Tuesday, January 1, 2013

Dua Cara Backup Template Blog

Backup template blog merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan seorang blogger untuk jaga-jaga jika suatu saat terjadi error pada template blog atau jika suatu saat ingin mengembalikan ke template sebelumnya (dari template yang sudah dibackup).

Kebiasan mem-backup template blog adalah hal yang sangat disarankan apalagi bagi blogger pemula (seperti saya) yang sering melakukan perubahan, modifikasi, dan kustomisasi template blog. Meskipun sudah yakin tidak akan terjadi kesalahan ketika mengedit template melalui kode-kode HTML dan CSS, tetapi bisa saja suatu saat terjadi kesalahan yang tidak disengaja. "Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga", sepandai-pandainya blogger, mungkin saja suatu saat berbuat kesalahan meskipun tidak disengaja.

Bagi seorang blogger senior, kesalahan (error) pada template blog adalah hal ini tentu hal yang mudah untuk diperbaiki, tetapi lain halnya dengan pemula yang sedang belajat blog, perbaikan kesalahan pada template agak sulit dan dapat memakan waktu. Untuk itulah backup template diperlukan.

Di bawah ini akan saya uraikan dua cara mem-backup template blog yang dibanguna dengan platform Blogger (Blogspot).

Backup template blog cara pertama:

  1. Login ke Blogger kemudian pilih nama/judul blog yang akan di-backup.
  2. Di halaman dashboard pilih "Template".

    Backup Template

  3. Di halaman Edit Template, klik tombol "Backup/Restore" di kanan atas.

    Cara Backup Template

  4. Di jendela berikutnya klik tombol "Download full template".

    Backup Template Blogspot

  5. Sampai langkah ini proses backup template blog sudah selesai. File berektensi .XML inilah yang merupakan file template yang harus disimpan untuk cadangan.

    Backup Template

Backup template blog cara kedua:
  1. Login ke Blogger kemudian pilih nama blog yang akan di-backup.
  2. Di halaman dashboard pilih "Template" kemudian pilih lagi "Edit HTML"

    Membackup Template

  3. Di halaman Edit HTML tandai (centang) "Expand Widget Template" kemudian blok semua kode di jendela tersebut (Ctrl+A). Setelah itu salin semua kode tersebut (Ctrl+C).

    Edit Template

  4. Buka program Notepad, paste kode yang telah disalin tadi (Ctrl+V) kemudian simpan dengan nama file terserah. File ini akan berekstensi .TXT. File ini yang harus diselamatkan untuk cadangan. Sampai langkah ini proses backup template selesai.

    Backup di Notepad