Saturday, December 15, 2012

Posting di Mode HTML

Seperti halnya Wordpress, Joomla, atau CMS (Content Management System) lain, Blogger juga menyediakan fitur posting di mode HTML. Pada mode ini artikel ditulis dalam kode-kode HTML sehingga diperlukan pemahaman HTML dasar. Style penulisan tidak akan terlihat di mode HTML, yang ada hanya beberapa kode (Tag dan Atribut) HTML yang sebagian mengapit tulisan, dengan demikian tulisan tebal (Bold), tulisan miring (Italic), jenis huruf, alignment, warna teks dan style lainnya tidak terlihat.

Untuk menulis di mode Compose, pilih saja tombol "Compose" ketika membuat posting baru. Gambar di bawah adalah contoh penulisan artikel di mode Compose sehingga tulisan tebal dan garis bawah pada "Penangkaran", warna merah pada "Plantlet", dan tulisan miring pada "Generasi Nol" akan tetap terlihat apa adanya. Ini akan berbeda ketika menulis pada mode HTML.

Mode Compose

Untuk menulis artikel di mode HTML, klik tombol HTML (di samping tombol "Compose") yang dilakukan ketika membuat posting baru. Gambar di bawah adalah contoh penulisan artikel di mode HTML dimana setiap style tidak terlihat langsung. Tulisan yang diapit oleh <b> dan </b> akan menjadi Bold (tebal). tulisan yang diapit oleh <u> dan </u> akan digarisbawahi (Underline), dan tulisan yang diapit oleh <i> dan </i> akan menjadi miring (Itatic). <u>, </u>, <b>, </b>, <i>, dan </i> adalah kode-kode HTML dasar. Lebih jelasnya dapat dipelajari di posting sebelumnya mengenai HTML Dasar.

Mode HTML

Contoh penulisan pada mode Compose di bawah memperlihatkan perbedaan setiap style tulisan, penomoran, jenis huruf, warna teks, bullet, dan link (tautan) yang semuanya dapat terlihat langsung sebelum artikel diterbitkan.

Mode Compose

Fitur Toolbar Blogger (dalam kotak merah) pada mode HTML terbatas yaitu Bold, Italic, Link, Insert Image, dan Blockquote, sedangkan fitur-fitur Toolbar yang biasa terdapat di mode Compose semuanya dapat dengan mudah dibuat dengan kode-kode HTML.

Gambar di bawah adalah contoh tulisan di mode HTML yang sebelumnya ditulis di mode Compose. Tulisan tebal, warna teks, jenis huruf, penomoran, bullet, dan link tidak terlihat langsung. Untuk melihatnya dapat dilakukan melalui "Preview", kembali ke mode Compose, atau dengan cara diterbitkan dulu dengan mengklik tombol "Publish".

Mode HTML
Klik untuk memperbesar gambar!

Penulisan artikel dapat dilakukan pada kedua mode tersebut, namun demikian banyak juga blogger yang lebih menyukai penulisan di mode HTML. Alasan mereka antara lain:
  1. Lebih leluasa ketika mengatur style tulisan.
  2. Dapat menyisipkan script yang tidak bisa dilakukan di mode Compose, misalnya script iklan jual beli, script widget Blogger, script Facebook, script video Youtube, script tulisan berjalan, script gambar berjalan, CSS, dan script lainnya.
  3. Melatih kebiasaan menulis dalam kode HTML (media belajar penulisan coding).
  4. Jika artikel merupakan hasil copy paste, semua kode bawaan dari situs sumber tidak akan terbawa.
  5. Jika artikel ditulis dengan Ms. Word kemudian disalin ke dalam posting untuk diterbitkan, maka kode-kode bawaan Ms. Word tidak akan terbawa.
Pada poin ke-4 dan poin ke-5 tidak bisa dilakukan di mode Compose karena jika artikel di copy paste langsung dari situs lain atau dari Ms. Word di mode Compose, maka hasilnya akan tidak teratur atau tidak sesuai dengan template blog bawaan karena kode-kode dari sumber tersebut ikut terbawa ke dalam posting. Solusinya dapat dilakukan melalui penulisan di mode HTML atau dikopi dahulu ke Notepad lalui di copy paste lagi ke mode Compose. Setelah itu, artikel dapat segera dipublikasikan.