Cara Membuat Email

Menbuat Email
Email (Electronic Mail) atau surat elektronik adalah salah satu media komunikasi melalui jaringan internet yang ditujukan pada seseorang. Isi dari email itu sendiri bisa berupa berbagai karakter seperti pada keyword atau dengan menggunakan kode khusus html untuk fungsi-fungsi tertentu, selain itu gambar, lagu, music, dan video juga bisa kita kirim melalui email. Biasanya pada email terdapat CC (Carbon Copy) yang berfungsi untuk mengirim email copy pada alamat tertentu, sedangkan Subject adalah judul surat.

Berbeda dengan surat biasa yang dikirim via POS yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai pada alamat tujuan tujuan, email akan sampai lebih cepat bahkan dalam hitungan detik. Alamat email biasanya ditandai dengan karakter "@" seperti nama@domain.com, namun ada juga email yang berbayar dengan alamat email tanpa karakter tersebut (@).

Email ini nantinya akan diperlukan pada saat membuat blog, daftar facebook, dan banyak lagi termasuk nantinya dalam bisnis internet. Di bawah ini adalah langkah-langkah singkat cara membuat email gratis dengan Yahoo dan Google :

Cara membuat email dengan Google (membuat Gmail):
  • Buka http://google.com kemudian click Gmail atau langsung buka pada browser anda http://gmail.com, perhatikan tanda panah pada gambar di bawah, Click Create an account.

    Membuat email gratis

  • Isi form seperti pada gambar di bawah sesuai dengam identitas (tanda panah merah) sampai selesai yaitu : First name (Nama Awal), Tulis Alamat gmail atau username misalnya namaanda@gmail.com atau namaanda_83@gmail.com dan yang lainnya kemudian cek dulu ketersediaan username, jika username tidak tersedia artinya username tersebut sudah dimiliki orang lain maka ganti dengan username yang lain atau sesuai pilihan yang disediakan dari gmail.

    Membuat email gratis

  • Setelah itu isi password dua kali minimal 7 karakter dan sebaiknya kombinasi dari huruf kecil, kapital, dan angka agar kekuatan password menjadi lebih baik. Ikuti langkah-langkah di bawah:
    1. Isi password dua kali
    2. Pilih security question
    3. Answer (Isi jawaban dari Security answer)
    4. Isi Secondary email (kalau ada)
    5. Lokasi
    6. Isikan Word Verification
  • Tujuan dari poin 2,3, dan 4 adalah sebagai kode rahasia jika suatu saat lupa password. (kode tersebut akan ditanyakan) atau password akan dikirim melalui secondary email.

    Membuat email gratis

  • Langkah terakhir, click I accept. Create My Account. Selesai. Silahkan uji email anda dengan membuka gmail.com lalu login dengan username dan password anda.

    Membuat email gratis

Cara membuat email dengan Yahoo (membuat Ymail):
  • Langkah pertama adalah : buka http://yahoo.com atau http://yahoo.co.id, setelah itu click Sign Up atau Daftar.

    Membuat email gratis


    1. Perhatikan tanda panah merah dan isi form di bawah:
    2. My name(Nama awal dan nama akhir)
    3. Gender (Jenis Kelamin)
    4. Birthday (Tanggal lahir)
    5. I live in (Alamat)
    6. Postal Code (Kode Pos)
    7. Pilih Id yahoo yang nantinya akan digunakan sebagai alamat email dan username, kemudian cek ketersediaan. Jika username yang anda tulis tidak tersedia atau sudah dimiliki orang lain, pilih username yang lain sebagai alamat email atau pilih salah satu username yang disediakan oleh Yahoo.



  • Tulis Password dua kali, sebaiknya password menggunakan kombinasi dari huruf kecil, besar, dan angka agar kualitas password menjadi lebih kuat.
  • Isi Alternate Email (kalau ada)
  • Isi Security Question dan Answer (Pertanyaan keamanan dan jawaban).
  • Isi lagi Security Question dan Answer (Pertanyaan keamanan dan jawaban) yang kedua.

    Membuat email gratis

  • Masukan kode verifikasi kedalam kotak (lihat tanda panah merah) setelah itu ceklist I have read and agree to the Yahoo Term of Service......
  • Langkah terakhir click Create My Account.



  • Tujuan dari tiga ponit terakhir adalah sebagai kode rahasia jika suatu saat lupa password. (kode tersebut akan ditanyakan) atau password akan dikirim melalui alternate email.

Selamat mencoba membuat email baru.

Berikut ini beberapa alamat email gratis selain Yahoo dan Google :
  1. mail.telkom.net
  2. hotmail.com
  3. plasa.com
  4. dashboard.aim.com
  5. mail.lycos.com
  6. easy.com
  7. myfreewebmail.com