Saturday, January 5, 2013

Skrip Paling Diminati (Bagian 1)

Skrip Pemograman
Meskipun bukan programmer JavaScript, melalui poting ini saya ingin berbagi beberapa skrip yang sering dipakai para blogger khususnya skrip unik yang sangat sederhana. Itu sebabnya saya simpulkan bahwa skrip yang akan saya jelaskan dalam artikel ini dan artikel yang akan datang merupakan skrip-skrip yang paling diminati khusunya oleh blogger pemula (termasuk saya tentunya).

Bahasa skrip atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris: scripting language, merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis. Skrip atau kode program yang akan dijalankan umumnya akan diterjemahkan terlebih dulu dari kode sumber ke dalam P-Code, sebagai tambahan, beberapa bahasa skrip bahkan telah menyediakan kompiler JIT terintegrasi yang akan mengevaluasi serta menerjemahkan bagian-bagian kritis atas P-Code tersebut menjadi kode mesin sehingga menghasilkan eksekusi proses yang lebih cepat hingga secara relatif bisa menandingi program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman kompilatif seperti C. (Wikipedia)

Mayoritas skrip yang akan saya share bukan karya saya dan bukan dalam bahasa pemrograman C tetapi dalam bahasa JavaScript yang membutuhkan browser internet agar skrip tersebut dapat beroperasi. JavaScript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web (Web Browser) ternama seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Google Chrome, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

Karena sebagian besar bukan karya saya tetapi karya blogger senior yang lebih mengerti JavaScript, maka sobat dapat langsung mengunjungi sumber asli pembuat skrip tersebut melalui URL blog yang saya tulis di bawahnya dalam bentuk life link. Skrip paling diminati tersebut cukup banyak, oleh karena itu saya bagi menjadi beberapa posting di antarnya:
  1. Script Anti Copas (anti copy paste)
  2. Script Anti Ctrl+C (anti copy)
  3. Script Anti Klik Kanan
  4. Script Anti Selection (anti seleksi/ anti blok)
  5. Script Auto Source Link
Di posting ini hanya akan saya jelaskan cara memasang Script Anti Klik Kanan, Script Anti Copas, dan Script Auto Source Link.

A. Cara Pasang Script Anti Klik Kanan
Skrip ini berfungsi untuk menonaktifkan klik kanan mouse, akibatnya artikel tidak bisa dikopi dan link tidak bisa dibuka di tab baru atau di jendela baru (Open in New Tab/ Open in New Window). Cara pasangnya sebagai berikut:
  1. Login ke Blogger.
  2. Masuk ke halaman "Layout" atau Tata Letak.
  3. Klik "Add Gadget" atau tambah gadget.
  4. Pilih HTML/Javascript, tidak perlu diberi judul/ title.
  5. Letakan kode anti klik kanan berikut di jendela HTML/JavaScript, ganti kode berwarna merah dengan kata-kata sendiri kemudian simpan (Save).

    <script>
    var pesen="Maaf, dilarang COPAS :)";
    function clickIE4(){if (event.button==2){alert(pesen);return false;}}
    function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(pesen);return false;}}}
    if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;}
    else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;}
    document.oncontextmenu=new Function("alert(pesen);return false")
    </script>
    
Reff: IrfanSays.com

B. Cara Pasang Script Anti Copy Paste, Anti Blok, Anti Ctrl+C, Ctrl+V, dan Anti Blok
Skrip ini lebih "sadis" dari skrip Anti Klik Kanan, jangankan melakukan copas artikel, blok atau seleksi artikel pun tidak bisa. Cara pasang skrip tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Login ke Blogger.
  2. Buka halaman Edit HTML.
  3. Backup dulu Template blog untuk mengatisipasi jika terjadi error.
  4. Cari kode  <body class="...>  atau  <body expr:class='...>  atau  <body> 
  5. Tambahkan kode di bawah berikut tepat di depan body.

    oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'
    hasilnya akan seperti berikut:
    <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' class='...'>
    atau
    <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' expr:class='...'>
    atau
    <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
Reff: AnandaBlog

C. Script Auto Source Link
Skrip ini berfungsi untuk menampilkan link sumber otomatis ketika artikel di-copy-paste. Pemasangan skrip Auto Source Link ini tidak menonaktifkan seleksi (blok), klik kanan, dan Ctrl+C, tetapi sebagai antisipasi penulis artikel yang ingin URL blognya tetap terbawa ketika tulisannya di-copas. Dengan kata lain, ketika artikel di-copy-paste, link sumber akan otomatis ikut dikopi. Cara pasang skript tersebut sebagai berikut:
  1. Login ke Blogger.
  2. Masuk ke halaman Edit HTML.
  3. Sebaiknya lakukan backup template terlebih dahulu untuk antisipasi kalau terjadi kesalahan
  4. Cari kode </head>
  5. Simpan kode berikut di atas </head> kemudian klik "Save Template".

    <script type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Sumber :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://kupas-project.googlecode.com/files/sumberkupas.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); } </script>
Reff: Syakirurahman

D. Cara Lain Memasang Script Auto Source Link
  1. Kunjungi situs tynt.com
  2. Klik "GET THE CODE" di kanan atas halaman tersebut.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan menulis alamat email, alamat blog, dan password
  4. Centang "I agree to the Usage and Privacy Agreements" kemudian klik tombol "Submit"
  5. Salin kode yang diberikan kemudian simpan di atas kode </head> atau di bawah <body ... > seperti langkah-langkah sebelumnya.

Catatan:
Semua skrip di atas tentu masih bisa dinonaktifkan melalui browser internet yang dipakai yaitu dengan men-disable JavaScript.