani jasa web desain, sebut saja salah satuya WebHostingAllinOne.Com. WebHostingAllinOne adalah web hosting Indonesia yang menurut saya cukup bagus dan kredibel terutama dalam hal jasa pembuatan website profesional, jasa pembuatan toko online, dan jasa pembuatan website murah. Jadi ketika Anda bermaksud membangun website untuk mengembangkan bisnis, Anda tidak perlu susah-susah belajar pemrograman web dengan mempelajari coding-coding yang membingungkan. Serahkan semua desain web kepada ahlinya. Anda hanya perlu konsen terhadap bisnis yang sedang Anda jalani.

Dalam hal desain web, WebHostingAllinOne saya pikir mempunyai kelebihan jika dibanding dengan web hosting Indonesia lainnya, hanya dengan mengirimkan data-data yang diperlukan, dalam beberapa hari website pun sudah dapat digunakan. Data-data tersebut adalah hal-hal yang ingin ditampilkan melalui website yang akan dibangun seperti profil perusahaan, produk atau jasa yang akan ditawarkan, alamat perusahaan, harga produk, foto-foto, bahkan warna dan layout desain pun dapat diusulkan oleh pengguna.

Selain menerima pendaftaran domain baru, WebHostingAllinOne juga melayani transfer domain, reseller hosting, Shared Hosting Murah, Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server, Colocation Server, dan Website Development yang dikerjakan dengan profesional untuk kepuasan para pelanggan, bahkan tanpa perlu membeli domain dan hosting pun, kita dapat menjadi member afiliasi untuk medapatkan keuntungan jika terjadi transaksi melalui id referral.

Web hosting manapun termasuk web hosting Indonesia tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi jika pandai memilih dan membandingkan setiap layanan tersebut, kita dapat meminimalisir kekecewaan yang diperkirakan akan terjadi di kemudian hari. Namun demikian, jika suatu saat dikecewakan oleh suatu layanan web hosting, kapanpun kita dapat melakukan transfer domain dan hosting dengan mudah, meskipun biasanya ada tambahan sedikit biaya.

Menurut Anda, kira-kira kapan kita membutuhkan website dengan domain dan hosting sendiri? Web hosting mana yang paling bagus dan paling murah di Indonesia?