Monday, October 18, 2010

AdsenseCamp Tidak Professional?

AdsenseCamp
Cukup banyak PPC Indonesia yang kini makin digemari dan dimanfaatkan oleh para blogger Indonesia untuk memperoleh pasif income yang boleh dibilang lumayan meskipun belum sekelas Google Adsense. Kenapa? Iklan PPC Indonesia sering tidak relevan dengan konten.

Seiring perkembangan bisnis internet di Indonesia, tidak jarang para blogger memanfaatkan PPCIndonesia sebagai alternatif Google Adsense yang tidak mengizinkan diasang pada situs berbahasa Indonesia kecualli Adsense For Search (Penelusuran) karena melanggar TOS Google Adsense.

Selain itu, AdSense untuk penelusuran juga tersedia dalam bahasa Indonesia dan Vietnam. Kedua bahasa ini tidak didukung bagi laman AdSense untuk konten.

Anda dapat memilih bahasa utama situs saat proses aplikasi berlangsung. Jika aplikasi disetujui, AdSense akan menayangkan iklan yang relevan dengan laman Anda dalam bahasa yang sesuai, meskipun situs berisi berbagai bahasa yang didukung.

Harap perhatikan juga bahwa menempatkan kode AdSense pada laman dengan konten dalam bahasa yang tidak didukung oleh kebijakan program AdSense tidak dibolehkan.

Tidak jarang para pemula yang hanya main tempel script iklan tanpa membaca TOS atau peraturan penyedia PPC tersebut, mereka baru mengeluh setelah akun mereka diblok atau di-suspend. Kita tentu akan menerima keputusan pengelola PPC jika memang terbukti telah melanggar aturan yang telah ditetapkan walaupun tanpa peringatan terlebih dahulu. (pengalaman saya dulu)

Bagaimana jika akun kita di-suspend tetapi tidak pernah terbukti melanggar aturan tertulis yang telah ditetapkan pengelola, seperti yang dialami sobat senior saya Kang Hakim dimana akunnya di-suspend saat payout oleh PPC AdsenseCamp tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Berikut beberapa kutipan saat berdiskusi:

AdsenseCamp:
“Kami melakukan suspand pada saat pembayaran penghasilan tiba karena kami melakukan pengecekan pada setiap account pada saat kami akan melakukan pembayaran.”

"Account anda telah tersuspend, dengan alasan Anda melangar TOS kami karena pada beberapa blog Anda terdapat iklan AdsenseCamp dan iklan ppc lainnya yang selalu mengikuti arah scrollbar. Untuk itu, kami mohon maaf apabila account Anda kami suspend dan hak Anda kami batalkan. "


Kang Hakim:
Saya susul dengan pertanyaan, TOS yang mana yang saya langgar?

AdsenseCamp:
Account anda telah tersuspend, dengan alasan Anda melangar TOS kami karena pada beberapa blog Anda terdapat iklan AdsenseCamp dan iklan ppc lainnya yang selalu mengikuti arah scrollbar. Hal tersebut sama juga dengan klik yang dilakukan sendiri.

Kang Hakim:
Kenapa saya ngotot bahwa penempatan iklan tersebut tidak melanggar TOS?
Pertama, karena memang tidak ada TOS tentang penempatan iklan yang disebutkan AdsenseCamp. Kedua, karena PPC lokal lain seperti Kliksaya dan KumpulBlogger saat saya konfirmasi via email membolehkan penempatan iklan seperti itu alias tidak menjadi masalah dan tidak melanggar TOS.

AdsenseCamp:
Kami mohon maaf karena memang kesalahan yang Anda lakukan tidak kami jelaskan secara rinci pada TOS kami. Saat ini sudah kami tambahkan dalam TOS dan account Anda akan tetap kami suspend. Namun demikian, hak Anda untuk bulan ini akan tetap kami bayarkan.

Meskipun Kang Hakim tidak mengklaim AndsenseCamp sebagai PPC Scam, namun beliau mengatakan bahwa hal seperti ini merupakan indikasi Scam karena PPC atau affiliate Scam sering melakukan cara seperti itu. Tidak ada warning dan melakukannya saat pencairan. Anehnya lagi beliau melanggar peraturan yang belum dibuat saat itu.

Pengalaman teman saya Ari :
Waktu ini saya coba klik iklan saya sendiri di komputer teman saya, dan saya tidak pernah login di komputer tersebut dan modemnya pun bukan punya saya. (Tidak mungkin saya dikenali sebagai pemilik blog tertentu) , kemudian saya ingin tahu, apakah benar AdsenseCamp akan membayar kita kalau iklannya di klik. Kemudian saya coba akses blog saya, kemudian saya klik iklan AdsenseCamp-nya selama beberapa kali, tepatnya dua kali, saya klik iklan itu hingga web iklan itu terbuka (saya telah klik dengan benar) kemudian malam harinya setelah saya di rumah, saya online dengan komputer saya, saya check akun Adsensecamp, tapi akun saya masih Rp. 0, kemudian klik yang saya lakukan tadi siang tidak tercatat.
Jadi menurut kesimpulan saya, adsense camp sangat tepat dikatagorikan dengan scam. (dukutip dari komentar Blog Hakim Tea).

Sebagai blogger newbie, saya hanya bisa menyarankan (maaf bukan menggurui) kepada sobat blogger untuk selalu berhati-hati dan lebih selektif PPC Indonesia agar tidak kecewa di kemudian hari. Yang paling penting harus mentaati semua TOS yang mereka buat.

Dari artikel senior yang penah saya baca, ternyata Google Andsense pun pernah men-suspend akun sepihak membernya padahal tidak terbukti melanggar TOS, ironisnya justru mereka yang melanggar TOS-nya Google dapat hidup bebas beternak Adsense tanpa di-suspend.

Saya pikir ini berawal dari Human Error dan mudah-mudahan dapat diselesaikan dengan baik dan saling menguntungkan karena tidak jarang Akun Google yang telah di-suspend pun ternyata dapat aktif kembali setelah berdiskusi melalui email.

Silahkan sharing di sini jika Anda berpendapat lain!

Informasi lebih lengkap : HakimTea.Net