Wednesday, April 28, 2010

Cara Mencari Keyword yang Tepat

Keyword
Begitu pentingkah kata kunci (keyword) pada sebuah blog?.

Di antara blogger dan penulis artikel banyak yang tidak menentukan kata kunci pada blog yang mereka bangun bahkan di antaranya ada yang menganggap sepele dan tidak penting. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena mereka beranggapan bahwa dengan menulis artikel yang menarik dan unik akan dapat menarik peengunjung untuk membaca tulisan yang mereka publish. Dengan kata lain, traffik akan meningkat dengan sendirinya melalui posting artikel-artikel yang berkualitas, menarik, dan banyak dicari.

Berdasarkan alasan itu, saya berpendapat bahwa secara tidak langsung mereka telah menentukan kata kunci pada konten yang bersangkutan. Di samping itu kalau memang keyword tidak begitu penting, kenapa banyak sekali pakar SEO yang menganjurkan untuk menentukan kata kunci yang bagus bahkan di antara mereka ada yang memberikan layanan berbayar untuk menampilkan sebuah situs berada di halamam pertama pada serach engine saat pencarian dengan kata kunci (keyword) tertentu.

Tetapi alasan ini sedikit dapat dibantah oleh mereka yang selalu mengandalkan iklan dan Google Adword untuk meningkatkan traffic pengunjung. Apakah Anda berpendapat bahwa Google Adword dapat mengalahkan SEO Alami (tanpa iklan atau tanpa menggunakan layanan berbayar seperti PPC dan sebagainya) untuk kata kunci tertentu?.

Terlepas dari penggunaan Google Adword, banyak blogger tetap berprinsip bahwa kata kunci itu sangat penting yang dalam hal ini biasa disebut dengan niche. Niche adalah sebuah topik (termasuk keyword) yang banyak dicari dan dibutuhkan dalam waktu tertentu tetapi dengan pesaing (competitor) yang relatif sedikit (pen), pesaing di sini dapat diartikan situs lain yang memiliki keyword yang sama. Dengan menentukan niche yang tepat, optimasi sebuah blog agar tampil di peringkat atas pada search engine tidak akan membutuhkan biaya yang besar.
Berikut adalah salah satu cara mencari keyword yang tepat khususnya untuk sebuah blog yang menggunakan bahasa Inggris pada kontennya.
  1. Tentukan ide topik yang akan diposting misalnya "Free Ebooks"
  2. Kumpulkan kata kunci yang kira-kira relevan untuk topik tersebut misalnya "free fbooks", "ebook for free", best ebooks", "100% free ebooks", dan sebagainya.
  3. Buka Keyword Tool untuk membantu memperkirakan jumlah pembaca yang menggunakan keyword tersebut saat pencarian.
  4. Tulis kata kunci pada tool tersebut misalnya "free ebooks" lalu click "Hit Me". Terlihat jumlah rata-rata orang yang menggunakan kata kunci "free ebooks" setiap bulan sekitar 7.677. Jumlah yang cukup baik.

    Menentukan kata kunci

  5. Buka Google.com kemudian tulis kata kunci "free ebooks' pada kotak pencarian kemudian lihat hasilnya. Perhatikan tanda panah merah, angka 20.000.000 adalah jumlah situs pesaing yang menggunakan kata kunci "free ebooks".

    Menentukan kata kunci

  6. Lanjutkan dengan memeriksa kata kunci alternatif (lihat kembali pada Keyword Tool) walaupun dengan jumlah pencari lebih sedikit. Contoh : "completely free ebooks" dengan jumlah pencari 601.
  7. Ulangi langkah ke-5 dengan kata kunci "completely free ebooks". Terlihat jumlah situs pesaing untuk kata kunci "completely free ebooks" adalah 12.100.000.

    Menentukan kata kunci

  8. Sampai langkah ini saya pikir Anda bisa menentukan sendiri kata kunci (keyword) mana yang akan diambil untuk mengoptimasi blog Anda, apakah kata kunci "free ebooks" dengan jumlah pencari 7.677 dan memiliki pesaing sekitar 20.000.000 atau kata kunci "completely free ebooks" dengan jumlah pencari 601 dan memiliki pesaing 12.100.000.
  9. Anda bisa mencoba metode ini untuk kata kunci (keyword yang lain).
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Anda memiliki metode lain? Sharing di sini....!