Tuesday, November 24, 2009

Promosi Website

promosi websiteAnda mungkin sudah membuat blog dengan nama domain yang bagus, tampilan yang sangat menarik, konten dan artikel yang berkualitas, atau mempunyai produk yang sangat populer dan banyak dicari oleh banyak kalangan. Apakah semua itu sudah cukup untuk melangkah menuju kesuksesan dan meraih keuntungan karena Anda berpikir akan banyak pengunjung yang mampir ke situs Anda? Salah besar...!, karena langkah selanjutnya adalah langkah tersulit yang membutuhkan kerja keras dan pengorbanan waktu, tenaga, atau bahkan dana yang tidak sedikit, kenapa ? ya...promosi jawabanya. Promosikan website atau blog baru Anda agar dikenal oleh kalangan yang Anda inginkan.

Adalah nol besar website baru Anda akan banyak pengunjung tanpa promosi yang baik dan benar. Bagaimana bisa sukses dan meraih keuntungan jika website anda tidak ada atau hanya sedikit yang mengunjungi. Ok..di bawah ini akan saya jelaskan cara promosi website atau blog baru khsus untuk pemula, bagi para master tulisan ini tidak cocok, silahkan cari di tempat lain (LOL).

Metode Promosi
Metode di bawah ini adalah garis besar untuk mempromosikan situs baru Anda dimana situs tersebut baru saja selesai dengan optomasi SEO yang bagus dan tampilan yang menarik.

  1. Sumbit URL situs baru Anda pada search engine terkenal : Google, Yahoo, Msn, dan ke banyak search engine yang lain.
  2. Perkenalkan situs baru Anda beserta deskripsinya pada situs social networking : Friendster, Orkut, Facebook, Kaskus, dan sebaginya.
  3. Perkenalkan Url Situs baru anda melalui email dengan mencantumkan URL situs Anda sebagai signature.
  4. Sering menulis komentar yang dapat memberi manfaat bagi pembaca lain atau bagi penulisnya tetapi jangan sekali-kali berbuat spam, usahakan tidak menulis komentar yang dapat merusak reputasi, Ingat sekali berkomentar salah, tulisan Anda akan dilihat publik dan akan sangat sulit untuk menghapus komentar tersebut. Sebaiknya berkomentar pada situs dengan Google Pagerank yang tinggi atau dengan Alexa Rank yang rendah (tanda banyak pengunjung) setelah itu tulis URL situs baru Anda sebagai signature pada komentar tersebut. Untuk memudahkan pencarian situs yang relevan dengan pagerank yang tinggi,Anda bisa membeli software namanya SEO Elite atau bisa yang gratisan dengan Comment Kahuna.
  5. Daftarkan situs baru Anda pada linkreferral atau clickthru.com, setelah itu tulislah review ringkas website yang lain sehingga traffic situs anda akan cepat meningkat.
  6. Cobalah bertukar link dengan situs yang relevan dan memiliki rank yang bagus atau kalau Anda cukup dana belilah permanent link pada situs-situs penyedia link exchange, tetapi perhatikan jangan sampai URL situs anda di simpan pada halaman dengan ranking yang rendah atau pada halaman dimana terdiri lebih dari 50 link.
  7. Belilah Google Adword dengan kata kunci (keyword) yang tepat artinya keyword tersebut banyak dicari orang tetapi sedikit pesaing sehingga adword tidak terlalu mahal.
  8. Daftarkan situs baru Anda pada situs-situs PPC seperti kumpulblogger.com, adsensecamp.com, bidvertiser.com, adbrite.com, dan yang lainnya. Tetapi apabila Anda memiliki produk sendiri sebaiknya promosikan produk tersebut pada clickbank.com, amazon.com, paydotcom.com, alibaba.com atau pada situs-situs shopping/ online shop berbayar lainnya.
  9. Promosikan situs baru Anda secara offline (non internet) misalnya iklan pada televisi, majalah, radio, dan surat kabar.
  10. Promosikan situs baru Anda pada situs-situs layanan iklan sebanyak mungkin. Sebaiknya pilih iklan yang berbayar agar situs Anda selau berada pada halaman depan walaupun hanya beberapa hari tetapi pilihlah agar pada saat Anda beriklan pada hari dan waktu yang paling banyak pengunjung.
  11. Biasakan untuk mengupdate situs Anda secara kontinyu dengan cara menulis artikel yang berkualitas setidaknya sehari satu artikel dengan tema yang relevan dengan situs Anda. Posting satu hari satu artikel lebih baik dari pada 10 artikel satu minggu setelah itu berhenti.
Website atau blog dengan nama domain yang bagus, tampilan yang sangat menarik, konten dan artikel yang berkualitas dan informatif, serta produk yang sangat populer dan banyak dicari oleh banyak kalangan  adalah Nol besar tanpa Promosi.