Thursday, March 11, 2010

Memasang Google Analytics

Google Analytics sangat berguna untuk mengetahui traffic suatu blog atau website termasuk jumlah visitor, page view, dari mana visitor tersebut datang, browser apa yang digunakan, halaman mana yang paling banyak dibuka, berapa lama mereka berkunjung, dan banyak lagi fitur-fitur yang diberikan oleh Google Analytic.

Banyak sekali situs yang memberikan layanan seperti Google Analytics baik yang berbayar ataupun yang gratis, tetapi menurut beberapa master dan pelaku Google Adsense senior, mereka lebih menyarankan Google Analaytic dari pada yang lainnya. Alasannya karena selain tidak melibatkan third party, juga lebih aman dari virus, malware, dan spyware. Di samping itu banyak sekali fitur yang diberikan oleh Google Analitycs untuk menganalisa dan mengetahui status blog atau website kita dengan lebih mudah dan lebih akurat.


Berikut ini adalah cara memasang Google Analytics :

  1. Buka Google Analytics.
  2. Click Access Analytics.

    Cara membuat Google Analytics

  3. Click Sign Up.

    Cara membuat Google Analytics

  4. Isi semua data yang diperlukan (alamat blog, account bame, time zona) kemudian click Continue.

    Cara membuat Google Analytics

  5. Lanjutkan pengisian form pada  proses Sign Up (pendapftaraan Google Analytics) sampai selesai.
  6. Check list  (tandai) "Yes, I agree to the above terms and conditions" sebaiknya di baca dulu semua aturannya.
  7. Click create New Account.
  8. Copy code yang diberikan di dalam kotak kemudian paste pada blog atau website anda sebelum </body>. Kalau anda menngunakan blogspot, sign in ke blogger.com dengan username dan password Anda (window analytics jangan dulu di tutup). Pada dashboard, click Layout kemudian click tab Edit HTML. Scroll ke bawah sampai menemukan kode </body> (Versi terbaru, kode Google Alanytic harus disimpan dia atas </head>), paste code yang telah dicopy tadi  di atasnya kemudian click SAVE TEMPLATE.

    Cara membuat Google Analytics
    Cara membuat Google Analytics

  9. Buka kembali window analytics (yang tadi belum ditutup) kemudian Click Save and Finish.
  10. Status belum muncul (masih tanda seru kuning). Tunggu beberapa saat (maksimal 24 jam) kalau berhasil akan mucul tanda checklist hijau.

    Cara membuat Google Analytics

    Cara membuat Google Analytics

Jika sudah berhasil, selanjutnya anda bisa melihat view report atau status lain blog Anda setiap hari.
Dengan menggunkaan Google Analytics, Anda bisa melihat grapik blog atau website mengenai pengunjung termasuk asal negara, IP pengunjung, browser internet yang digunakan, lamanya berkunjung, artikel mana yang paling anyak dibaca, dari mana asal pengunjung (refferal, search engine, dll). Para master Google Adsense bahkan menyatakan bahwa "Apbila kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan benar, maka dapat meningkatkan penghasilan dari Google Adsense yaitu dengan meningkatkan konten yang paling banyak dibuka atau bisa juga dengan menambah konten sejenis"

Perhatian!
Kini kode Google Analytics tersebut harus disimpan tepat di atas </head>

Semoga bermanfaat.