Thursday, April 18, 2013

Memanfaatkan Hosting Gratis

Hosting
Para pelaku bisnis internet senior yang sudah berpengalaman dengan dukungan pengetahuan, dana, dan jam terbang di dunia maya, memilih dan membeli hosting adalah hal yang mudah bahkan mungkin sudah tidak termasuk dalam kategori penting dan perlu bagi mereka karena sudah dianggap biasa. Hal ini tentu tidak bisa disamakan dengan sebagian para pemula yang pertama kali ingin membuat website untuk keperluan bisnis tanpa pengetahuan dan dana yang cukup.

Untuk menghindari kekecewaan di masa yang akan datang, rekan-rekan pemula dapat memanfaatkan hosting gratis sebagai tempat belajar atau bahkan sebagai media bisnis online Anda. namun hal ini bukan berarti tanpa resiko karena syarat dan ketentuan layanan gratis berbeda dengan layanan berbayar, jadi sebelum menggunakan hosting gratis, sebaiknya "Term of Use" dan "Privacy Policy" situs yang bersangkutan dibaca dan dipelajari dengan seksama.

Terlepas dari resiko menggunakan hosting gratis, banyak penyedia hosting yang memberikan fitur gratis untuk keperluan promosi dan untuk meningkatkan trafik pengunjung yang tentunya hal seperti ini dapat kita manfaatkan bukan saja untuk belajar tetapi sekaligus dapat dijadikan media bisnis di dunia maya dengan membuat situs untuk keperluan bisnis seperti situs toko online.

Meskipun gratis, banyak penyedia hosting yang sengaja memberika fitur Fantastico Auto Installer atau Softaculous yang dapat dimanfaatkan para klien untuk membuat toko online sendiri melalui OpenChart dan FrestaShop. Melalui fitur tersebut pengguna dapat dengan mudah membuat toko online sendiri sekaligus melakukan pengaturan dn konfigurasi toko online sesuai keperluan.

Jika metode ini digunakan, maka dapat menghemat biaaya pembuatan website dan biaya hosting. Namun demikian hal ini kurang direkomendasikan ketika bisnis mulai terlihat maju dan berkembang karena bukan saja akan terlihat kurang profesional, tetapi juga untuk sebagian pengunjung dapat memberikan penilaian yang kurang baik. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan upgrade ke hosting berbayar untuk mendapatkan fasilitas dan fitur yang lebih lengkap. Selain itu jika menggunakan domain sendiri dan dengan hosting berbayar, maka suatu saat situs tersebut dapat dengan mudah dijual dengan harga tertentu.

Rekan-rekan berpendapat lain? Silakan sharing di sini!