Saturday, April 20, 2013

Sudahkan Blog Anda Support Mobile?

Revolusi perangkat mobile telah menginspirasi banyak pengelola website untuk menyempurnakan website mereka agar dapat mendukung perangkat mobile. Pesatnya perkembangan teknologi di bidang perangkat mobile seperti phonecell, PDA, smartphone, tablet, dan gadget mobile lainnya, maka kemampuan penyajian informasi pun harus mendukung perangkat tersebut yang tentunya tidak terbatas pada SMS dan telpon saja tetapi juga harus mampu mengakses internet. Salah satu alasanya karena internet merupakan perpustakaan terbesar sebagai sumber informasi yang umumnya disajikan melalui website dan blog. Untuk memenuhi keperluan inilah suatu website atau blog harus dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile. Jadi, sudahkan blog Anda support mobile?

Untuk membangun blog agar dapat diakses dengan baik di perangkat mobile dapat dilakukan dengan menggunakan theme atau template tertentu, ekstensi mobile (m), atau dengan modifikasi khusus. Saya sendiri berpendapat bahwa optimasi versi mobile pada suatu blog adalah salah satu metose SEO (Search Engine Optimization) karena secara tidak langsung dapat meningkatkan trafik pengunjung khususunya yang datang dari para pengguna perangkat mobile. Banyak pengguna menutup kembali tanpa membaca isi materi dari suatu blog karena tampilan keseluruhan blog tersebut tidak baik dan sedikit acak-acakan ketika diakses melalui perangkat mobile, padahal blog tersebut merupakan salah satu favorit mereka. Sayang sekali bukan?

Berbagai browser internet versi mobile seperti Mozilla, Opera Mobile, dan Opera Mini pun terus meningkatkan performa dan menyempurnakan fitur agar senantiasa support perangkat mobile. Selain karena para pengguna mobile yang semakin banyak, juga karena tuntutan bisnis dari para pengusaha yang ingin serba portable dan flexible. Saya pikir sobat blogger jangan sampai ketinggalan teknologi apalagi jika sobat adalah pelaku bisnis online yang ingin meningkatkan usaha dengan memperluas target pasar sehingga usaha sobat dapat tetap eksis di dunia maya.

Bagi sobat yang sudah memilki blog, dapat membuat blog dengan versi mobile atau memodifikasi template blog sehingga lebih responsive dan mendukung perangkat mobile dengan beragam ukuran layar. Namun demikian sebelum melakukan itu ada baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah blog sudah support mobile atau belum. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan mengakses blog sobat melalui berbagai perangkat mobile. Perhatikan dengan seksama tampilan dan tulisan blog apakah ada perubahan yang signifikan atau masih tetap normal.

Template blog tertentu memang sudah dirangcang responsive tetapi tidak sedikit template blog yang belum responsive akibatnya  ketika diakses via perangkat mobile, tampilan blog banyak berubah, mulai dari tulisan, tata letak, bahkan gambar dan video pun ikut berubah. Untuk beberapa kasus, perubahan ini sangat menggangu pembaca sehingga penting dan perlu dilakukan perbaikan agar menjadi template mobile friendly.

Blogger sendiri sudah menyediakan fitur mobile (dapat dilihat ketika akan mengedit template di Editor HTML) tetapi untuk perangkat dengan layar kecil, template akan ikut mengecil dan harus diperbesar (di-zoom) agar terlihat jelas, akan tetapi pembesaran (zoom) ini dapat mengakibatkan bandwitdh juga semakin besar. Diamping itu mayoritas perangkat mobile akan otomatis meletakan horizontal scroll untuk menggeser sebagian template yang tidak terlihat.

Untuk mengecek tampilan blog versi mobil dapat menggunakan tool gratis responsive template checker atau dengan tool lain yang masih gratis yakni iPad Peek. Melalui iPad Peek sobat dapat mengecek secara online apakah blog sobat sudah support mobile atau belum. Pada tool itu sobat dapat mengubah setiap ukuran seolah-olah menggati gadget/ perangkat mobile yang dipakai tanpa harus gonta-ganti perangkat mobile "sungguhan".

Di bawah ini adalah screenshot Link Sukses ketika dicek melalui iPadd Peek. Silakan coba blog sobat dengan menuliskan URL blog sobat di kotak input di sebelah kanan atas. Untuk mengubah jenis perangkat mobile dan ukuran layar dapat dilakukan dengan memilih salah satu icon mobile di bagian atas.

Blog Versi-Mobile
Potrait Mobile Version

Blog Versi-Mobile
Landscape Mobile Version

Jika sobat adalah pelaku bisnis internet dan blog sobat sudah support mobile, tidak menutup kemungkinan  penjualan dan transaksi pun dapat dilakukan melalui perangkat tersebut. Bahkan kini pemesanan desain web, registrasi domain dan hosting pun dapat dilakukan melalui perangkat mobile karena lebih simple, portable, dan flexible meskipun dalam beberapa hal, PC, Laptop, dan Netbook masing tetap unggul dan masih diperlukan.

Sudahkah blog Anda support mobile?
Seberapa penting blog versi mobile menurut Anda?
Silakan sharing di sini.