Friday, May 8, 2009

Bisnis Internet

Bisnis internet atau biasa disebut bisnis online adalah suatu usaha untuk menghasilkan keuntungan melalui fasilitas internet melalui berbagai metode. Contoh sederhana bisnis internet adalah menjual produk termasuk produk sendiri atau produk orang lain (reseller), mereview karya orang lain, menulis artikel, menjual jasa dan banyak lagi yang akan saya jelaskan satu-persatu secara garis besar.

Keuntungan Dari Bisnis Internet
  1. Modal awal bisnis internet lebih sedikit dibandingkan apabila anda membuka bisnis di dunia nyata. Biaya untuk mulai bisnis internet untuk tahap awal adalah pembelian domain, hosting, dan promosi, tetapi untuk pemula yang baru terjun ke bisnis internet bisa dimulai dengan domain dan hosting yang gratis.
  2. Pasar dan konsumen untuk bisnis internet sangat luas.
  3. Resiko bisnis internet relatif lebih kecil karena tanpa adanya ongkos sewa tempat, biaya transfortasi dan biaya operasional lainnya seperti usaha di dunia nyata.
  4. Bisnis internet lebih hemat waktu dan bebas dari kemacetan.
  5. Bisnis internet lebih aman dari bencana alam seperti banjir, kebakaran, dan bencana lainnya.
  6. Waktu untuk bisnis internet lebih fleksibel dan tidak terikat sehingga bisa dilakukan kapan saja.
  7. Lokasi bisnis internet bisa dimana saja sepanjang ada jaringan internet.
  8. Keuntungan dari bisnis internet bisa tak terhingga, tergantung keuletan dan kerja keras pelaku bisnis internet.
Penipuan Bisnis Internet

Ingat bisnis internet bagi pemula itu tidak mudah namun tidak sesulit membuat pesawat terbang (lol). Bisnis internet hanya bisa dilakukan oleh orang yang ulet, kerja-keras, sabar, dan tidak putus asa. Tidak sedikit pelaku bisnis internet khususnya pemula tertipu dengan berbagai promosi yang menjanjikan cara cepat dapat uang dengan bisnis internet.

Hati-hati dengan website yang menawarkan uang jutaan bahkan milyaran rupiah dalam waktu yang singkat, mereka dapat keuntungan dari menjual e-book yang mereka jual, padahal isinya tidak seperti cover dan tawarannya. Pada blog linksukses.com ini kami hanya memberitahukan website untuk bisnis internet khususnya bagi pemula yang dapat dipercaya dan terbukti dapat menghasilkan uang, sedikit tetapi pasti karena hasil sedikit bagi pemula adalah emas untuk tahap berikutnya. Untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis internet itu sendiri dapat anda pelajari pada website yang bersangkutan. Perhatian.... penghasilan dari bisnis internet bisa tak terbatas(lol).

Syarat minimal yang harus dimiliki untuk bisnis internet (tidak mutlak)
  1. Ada jaringan internet.
  2. Memiliki e-mail (sebaiknya gmail bagi pemula).
  3. Memiliki salah satu rekening bank (BCA, BRI, Mandiri, atau BNI).
  4. Paypal, e-gold, alertpay atau kartu kredit (untuk tingkat lanjutan).
  5. Bahasa Inggris (bisa anda terjemahkan dengan google translate).
  6. Fokus dan praktekan apa yang anda pelajari, khusus untuk pemula yang tertarik dengan bisnis internet usahakan satu macam saja bisnis internet yang anda sukai, kemudian fokus dan praktekan. Di dalam bisnis internet belajar tanpa praktek adalah nol besar.
  7. Kerja keras, ulet, sabar, dan tidak putus asa.
Kegagalan dalam bisnis internet atau bisnis online bukan berarti gagal segalanya, kegagalan dalam bisnis internet akan mempermudah jalan untuk bisnis internet tahap berikutnya.  

