Wednesday, April 10, 2013

Editor Template Blogger Makin Asyik

Beberapa hari yang lalu, tampilan template Blogger (Blogspot) masih menggunakan tampilan editor lama yang masih mempunyai beberapa kekurangan sehingga dalam kasus tertentu membutuhkan waktu lebih lama khususnya ketika mengedit kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Kini tampilan dan fitur editor template Blogger makin asyik saja. Selain adanya penomoran di setiap baris, juga warna untuk kode-kode tertentu dibedakan sehingga lebih mempermudah pengeditan atau pembuatan kode program untuk template Blogger. Kemudahan lain ketika terjadi kesalahan, kita dapat mengetahui langsung posisi kesalahan tersebut ada di baris ke berapa, padahal sebelum ada penomoran, jika terjadi kesalahan, seluruh kode template Blogger harus disalin ke Notepad++ atau program Editor sejenis untuk mempermudah problem solving berdasarkan nomor baris (posisi kesalahan) yang ditunjukan ketika terjadi kesalahan.

Pada tampilan template Blogger baru ini, kita dapat melihat hasil editan sementara (Preview) langsung di halaman itu juga. Ini berbeda dengan template editor Blogger sebelumnya dimana proses Preview ditampilkan di halaman lain (new tab). Disamping itu kode-kode program diklasifikasikan berdasarkan jenisnya seperti CSS, HTML, Widget, dan yang lainnya. Untuk melihatnya, klik saja tanda panah hitam di dekat nomor.

Sebelumnya pada editor template Blogger hanya terdapat opsi "Expand Template Widget", tombol Save Template" dan tombol "Preview" sedangkan pada tampilan baru, opsi "Expand Template Widget" sudah dihilangkan dan diganti dengan tanda panah hitam di samping kiri dekat penomoran. Menu-menu baru di editor baru Blogger ini adalah:

  1. Back: untuk kembali ke halaman Dashboard.
  2. Save Template: untuk menyimpan template setelah dilakukan pengeditan.
  3. Jump to Widget: untuk langsung menuju baris widget tertentu.
  4. Edit Template: untuk mengedit kode-kode HTML, CSS, JavaScript template Blogger.
  5. Preview Template: untuk melihat tampilan sementara sebelum template disimpan.
  6. Format Template.
  7. Revert Changes.
  8. Revert Widget Template to Default.
Editor Blogger
Editor Template Blogger (Klik untuk memperbesar!)
Editor Template Blogger
Preview Template Blogger
Editor Blogspot
Revert Widget
Jika kita menemukan kekurangan atau ketidaknyamanan dari tampilan template Blogger baru ini, kita dapat melaporkan langsung melalui "Send Feedback" di kanan bawah seperti pada gambar di bawah.
Editor Template Blogspot
Send Feedback
Sebelum keluhan dilaporkan langsung secara online, kta dapat menandai dengan latar terang dan memberikan beberapa penjelasan masalah yang dialami di "Form Describe the problem". Kita juga dapat menyembunyikan section penting yang tidak mau diketahui dengan memberi warna hitam.
Editor Blogspot
Laporkan Kekurangan