Friday, November 25, 2011

Cara Menggunakan Kupon dari Google Adwords

Bagi pelaku bisnis online, jumlah pengunjung tentu akan merupakan prioritas untuk meningkatkan penghasilan. Trafik pengunjung ini dapat dilihat melalui report Sitemeter report atau Google Analytics. Cara untuk meningkatkan trafik pengunjung ini dapat dilakukan dengan beragam metode, salah satunya dengan beriklan melalui Google Adwords. Hanya dengan Rp50.000 (biya pendaftaran sekaligus verifikasi) kita sudah dapat mengakses semua fitur pada Google Adwords.

Melalui Google Adwords kita dapat membuat campaigns iklan dengan kriteria yang telah disediakan, namun beberapa opsi dapat kita atur sesuai kebutuhan seperti keywords (kata kunci), lokasi dan bahasa dimana iklan akan ditampilkan, daily budget, Cost Per Click (CPC) dan sebaginya. Iklan tersebut nantinya akan mucul di salah satu layanan Google seperti Google Adsense.

Pengguna (pengiklan) terlebih dahulu harus melakukan pembayaran melalui kartu kredit sebagai biaya iklan yang akan terlihat pada current balance. Biaya tersebut akan habis sesuai jumlah klik yang dilakukan pengunjung pada iklan, makin banyak pengunjung yang melakukan klik, otomatis current balance pun akan berkurang sampai batas maksimal pembayaran, dan saat itu iklan tidak akan lagi tampil sampai pengguna melakukan pembayaran lagi untuk iklan berikutnya.

Terkadang pengguna mendapatkan voucher dari Goolge Adwords sebagai bentuk promosi dalam bentuk kupon yang dapat digunakan untuk beriklan (seperti yang saya alami beberapa kali). Jumlah nominal voucher tersebut akan terlihat pada current balance setelah kode kupon Google Adwords dikirim. Di bawah ini adalah cara menggunakan kupon dari Google Adwords:

  1. Login ke Google Adwords dengan username dan password yang telah didaftarkan terlebih dahulu
  2. Pada menu Billing pilih Billing Preferences

    Iklan Google

  3. Isikan kode kupon di bagian Promotional Codes kemudian klik Redeem dan tunggu sebentar sampai muncul kalimat:
    Your promotional code was successfully processed.
    A credit of 400,000 has been applied to your account. Click the 'Billing Summary' link above to view your updated balance. Please note that your account will be charged for advertising that exceeds the promotional credit.


    Iklan Google

  4. Pada menu Billing, pilih Billing Summary untuk melihat bahwa Current Balance telah bertambah sesuai jumlah nominal Voucher Google Adwords

    Iklan Google

    Iklan Google

  5. Selesai, kini Anda dapat mulai membuat Campaigns melalui Google Adwords