Wednesday, January 2, 2013

Dua Cara Restore Template Blog

Jika suatu saat sobat ingin mengembalikan tampilan blog ke template sebelumnya, hal ini dapat dilakukan dengan cara me-restore template blog, itu sebabnya kenapa backup template diperlukan, selain sebagai antisipasi jika terjadi error ketika pengeditan template, juga dapat berfungsi untuk mengambaikan template baru ke template lama seperti file yang pernah di-backup sebelumnya.

Cara untuk mengembalikan template blog (Restore) ini sama dengan cara merubah template blog yang bukan bawaan (default) dari Blogger. Ada beberapa cara untuk me-restore template blog dan itu tergantung dari file yang digunakan, jika sebelunya file template disimpan dalam file text melalui program Notepad, maka untuk mengembalikan template tersebut dapat menggunakan cara pertama, tetapi jika file template berekstensi .XML seperti kebanyakan template blog, maka untuk me-restore template blog dapat menggunaan cara kedua.

Cara pertama untuk mengembalikan template blog:
Cara ini digukanan apabila template blog yang pernah di-backup sebelumnya dalam format file TXT yatiu file yang disimpan di Notepad. Sebelum mengembalikan template blog ke template sebelumnya, sebaiknya backup dulu template yang sedang aktif untuk jaga-jaga kalau nanti terjadi error.

  1. Login ke Blogger kemudian pilih judul blog yang akan di-restore.
  2. Di halaman dashboard pilih "Template" kemudian pilih lagi "Edit HTML" untuk membuka editor HTML Blogger.

    Restore Template

  3. Buka file template yang pernah di-backup di Notepad kemudian salin seluruh kodenya.

    Restore Template Blog

  4. Masih di halaman "Edit HTML", centang (tandai) "Expand Widget Template" kemudian hapus semua kode tersebut. Untuk keamanan, lakukan backup template terlebih dahulu. 
  5. Langkah selanjutnya adalah menyimpan semua kode dari Notepad tadi kemudian klik tombol "Save template".

    Cara Restore Template

Cara kedua untuk mengembalikan template blog:
  1. Login ke Blogger kemudian pilih judul blog yang akan di-restore
  2. Di halaman dashboard pilih "Template"

    Restore Template Blogspot

  3. Di halaman berikutnya klik tombol "Backup/Restore" yang terletak di kanan atas halaman tersebut.

    Mengembalikan Template Blog

  4. Di jendela "Backup/Restore" pilih file yang sudah di-backup sebelumnya dengan mengklik tombol "Choose File". File template harus berektensi .XML. Setelah itu upload file template tersebut dengan mengklik tombol "Upload".

    Restore Blogspot Template

  5. Selesai.