Wednesday, March 31, 2010

Mengapa banyak yang mengaku blogger pemula

Anda mungkin sering menemukan kata-kata atau phrase seperti  "Blogger Pemula", Beginner Blogger, Pendatang Baru, dan sejenisnya saat browsing atau blogwalking. Kata-kata tersebut sering saya temukan pada berbagai forum internet (social network) seperti Facebook, Kaskus, Adsense-Id dan situs web semacam itu. Namun di antara sekian banyak kata-kata seperti Blogger Pemula yang saya temukan, paling sering terdapat pada halaman about me atau profile sebuah blog dan pada kolom komentar sebuah blog.

Kenapa kata-kata tersebut sering muncul?, apakah mayoritas blogger Indonesia memang benar-benar berada pada level pemula?, atau hanya sekedar menyembunyikan identitas dan skill blogger itu sendiri?. Yang jelas Anda pasti lebih tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pengertian Blogger Pemula
Pemula atau istilah lain yang sejenis seperti newbie, newcomer, noobs, beginner merupakan suatu gelar atau level yang disandang oleh seseorang yang baru memulai suatu aktifitas atau profesi termasuk bagi seorang blogger dan webmaster. Entah siapa sebenarnya yang berhak memberi gelar blogger pemula tersebut yang jelas saya sendiri sepertinya termasuk level itu.

Blogging adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat sebuah konten dalam bentuk tulisan, gambar, video, atau kombinasinya untuk diposting pada sebuah blog yang nantinya akan dipublish sehingga akan menjadi konsumsi publik. Orang yang melakukan hal ini disebut blogger. Jadi blogger pemula menurut pendapat saya bisa dikatakan seseorang yang baru memulai blogging atau masih dalam tahap belajar tingkat dasar.

Blogger pemula dan blogger awam adalah istilah yang tidak bisa disamakan karena menurut saya blogger awam berada di bawah level pemula bahkan mungkin belum bisa mendapat gelar seorang blogger karena belum memulai aktifitas blogging.

Kenyataannya banyak blogger yang mengaku sebagai blogger pemula bahkan katanya awam dengan berbagai alasan. Kini kegiatan blogging tersebut meluas dan tidak terfokus pada kegiatan membuat konten atau menulis artikel pada sebuah posting untuk dipublish. Para blogger dituntut untuk bisa mengoptimasi blog mereka baik secara off page atau on page karena hal itu menurut SEO akan meningkatkan trafik pengunjung.

Kegitan yang yang biasanya dilakukan seorang blogger diluar penulisan sebuah artikel tersebut dapat bermacam-macam diantaranya customize template termasuk pengeditan kode HTML, CSS, dan script yang bersngkutan, pengaturan warna dan jenis font, dan lain-lain. Oleh karena itu berdasarkan hal ini, seorang blogger mungkin lebih tahu atau lebih dulu tahu mengenai satu informasi sedangkan yang lain masih awam. Sebagai contoh real, Blogger A memiliki keahlian dalam membuat atau mengedit kode-kode HTML dan CSS tetapi kurang pandai di dalam pemrogramn PHP sehingga dalam hal ini blogger A bisa dikatakan Blogger Pemula dalam hal PHP. Contoh lain, Blogger B adalah seorang yang ahli dibidang pemrograman PHP dan Java Script tetapi kurang mengetahui dalam hal optimasi SEO, promosi, cara membuat artikel yang baik, dengan demikian Blogger B tersebut pada saat itu boleh dikata Master PHP tetapi dibidang optimasi SEO dan promosi masih pemula.

Semua kenyaataan itu tidak bisa dihindari karena "Di atas langit ada langit", "ahli di satu bidang tetapi awam dibidang yang lain", dan "tidak ada manusia yang sempurna",  tetapi tentu sebisa mungkin dapat mengurangi kelemahan-kelemahan tersebut dengan cara belajar, bertanya dan berdiskusi.

Alasan seseorang mengaku Blogger pemula :
Saya yakin Anda mempunyai beribu jawaban atas pertanyaan "Mengapa banyak yang mengaku blogger pemula?", namun beberapa alasan di bawah ini adalah kesimpulan yang saya peroleh saat blogwalking dan diskusi di Yahoo Group.

  1. Baru terjun ke dunia internet dan memang baru pertama kali membuat blog.
  2. Menyembunyikan identitas blogger agar tidak diketahui keahlian yang dimilikinya karena malas atau enggan berbagi informasi.
  3. Sebagai cara untuk bertanya mengenai suatu hal agar pertanyaan tersebut dijawab dengan cukup jelas seperti halya penjelasan terhadap orang awam. Pertanyaan tersebut dapat melalui berbagai media dan yang paling sering adalah memlalui kolom komentar pada sebuah blog yang bersangkutan.
  4. Tidak mau menyombongkan diri sehingga walaupun mereka memiliki basic pendidikan dan pengalaman yang relevan  dan sebenarnya mereka memiliki keahlian sebagai seorang blogger senior, tetapi mereka masih mengaku sebagai blogger pemula.
  5. Untuk menjalin persahabatan dengan semua level blogger, alasan mereka karena di antara blogger pemula masih ada yang merasa sungkan atau sedikit malu untuk merinteraksi dengan level yang lebih tinggi .
  6. Untuk mengetahui kelemahan blogger lain dalam menjelaskan sebuah artikel yang bersangkuan.
  7. Merasa malu karena mereka berpikir masih belum pantas dipanggil blogger senior atau master.
  8. ...........
Anda memiliki pendapat lain ?
Mengapa banyak yang mengaku blogger pemula?
Kira-kira apa alasan mereka ?

Apakah Anda termasuk blogger pemula, senior, atau senior yang berbaju newbie ?