Saturday, October 10, 2009

Belajar Bisnis Internet

Belajar Bisnis InternetSeiring dengan perkembangan zaman dan teknologi ide-ide dan metode berbisnis pun semakin maju dan variatif termasuk bisnis internet atau biasa kita sebut bisnis online karena hampir hampir 100% kegiatan bisnis internet tersebut dilakukan secara online.

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita tahu garis besar antara bisnis offline dan bisnis online.

Bisnis Offline
Bisnis offline merupakan kegiatan usaha atau bisnis dimana transaksi jual beli dilakukan di dunia nyata dan terlihat secara kasat mata ada uang ada barang dan expedisi atau pengiriman barang. Bisnis offline ini membutuhkan tempat untuk bertransaksi misalnya perkantoran, hotel, tempat meeting, pertokoan, dll. Tentu saja hal ini akan membutuhkan dana yang cukup besar untuk operasionalnya termasuk biaya sewa tempat, gaji pegawai, dan sebagainya

Bisnis Online
Berbeda dengan bisnis offline, Bisnis Online adalah bisnis yang dilakukan secara online melalui koneksi internet, transaksi jual beli pada bisnis online ini dilakukan secara online melalui jaringan internet. Tentu saja tidak 100% dilakukan secara online karena ada beberapa hal seperti expedisi atau pengiriman barang, pengambilan uang apabila melalui WU (Western Union) yang dilakukan secara offline, namun demikian mayoritas kegiatan transaksi dilakukan secara online termasuk pembayaran, tawar-menawar, dan transfer uang. Hal seperti ini juga membutuhkan dana tetapi tidak sebesar dana yang dilakukan pada bisnis offline.

Keunggulan Bisnis Online
Pada penjelasan singkat di atas mengenai bisnis offline dan bisnis online dapat kita simpulkan beberapa keunggulan bisnis online/ bisnis internet.

  1. Bisnis online bisa dilakukan oleh siapa selama memiliki modal dasar penguasaan internet dan komputer.
  2. Bisnis online bisa dilakukan dimana saja selama ada komputer dan jaringan internet.
  3. Bisnis online tidak memerlukan ruang kerja yang besar seperti perusahaan dan perkntoran yang memerlukan dana yang cukup besar.
  4. Modal yang diperlukan untuk bisnis online relatif lebih kecil jika kita bandingkan dengan bisnis offline. Paling hanya biaya intenet termasuk di dalamnya promosi yang dilakukan secara online.
  5. Prediksi keuntungan Bisnis online lebih besar walaupun tidak mustahil bisa juga rugi dan kena tipu.
  6. Bidang bisnis online beraneka-ragam bahkan hampir tak terbatas.
  7. Bisnis online tidak memandang hirarki perintah dan managemen yang kaku seperti bisnis offline karena siapapun bisa menjalankan bisnis ini tanpa melihat basic pendidikan dan usia, jadi beginner atau master punya kesempatan yang sama untuk sukses.
Syarat-syarat minimal Bisnis Online :
  1. Seperti halnya bisnis offline pendidikan dan belajar sangat diperlukan karena untuk mengurangi penipuan dan tingkat kegagalan walaupun kita bisa belajar sendiri melalui internet tanpa bantuan orang lain secara langsung (tatap muka) namun hadirnya seorang guru dan buku (ebook) yang berkualitas akan sangat membantu.
  2. Biaya, Saya pikir tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan. Biaya di sini sangat penting terutama untuk membeli e-book bisnis yang berkualitas untuk belajar, membeli fasilitas untuk membangun sebuah situs web yang diperluakan, dan biaya promosi. Memang tidak semua orang puas setelah melakukan pembelian ebook-ebook tersebut termasuk saya, tetapi ternyata semua itu membutuhkan waktu dan perjuangan dengan praktek yang serius. .
  3. Menguasai dasar komputer dan internet.
  4. Memiliki salah satu rekening Bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI, atau apa saja) tetapi sebaiknya anda memiliki rekening pada Bank yang bisa diakses secara online (Internet banking) agar lebih mudah dan efesian dalam bertransaksi nanti.
  5. Memiliki Account Paypal yang verified (tetapi tidak mutlak), hal ini penting karena banyak sekali transaksi bisnis dimana pembayaran dilakukan melalui Paypal. Apabila anda belum memilikinya anda bisa daftar paypal. (kalau tidak keberatan itu refferal saya). Untuk memverifikasinya anda harus memiliki kartu kredit tetapi bisa juga dengan VCC (Virtual Credit Card) karena lebih mudah dan jauh lebih murah, Anda bisa melihat penjelasan mengenai verifikasi account paypal dengan VCC atau mencarinya di Google. Selama Paypal Anda tidak diverifikasi maka Anda hanya bisa menerima pembayaran tetapi tidak bisa mentransfer, membeli, atau mencairkan uang tersebut ke Bank lokal. Jadi saya sarankan untuk memverifikasi Account Paypal Anda agar semua transaksi dapat Anda lakukan karena Paypal merupakan alat pembayaran online yang paling aman di dunia.
  6. Memiliki Kartu Kredit Visa atau Master Card (tetapi tidak mutlak), hal ini untuk menyempurnakan kemudahan Anda di dalam transaksi internet karena ada beberapa bisnis online yang transaksinya memerlukan credit card. Disamping itu kartu kredit ini seperti pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal awal baik didalam beriklan ataupun transaksi lain dengan pembayaran yang dapat ditunda sampai dua bulan mendatang.
  7. Disiplin, kerja keras, fokus, praktek, sabar dan tidak putus asa.
Anda punya pendapat lain mengenai Bisnis Internet ?
Semoga bermanfaat.