Sunday, April 26, 2009

Promosi Dengan Direct Email

Dalam kegiatan bisnis apapun, promosi adalah faktor penting yang akan menentukan laku atau tidaknya produk atau jasa yang ditawarkan. Demikian pula halnya dengan bisnis online. Promosi merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Betapapun bagusnya produk yang ditawarkan tidak akan mengahasilkan income sepeser pun jika tidak ada orang yang mengetahuinya. “Tak kenal maka tak sayang”, demikian kata pepatah. Posting yang Anda buat di blog pun akan sepi pembaca apabila tidak dipromosikan.

Banyak cara untuk mengenalkan atau mempromosikan web/blog Anda di Internet. Misalnya dengan beriklan di situs-situs iklan baris. Selain cara tersebut, cara lain yang terbilang efektif, aman, efisien dan murah yaitu dengan direct email, yakni mengirimkan sales letter (email promosi) ke alamat-alamat email yang sudah ditentukan (sebelumnya tentu anda harus memiliki email aktif). Namun cara ini telah banyak disalahgunakan oleh banyak pelaku bisnis online sebagai media untuk melakukan SPAM, yakni pengiriman email ke alamat email seseorang yang tidak dikehendaki oleh si pemilik email.

Berbeda dengan SPAM, direct email ialah mengirimkan sales letter (email promosi) ke alamat yang memang telah sepakat untuk menerima email-email komersial tersebut.

Untuk mendapatkan alamat-alamat email yang sah, Anda, misalnya, bisa bergabung di mailing list. Mailing list ini banyak bertebaran di internet, salah satunya bisa Adan temukan di Yahoo Group. Login ke akun Yahoo Anda, kemudian carilah yahoo Group dengan topik-topik yang berkaitan dengan web Anda. Anda pun bisa membuat group sendiri dengan aturan yang Anda tentukan sendiri. Namun secara umum, setiap anggota sebuah group mailing list bisa saling berikirim email ke seluruh anggotanya.

Banyak perusahaan yang menawarkan daftar email sebagai sarana untuk berpromosi secara direct email. Email-email tersebut sah dan Anda bisa mempromosikan web ke daftar email tersebut dengan aman tanpa dianggap sebagai spammer. Itulah sebabnya, perusahaan-perusahaan itu biasanya memungut sejumlah biaya tertentu. Di Indonesia, salah satau perusahaan yang menyediakan jasa seperti ini ialah http://www.networker-indonesia.com.