Tuesday, January 19, 2010

Facebook di Indonesia

belajar facebook
Statistik pengguna Facebook di Indonesia semakin hari semakin meningkat seiring dengan berkembangnya fasilitas dan kegunaan dari facebook itu sendiri, tidak hanya para blogger, master, dan webmaster lokal yang menggunkanan situs social networking ini tetapi juga para pelajar dan pemula mereka "berambisi" untuk daftar sebagai pengguna Facebook. Di antara mereka bahkan banyak yang meninggalkan atau tidak aktif lagi pada situs social networking yang lain setelah munculnya social networking yang satu ini.

Selain dapat menjadi tempat atau forum untuk berbincang, berdiskusi, dan bertukar pikiran baik melalui wall post, private message, ataupun online chatting, Facebook juga banyak digunakan sebagai salah satu tempat untuk berbisnis melalui fasilitas iklan yang disediakan.

Di dalam facebook, pengguna dapat dengan "bebas" berkomentar sesama teman, membuat group sendiri, berdiskusi, upload foto, upload video, bahkan bisa menyimpan URL sebagai life link dan bahkan dapat bermain online game bersama dengan teman. Hal inilah salah satu keistimewaan sekaligus perbedaan dengan media forum lainnya dimana user hanya bisa menempatkan link aktif setelah memenuhi banyak syarat diantaranya jumlah posting atau usia keaktifan anggota, bahkan di antara media forum yang lain, sama sekali tidak bisa menyimpan link aktif, padahal tidak semua link tersebut merupakan promosi atau signature penggunna.

Untuk menambah "daya pikat" kepada pengguna atau calon pengguna, kini facebook semakin meningkatkan performa dan fasiltas sebagai bentuk pelayanan terbaik yang dilengkapi dengan pengaturan privacy yang bisa di-customize. Facebook sekarang sudah bisa diakses dan support pada berbagai telpon seluler atau perangkat sejenis sehingga pengguna dapat tetap online tanpa perlu berada di depan desktop (PC).

Facebook mulai diluncurkan  4 Februari 2004 yang lalu, didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard  mantan murid Ardsley High School. Pada awalnya keanggotaan dibatasi hanya untuk siswa dari Harvard College. Setelah dua bulan, keanggotaannya diperluas ke sekolah dan perguruan lain lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League dan berkembang terus seiring penambahan database perguruan tinggi yang terus bergabung. (Wikipedia)

Sejak 11 September 2006, semua orang yang memiliki email apa pun dapat mendaftar di Facebook secara gratis. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Pada bulan Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia termasuk pengguna Facebook di Indonesia. Sampai artikel ini diposting ini, facebook memiliki Google Pagerank 9 dan Alexa Rank 2 hal ini merupakan satu prestasi yang menakjubkan.

Menigkatnya jumlah para pengguna Facebook, bukan berarti Facebook tidak memiliki efek negatif khususnya bagi pengguna walaupun semua itu tergantung dari pengguna Facebook sendiri. Berikut ini beberapa fenomena yang terjadi dan akibat dari adanya Facebook baik positif ataupun negatif.

Efek positif  Facebook dan manfaatnya :
  1. Dapat dengan mudah mencari teman walaupun sudah puluhan tahun tidak bertemu dengan syarat mereka telah terdaftar di Facebook.
  2. Pengguna dapat beriklan dan memperkenalkan produk baru secara online baik yang berbayar dengan menggunakan fasilitas yang diberikan Facebook ataupun yang gratis yaitu dengan menulis link aktif atau deskripsi usaha kepada teman-teman atau di dalam group.
  3. Dapat membuat forum khusus sesuai dengan tujuan dengan membuat group sendiri.
  4. Dapat bermain game secara online sekaligus chatting sesama teman.
  5. Dapat mengirim pesan baik melalu wall post atau private message.
  6. Banyak suasana kantor yang berubah setelah bergabung dengan facebook (rilek, tidak tegang, penuh canda sesama karyawan).

Efek Negatif Facebook:
  1. Banyak perkantoran dan perusahaan yang menutup atau memblokir Facebook karena banyak karyawan dari perusahaan itu yang menggunakan Facebook pada jam kerja sehingga produktifitas perusahaan menurun.
  2. Banyak terjadi perselingkuhan atau kencan gelap yang telah direncanakan melalui Chatting dan Private Message.
  3. Banyak group dengan tema yang negatif telah dibuat dan tidak pantas diikuti oleh beberapa orang dibawah umur. Bahkan diantara group tersebut terang-terangan mengekpos artikel, foto, film, dan link yang tidak pantas bahkan melanggar undang-undang lokal dan TOS Facebook sendiri. Tak heran rasanya para ulama pernah mengharamkan Facebook.
  4. Memanfaatkan online game sebagai ajang perjudian.
  5. Terjadinya penculikan Anak (ABG) melalui kominikasi pada Facebook.
  6. Terjadi kasus menghilangnya anak sekolah karena menjalin "hubungan" pada Facebook
Namun semua akibat atau efek dari adanya jejaring sosial Facebook ini tergantung si pengguna dalam memanfaatkannya. Selanjutnya terserah Anda.