Macam-macam Bisnis Internet:
  • PTC (Paid To Click) : Bisnis internet yang membayar setiap membernya yang melakukan click halaman tertentu untuk beberapa saat selanjutnya tunggu dan click kembali, makin banyak click yang anda lakukan makin banyak pula penghasilan yang anda peroleh. Bisnis internet type ini tidak memerlukan modal awal.
  • Pay Per Review (PPR): Bisnis internet yang membayar membernya setelah mereview atau memberikan komentar terhadap produk atau URL tertentu. Mayoritas dari bisnis internet type ini tidak berbayar (100% gratis).
  • Pay Per Play (PPP) : Bisnis internet yang membayar membernya setelah memasang iklan suara atau video di situs mereka, jadi setiap ada pengunjung yang membuka halaman dimana iklan tersebut berada maka pemilik situs tersebut akan dibayar. Makin banyak pengunjung makin banyak pula penghasilan yang diperoleh. Bisnis internet type ini mayoritas gratis.
  • Pay Per Click (PPC) : Bisnis internet yang membayar membernya setelah ada pengunjung yang meng-klick iklan pada situs mereka, ingat click tidak boleh dilakukan pada IP pembuat web. Bisnis internet type ini mayoritas gratis.
  • Pay Per Impression (PPI) : Bisnis internet yang membayar membernya setelah member tersebut menempatkan iklan di situs member tersebut. Member akan dibayar apabila ada pengunjung yang membuka situs tersebut dimana terdapat iklan. Makin banyak pengunjung makin banyak pula penghasilan yang akan diperoleh. Bisnis type ini 100% gratis.
  • Money Exchange : Bisnis internet jasa pertukaran uang.
  • Social Networking : Bisnis internet yang berbagi penghasilan dengan membernya dari iklan adsense pada situs tersebut, makin banyak referral(down line) dibawah anda yang anda rekomendasikan untuk bergabung di situs social networking tersebut maka penghasilan yang akan anda peroleh akan makin besar.
  • Bisnis Afiliasi : Bisnis internet dimana pemilik website akan dibayar setelah ada pengunjung yang melakukan aktivitas melalui iklan yang telah ditempatkan pada website tersebut, bisnis internet ini disebut juga Pay Per Lead atau Pay Per Sale. Aktivitas pengunjung para pengunjung tersebut dapat berupa :
  1. Pembelian produk atau jasa.
  2. Pendaftaran atau mengisi formulir.
  3. Menjadi anggota suatu website tertentu.
  4. Melakukan click pada iklan.
Silahkan anda mencoba beberapa bisnis internet yang credible dan terbukti menghasilkan, mulai dari yang gratis, kemudian tingkatkan dengan yang berbayar. Penjelasan rinci bisnis internet cukup panjang sehingga semua panduan detail bisnis internet yang bersangkutan ada di dalam e-book, kami sarankan anda untuk membelinya. Pada e-book tersebut anda bisa mempelajari dan mempraktekannya. Ingat bisnis internet itu tidak mudah, butuh modal, keuletan, kerja keras, dan yang paling penting adalah kesabaran dan tidak putus asa.

Apabila Anda melakukannya dengan cara yang benar maka makin besar modal yang anda keluarkan akan makin besar penghasilan yang akan anda peroleh setelah itu. Saran kami mulailah berbisnis dengan modal yang sedikit dulu walaupun hasilnyapun sedikit tapi pasti, misalnya bisnis internet yang dapat menghasilkan satu dollar tiap satu kali penjualan, Anda bisa mencobanya pada Dollar Tip, atau apabila anda mempunyai hobby membaca, anda dapat mengikuti afiliasi ala shvoong dimana anda akan mendapatkan penghasilan setelah anda menulis ringkasan dari artikel, film, website, surat kabar, buku, dan lain-lain. Pendaftarannya gratis tetapi hasilnya bisa seumur hidup selama ringkasan atau resensi anda dibaca orang, makin banyak resensi dan atau ringkasan yang anda buat otomatis penghasilan yang akan anda peroleh akan makin besar selama ringkasan anda dibaca orang. Keistimewaan dari shvoong ini adalah mudah, pendaftaran gratis, dan bisa ditulis dalam berbagai format bahasa termasuk bahasa Indonesia.

PAYPAL

Paypal adalah salah satu alat pembayaran online yang paling banyak digunakan  karena selain aman juga lebih mudah dan efisien penggunaannya, hanya dalam hitungan detik uang dapat diterima atau dikirim, selain itu uang di Paypal dapat dengan mudah ditransfer ke rekening bank lokal seperti BCA. Transfer ke bank lokal kurang dari Rp 1.500.000,- hanya dikenakan biaya administrasi Rp 16.000,- sedangkan diatas Rp 1.500.000,- bebas biaya administrasi.

Uniknya account kita bukan berupa nomor seperti nomor rekening tetapi berupa e-mail kita sendiri. Paypal juga dapat digunakan untuk berbelanja, shoping, kirim donasi di internet dengan cepat dan aman. Selain itu transaksi akan dicatat oleh database Paypal sebagai bukti yang sah dan benar sehingga kita bisa melihat secara detil kepada siapa kita transfer sejumlah uang atau dari siapa kita menerima sejumlah uang. Dengan bukti tersebut kita bisa komplain jika terjadi kesalahan transaksi di kemudian hari.

Note : Untuk dapat bertransaksi melalui Paypal, Anda harus terlebih dahulu mem-verifikasi Account Paypal.