Thursday, September 16, 2010

PPC Indonesia

Apa itu PPC (Pay Per Click)

Banyak cara untuk dapat menghasilkan pendapatan melalui internet walaupun tidak semua cara tersebut dapat dipraktekan dengan mudah terlebih lagi bagi pemula. Semua membutuhkan pengorbanan dan kerja keras termasuk dana dan waktu. Dana diperlukan sebagai salah satu faktor penunjang bisnis internet seperti untuk membuat blog atau website, iklan, ebook, sekolah online bisnis internet, dan lain-lain. Website atau blog yang baru dibangun juga tidak bisa langsung dapat menghasilkan pendapatan, disinilah waktu dan kesabaran diperlukan sampai situs kita dikenal dan banyak dikunjungi.

Salah satu bisnis internet yang dapat dipraktekan langsung tanpa modal yang besar, bahlan boleh dibilang gratis adalah PPC Indonesia. Apa itu PPC Indonesia? Berikut ini adalah pengertian dan contoh beberapa PPC Indonesia berdasarkan pengalaman saya ditambah beberapa sumber yang relevan saat blogwalking.

Jika Anda pernah megenal istilah Google Adsense atau Bidvertiser, maka akan mudah untuk memahamai istilah ini. PPC (Pay Per Click) adalah suatu program iklan Internet yang digunakan pada suatu website, di mana pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka di-click oleh pengungjung situs sedangkan jumlah uang yang dibayarkan oleh pengiklan kepada pengelola atau pemilik wesite PPC tersebut untuk satu kali click pada iklannya disebut Cost Per Click (CPC). Besarnya CPC bervariasi tergantung dari program PPC mana yang diikuti, demikian juga dengan aturannya.

Website yang memberikan layanan PPC biasanya memiliki dua kategori member yaitu member advertiser (pengiklan) dan member publisher (pemilik website/ blog yang berpartisipasi untuk ikut mempromosikan iklan yang tersedia). Seseorang dapat sekaligus menjadi advertiser dan publisher. Publisher akan dibayar oleh pengelola PPC setiap kali terjadi click pada iklan yang ditampilkan pada blog/ website publisher berdasarkan unik visitor. Besarnya pembayaran dari satu kali click bervariasi.

Keuntungan PPC (Pay Per Click):
  1. Bagi pengelola atau pemilik Situs PPC: Keuntungan diperoleh dari pengiklan yang mendaftarkan situsnya untuk dipublikasikan oleh member lain (publisher). Jika terjadi click pada salah satu iklan, maka deposit pengiklan akan dikurangi sampai qouta click habis. Setelah itu iklan mereka tidak akan tampil lagi pada website/ blog publisher kecuali diperpanjang dengan melakukan pembayarn yang jumlahnya bervariasi. Keuntungan lain yang diperoleh oleh pengelola PPC adalah akan meningkatkan traffik dan Pagerank karena seara tidak langsung situs mereka akan ikut serta di sisipkan pada iklan yang terdapat pada website/ blog publisher sebagai link aktif.
  2. Bagi Publisher: Publisher akan mendapatkan keuntungan dari setiap click unik yang dilakukan pengunjung, dan setelah mencapai batas minimal pay out, uang tersebut dapat dicairkan. Metode pencairan juga bervariasi, dapat melalui cek, transfer bank, Alertpay, dan Paypal.
  3. Bagi Pengiklan (Advertiser): Akan meningkatkan trafik pengunjung dari website/ blog yang diiklankan bahkan tidak mustahil keuntungan akan berlipat jika terjadi transaksi pada blog/ website tersebut misalnya penjualan produk atau jasa.
Pada posting kali ini saya hanya akan menginformasikan beberapa PPC Indonesia yang bisa Anda coba untuk memperoleh keuntungan sebagi pasif income.

Beberapa perbedaan antara PPC Indonesia dengan Google Adsense adalah sebagai berikut:
  1. Jumlah member pengiklan dan publisher lebih sedikit.
  2. Iklan yang tampil pada website/ blog publisher kebanyakan tidak sesuai dengan konten blog/ website tersebut tetapi beberapa PPC Indonesia dapat memilih berdasarkan kategori atau keyword.
  3. CPC (Cost Per Click) bagi publisher relatif kecil jika dibandingkan dengan CPC dari Google Adsense yang bisa mencapai lebih dari $10/ click jika konten yang bersakutan membidik high paying keyword (kata kunci mahal).
  4. CPC relatif stabil, tidak seperti Google Adsense yang dapat berubah setiap saat ketika terjadi kompetisi kata kunci yang tidak terlalu ketat, atau para pengiklan menurunkan budget per clik untuk iklan mereka tetapi ada salah satu PPC Indonesia dimana CPC dapat berubah berdasarkan Alexa Rank.
  5. Setelah mencapai limit minimal revenue (pendapatan), pemilik PPC akan mentransfer perolehan pendapatan tersebut melalui Bank Lokal tetapi ada juga yang bisa di transfer melalui Account Paypal (US Dollar) sedangkan Google Adsense saat ini untuk member (Publisher) Indonesia hanya dapat diambil melalui Cek atau WU (Western Union).
  6. Bagi advertiser yang mengikuti program PPC Indonesia, dapat melakukan pembayarn melalui transfer Bank Lokal sedangkan Google Adsense saat ini hanya bisa melalui Kartu Kredit.
Saya yakin sobat semua mempunyai pendapat dan pengalaman masing-masing mengenai PPC Indonesia. Oleh karena itu, kritik saya jika salah atau Anda dapat menambahkan informasi lain mengenai PPC Indonesia pada kotak komentar.