Thursday, January 24, 2013

Memilih Hosting Indonesia

Memilih hosting Indonesia untuk beberapa sobat Link Sukses mungkin sedikit membingungkan mengingat banyaknya web hosting Indonesia yang berlomba mendapatkan perhatian dari calon pelanggan. Hal ini tentu berbeda dengan para senior yang sudah malang melintang di dunia maya dengan berlangganan hosting di salah satu atau beberapa penyedia hosting sekaligus. Selain karena jam terbang yang cukup tinggi, mereka tentu sudah familiar dan mengenal betul karakteristik penyedia hosting khususnya di Indonesia sehingga sangat mudah memilih hosting Indonesia terbaik, teraman, dan terhandal menurut versi mereka.

Lalu bagaimana dengan pemula yang sama sekali belum pernah menggunakan layanan hosting berbayar dan bermaksud untuk mencoba beli hosting sendiri untuk membangun website bisnis. Berikut ini adalah opini saya mengenai cara memillih Hosting Indonesia.

  1. Harga Hosting
    Sengaja saya tulis di poin pertama karena mayoritas pemula biasanya melihat hal ini terlebih dahulu dengan memilih paket hosting termurah. Alasanya karena kehati-hatian dan itu memang wajar, maksudnya jika penyedia hosting tersebut mengecewakan, mereka tidak akan terlalu rugi dalam hal biaya. Meskipun umumnya harga sebanding dengan kualitas hosting tetapi tidak bisa diklaim seratus persen bahwa hosting murah tidak meiliki kualitas sebaik hosting lainnya yang lebih mahal. Hindari hosting murah yang menawarkan spesifikasi hosting berlimpah seperti menawarkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang sangat besar kecuali dalam rangka promosi. Cobalah untuk membandingkan harga dengan fitur yang akan diperoleh secara  logis dan realistis.
  2. Fitur dan Fasilitas
    Sempatkan beberapa menit untuk memperhatikan fitur dan fasilitas apa saja yang akan didapat jika jadi beli hosting. Periksa juga berapa kapasitas dan bandwidth yang didapat untuk paket hosting tertentu. Hal ini karena biasanya penyedia hosting mengkategorikan spesifikasi ke dalam beberapa paket hosting seperti paket hosting standar, paket hosting home, paket hosting bisnis, dan paket hosting lainnya (seperti di WebHostingAllinOne.com). Semakin lengkap fitur dan fasilitas biasanya semakin mahal juga harganya.  Seperti di poin pertama, perhatikan juga harga pada masing-masing paket hosting, masuk akal atau terlalu berlebihan. Kecurigaan di awal lebih utama dari pada gigit jari di kemudian hari.
  3. Alamat dan Contact Person
    Penyedia hosting Indonesia yang baik harus mempunyai alamat lengkap dan mempunyai nomor telepon rumah/ kantor yang dapat dihubungi. Untuk mengetahui data-data ini dapat diketahui melalui halaman "Profile" atau "About Us", kalau perlu hubungi penyedia layanan hosting tersebut melalui telpon (bukan melalui Hp atau SMS). Hindari beli hosting jika tidak mempunyai halaman khusus seperti "Profile" atau "About Us" yang menjelaskan siapa mereka, dimana meraka, dan aktifitas bisnis mereka.
  4. Coba Paket Termurah
    Metode ini bertujuan untuk mencoba menggunakan langsung layanan mereka untuk membuktikan kebenaran dari fitur dan failitas yang didapat serta kualitas pelayanan. Jika tidak memuaskan, kerugian tidak akan terlalu besar karena sebagai pengguna (kustomer) dapat melakukan transfer domain dan hosting ke penyedia hosting lain yang lebih baik.
  5. Testimoni
    Luangkan waktu untuk mencoba membaca beberapa testimoni dari pengguna lain yang telah lebih dulu menggunakan penyedia hosting tersebut, kalau perlu hubungi salah satu dari mereke untuk sekedar membuktikan bahwa testimoni tadi adalah benar. Siapa tahu ternyata testimoni tersebut hanya karangan penyedia hosting untuk meningkatkan daya tarik dan reputasi dimata publik. Seperti di awal, sedikit curiga lebih baik dari pada kecewa nanti.
  6. Website Demo
    Sebelum memilih hosting Indonesia, ada baiknya mencoba demo website yang sesuai dengan paket yang akan dipilih. Perhatikan website demo tersebut, cukup menarik dan memenuhi syarat kebutuhan atau sebaliknya? Penyedia hosting yang mempunyai website demo di setiap paket hosting lebih dapat dipercaya, apalagi jika website demo tersebut bukan website percobaan (sengaja dibuat sebagai demo) tetapi merupakan website pelanggan seperti halnya di WebHostingAllinOne.Com
  7. Tanya Senior
    Dulu sebelum saya mencoba beli hosting sendiri, saya sempatkan untuk bertanya dan meminta saran para senior di beberapa forum dan jejaring sosial. Hasilnya cukup memuaskan karena mayoritas saran dari merek tidak asal-asalan bahkan pernah di antara mereka justru sudah lama menjadi pelanggan salah satu penyedia hosting Indonesia dimana saya akan membeli domain dan hosting di sana. Perlu diperhatikan, bahwa mereka lebih berpengalaman dalam memilih hosting Indonesia.
Demikian pendapat saya mengenai Tips Memilih Hosting Indonesia, mekipun singkat tetapi mudah-mudahan dapat bermanfaat khususnya bagi sobat pemula yang sama sekali belum pernah beli hosting. Khusus sobat senior, tolong ditambahkan dan dikoreksi!