Cara Meningkatkan Pengunjung (Part 1)

Meningkatkan jumlah pengunjung
Meningkatkan pengunjung atau meningkatkan traffic suatu situs tidak semudah membalikan telapak tangan namun bukan berarti mustahil untuk diterapkan, hal ini terbukti dengan banyaknya website/ blog yang memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya. Tentu saja keahlian webmater atau pemilik situs dalam hal penerapan SEO (Search Engine Optimization) dan umur situs tersebut sangat berpengaruh (usia yang diimbangi dengan jumah dan kualitas artikel yang diposting).

Traffic suatu website identik dengan jumlah pengunjung pada website tersebut. Google sebagai search engine terbesar dengan pageranknya mengidentifikasikan peringkat suatu website atau blog dihitung dari jumlah URL atau website yang membuat link back pada website tersebut.

Berbeda dengan Google, Alexa menghitung traffic berdasarkan jumlah page impressi pengunjung pada suatu halaman web, perbedaanya.... Google Pagerak makin besar pagerank suatu website menandakan website tersebut memiliki linkback (one way link) yang banyak (pagerank 1-10) sedangkan Rank Alexa makin kecil rank Alexa menandakan website tersebut banyak pengunjungnnya atau page impressionnya tinggi.

Kedua rank (Google Pagerank dan Alexa Rank) tersebut sangat penting karena akan meningkatkan nilai jual website tersebut. Yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara meningkatkan pengunjung atau cara meningkatkan traffic suatu website atau blog. Bagaimana agar Google Pagerank tinggi dan Alexa Rank rendah. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan pengunjung dan traffik berdasarkan informasi dari teman-teman blogger.

Meningkatkan Google Pagerank : 
  1. Buatlah nama website/ blog dengan nama yang sesuai dengan konten atau artikel yang akan kita buat.
  2. Tulislah title yang sesuai dengan konten dan keyword yang akan kita bidik.
  3. Penulisan Meta tag dasar seperti dan keyword deskripsi harus sesuai dengan konten yang akan kita buat.
  4. Lakukan link exchange atau tukar link dengan website/ blog yang kontennya sesuai dengan website kita tetapi memiliki Google Pagerank yang tinggi kalau bisa one way link lebih baik.
  5. Rajinlah memberi komentar pada situs-situs do-follow dengan komentar yang baik dan sesuai dengan konten situs yang akan kita komentari lalu tinggalkan jejak website kita sebagai signature. Usahakan tidak menulis komentar yang dapat merusak reputasi.
  6. Ikutilah forum-forum yang sesuai lalu tinggalkan jejak situs kita sebagai signature (setelah diperbolehkan) oleh forum tersebut (bukan spam).
  7. Setiap mengirim e-mail tulislah URL situs kita sebagai signature tetapi jangan sampai berbuat spam.
  8. Tulislah artikel secara kontinyu dengan tema-tema yang menarik tetapi harus tetap konsisten dengan title website kita.
  9. Submit URL anda ke banyak seacrh engine tetapi harus diatur jangan sampai berbuat spam. Beberapa blogger berpendapat bahwa untuk langkah ini maksimal dilakukan 3 bulan sekali agar website yang kita submit tidak diblock.
  10. Gunakan Google Adword untuk promosi berbayar.

Meningkatkan Traffik Alexa :
  1. Langkah pertama, Install Alexa Toolbar dan jadikan situs anda menjadi hompage brower pada komputer yang biasa Anda pakai, jadi setiap kali browser dibuka maka website pertama yang akan muncul adalah website anda.
  2. Simpan kode HTML Alexa Rank Widget pada situs anda, jangan malu walaupun Alexa rank situs kita masih diatas 5 jutaan. Yakinlah dengan cara-cara ini Alexa rank situs anda akan turun 2 jutaan setelah 1-2 bulan.
  3. Tulislah artikel tentang Alexa misalnya cara mingkatkan traffik Alexa atau cara membuat rank Alexa menjadi rendah, atau hal lain yang berhubungan dengan Alexa.
  4. Sertakan URL situs anda dalam forum-forum webmaster dan mintalah agar mereka mereview situs kita karena biasanya mereka juga memasang Alexa tool pada browsernya.
  5. Publikasikan dan perkenalkan website anda pada forum jaringan social Asia. Beberapa webmaster berpendapat bahwa pengguna web dikawasan Asia timur memiliki penggemar toolbar alexa, diketahui dari hadirnya beberapa negara Asia yang diketahui dari jumlah website yang menggunakan alexa dalam Top 500 Alexa.
  6. Buatlah sebuah webmaster tool dalam website Anda. Ini merupakan sebuah magnet bagi para webmaster untuk mengunjungi website Anda secara berulang-ulang untuk menggunakan tool yang ada dalam website Anda.
  7. Rajin berkomentar pada situs dengan Rank Alexa yang rendah tetapi komentar tersebut harus sesuai dengan artikel yang akan kita komentari. Usahakan tidak menulis komentar yang dapat merusak reputasi.
  8. Lakukan link exchane (tukar link) dengan situs yang memiliki konten yang berhubungan dan memiliki Rank Aexa rendah.
  9. Submit Url situs anda ke banyak search engine tetapi jangan sampai berbuat spam alias harus diatur jadwalnya misalnya tiap 3 bulan sekali.