Sunday, March 14, 2010

Blogger Template Designer

Google telah meluncurkan Blogger Template Designer sebagai layanan untuk memanjakan para pengguna Blogger.com yang berfungsi untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa blog.

Selama beberapa tahun kami telah bekerja untuk skala Blogger dan memastikan bahwa ia mampu menangani ratusan juta tampilan halaman per hari," kata Google. "Tapi kami juga percaya bahwa blogging merupakan ekspresi diri dan salah satu bagian penting dari ekspresi itu adalah menciptakan desain yang dapat dicustomize untuk mengungkapkan suara unik Anda.

Jadi, tahun lalu kami mulai bekerja pada sebuah tool yang akan memungkinkan semua orang agar lebih mudah menyesuaikan blog mereka sesuai selera mereka, dan hari ini kami bangga memperkenalkan Blogger Template Designer." (terjemahan dari email yang saya terima dari http://www.webpronews.com.)


Fitur-fitur Blogger Template Designner:

  • Terdapat 15 tempalte baru sang sangat mudah di-customize (highly-customizable templates)dari tim desain kami yang dibagi menjadi empat keluarga: Wikipedia, Picture Window, Awesome Inc, dan Watermark.

    belajar blog

  • Layout dapat di-customize menjadi satu, dua, dan tiga kolom layout untuk setiap template, dengan kontrol penuh atas ukuran dan susunan kolom.

    belajar blog

  • Terdapat ratusan background dan pola/ pattern dari iStockphoto (gambar microstock terkemuka).

    belajar blog

  • Warna font, jenis font, title, dan yang lainnya dapat di-customize dengan mudah oleh user.

    belajar blog

  • Dengan menggunakan Blogger Template Design, Anda dapat melihat (preview) langsung template baru tanpa mempengaruhi blog Anda. Jika Anda telah menemukan template blog yang cocok, Click "Apply to Blog" di sudut kanan atas untuk mempumlikasikannya ke seluruh dunia. Jika tidak, Anda bisa "back to Blogger".

    Sebagai catatan: Sebaiknya Anda melakukan backup template Anda, setelah itu pada bagian Layout, click "Edit HTML", saya mrrekomendasikan ini karena apabila sewaktu-waktu Anda ingin mengembalikan kepada template blog semula, Anda bisa mengupload template yang telah di-backup sebelumnya.

    Untuk masuk ke Blogger Template Designer silahkan kunjungi http://draft.blogger.com,  kita juga bisa menjadikan Blogger in Draft sebagai default Dashboard.

    belajar blog

Lebih jelasnya, perhatikan video di bawah ini.



Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.