Saturday, May 5, 2012

Hati-hati Pasang Google Adsense di Blog Indonesia

Google Adsense Indonesia
Meskipun Google Adsense for Content sudah mendukung bahasa Indonesia, dalam arti dapat dipasang di blog/ website berbahasa Indonesia tanpa perlu khawatir melanggar TOS, tetapi penempatan iklan Google tersebut menurut saya masih riskan.

Saya berani mengatakan ini berdasarkan pengalaman dua orang sahabat saya yang beberapa hari lalu tidak lagi dapat memasang Google Adsense pada blog berbahasa Indonesia dengan alasan karena adanya Click Fraud. Meskipun script Google Adsense sudah dipasang dengan benar tetapi iklan tidak muncul pada blog mereka, iklan Adsense hanya muncul pada blog berbahasa Inggris. Saya sendiri sudah mendapat peringatan dengan indikasi yang sama. Itu sebabnya Google Adsense tidak lagi saya pasang di blog berbahasa Indonesia termasuk di LinkSukses.com.

Ketika saya cek trafik pengujung blog (yang pernah mendapat peringatan dari Google Adsense) melalui Sitemeter dan Google Analytics, mayoritas pengunjung berasal dari negara Indonesia, itu pasti...! karena memang blognya berbahasa Indonesia .... :), disamping itu Geographic Target-nya pun saya seting Indonesia. Meskipun demikian tentu saja click fraud dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk dari orang luar Indonesia.

Saya tidak mengklaim orang Indonesia pelakuknya atau melarang pemasangan Google Adsense dalam blog/ website berbahasa Indonesia, tetapi sekedar ingin berbagi pengalaman sehingga rekan-rekan dapat lebih berhati-hati dan selektif memilih blog yang akan dipasang Google Adsense untuk menjaga "keutuhan" Account.

Rekan-rekan mengkin pernah melihat sebuah blog dengan area kosong pada sidebar atau di dalam posting. Area kosong tersebut adalah area/space iklan Google Adsense yang sengaja dikosongkan jika blog tersebut dibuka dari negara Indonesia. Alasan mereka adalah kehati-hatian, lebih baik mencegah daripada diban :)

Anda berpendapat lain?