Saturday, April 6, 2013

Proses Indexing Blogger Lebih Lama

Proses Indexing Blogger
Akhir-akhir ini proses indexing (peng-indeks-an) yang dilakukan mesin pencari terbesar Google untuk blog yang dibangun dengan platform Blogger relatif lebih lama meskipun menggunakan nama domain sendiri (bukan subdomain blogspot.com) dan berlaku juga untuk blog yang sudah "berumur". Hal ini mungkin dipengaruhi oleh proses crawl dan algoritma indexing yang dilakukan Google terhadap suatu URL blog. Padahal sebelumnya setiap kali menerbitkan posting baru, artikel tersebut sudah diindeks Google kurang dari 15 menit khususunya untuk blog yang sudah lama, bahkan saya sendiri sering mengalami artikel yang baru diposting sudah diindeks hanya dalam waktu 5 menit.

Saya berani menyimpulkan ini setelah beberapa kali melakukan penelitian sederhana dengan membuat artikel baru masing-masing 3 posting yang diterbitkan pada 5 blog yang sudah berumur lebih dari 3 tahun dengan platform atau CMS (Content Management System) yang berbeda seperti di bawah ini.
  1. 3 posting baru untuk blog yang menggunakan platform Blogger dengan subdomain blogspot.com
  2. 3 posting baru untuk blog yang menggunakan platform Blogger dengan domain .com
  3. 3 posting baru untuk blog yang menggunakan platform Wordpress dan dengan subdomain wordpress.com
  4. 3 posting baru untuk blog yang dibangun dengan platform Wordpress Self Hosting dengan domain .com
  5. 3 posting baru untuk blog yang dibangun dengan Joomla dengan domain .com
Dari 15 posting tersebut hasilnya sebagai berikut:
  1. Artikel baru yang diposting di blog yang menggunakan platform Blogger sebanyak 6 posting baik yang menggunakan subdomain blogspot.com ataupun domain sendiri .com, hasilnya hampir sama yaitu terindeks dalam waktu 5-24 jam.
  2. Artikel baru yang diposting di blog yang menggunakan CMS Wordpress dan Joomla tidak ada perubahan  signifikan. Semuanya hampir sama yaitu terindeks 10 menit sampai 1 jam.
Dari data di atas dapat disimpulkan bawa proses indexing Blogger lebih lama padahal kurang lebih satu bulan yang lalu, tidak seperti ini karena hanya dalam hitungan menit saja, URL posting baru tersebut sudah terindeks Google.

Untuk mengetahui apakah suatu URL baik yang baru ataupun yang lama sudah terindeks Google atau belum, dapat mengguanakan Index Tool Checker atau dengan cara manual yaitu dengan menulis URL pada kotak pencarian Google atau dapat juga dengan menulis "kata kunci site:namadomain.com" tanpa tanda kutif pada kotak pencarian Google. Jika sudah diindeks maka URL tersebut akan muncul di urutan pertama SERP karena untuk nama domain atau subdomain sebagai alamat (address) blog tidak ada satu pun di seluruh dunia yang sama sehingga cara tadi cukup baik untuk mengurangi jumlah kompetitor yang bertema sama muncul di halaman pertama search engine (mesin penelusuran).

Catatan:
Kesimpulan sementara ini sekedar opini dan pemikiran saya semata berdasarkan metode peneletian yang saya lakukan seperti tadi, jadi bisa benar atau bisa salah.  Sobat berpendapat lain? Silakan sharing di sini!