Friday, November 30, 2012

Karnaugh Map Analyzer

Karnaugh Map (K-Map) adalah salah satu metode penyederhanaan ekspresi Aljabar Boolean (Fungsi Logika) melalui map (kotak-kotak) yang dirancang khusus sesuai aturan K-Map berdasarkan jumlah variabel pada fungsi tersebut. Karnaugh Map Analyzer atau disebut juga Karnaugh Map Minimizer adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menyederhakanan fungsi logika Boolean menggunakan metode K-Map.

Dengan menggunakan software Karnaugh Map, proses penyederhanaan fungsi logika Boolean dapat dilakukan dengan cepat dan akurat tanpa perlu menggambar kotak-kotak K-Map (Mintern) dan tanpa perlu melakukan identifikasi melalui model-model pemetaan K-Map. Berikut ini adalah beberapa Software Karnaugh Map yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut, di antaranya dapat dilakukan secara online.

  1. Karnaugh Map Explorer 1.0
    Adalah software Karnaugh Map online untuk dua, tiga, dan empat variabel. Bagi sobat yang ingin mencoba software ini dapat membuka URL : http://courseware.ee.calpoly.edu/~rsandige/KarnaughExplorer.html

    Software Karnaugh Map-1

  2. Karnaugh Map Minimizer 2.0
    Ada dua proses yang harus dilakukan ketika melakukan instalasi. Pertama, lakukan instalasi segera setelah download selesai, kedua extract file kmin.zip kemudian lakukan instalasi melalui file Install.exe. Adapun fitur-fitur yang tersedia pada software ini antara lain:

    1. Pembuatan Truth Table (Tabel Kebenaran) dari hasil analisa penyederhanaan
    2. Pengaturan warna logic 0 dan logic 1
    3. Penggantian nama variabel misalnya A diganti dengan X
    4. Konversi formula to circuit
    5. Tipe analisa SOP (Sum of Product) dan POS (Product of Sum)

    URL download : http://ptf.com/download/karnaugh_minimizer/56645/

    Program Karnaugh Map

  3. Karnaugh Map Minimizer (Robert Kovacevic)
    Software Karnaugh Map ini dapat di-download gratis di URL: http://k-map.sourceforge.net/, mimiliki tipe penyelesaian SOP dan POS dan dapat melakukan penyederhanaan fungsi logika Boolean sampai dengan delapan variabel.

    Karnaugh Map Minimizer Robert Kovacevic

  4. Usmania KMap Minimizer
    Software ini selain memiliki fitur analisa SOP dan POS juga dilengkapi fitur suara manusia. Salah satu kelebihannya adalah dapat menyederhanakan banyak variabel disertai Tabel Kebenaran dari hasil analisa.
    URL Download: http://usmania-kmap-minimizer.en.softonic.com/download

    Usmania K-map Minimizer

  5. KarnaughMap 1.2
    Software ini dapat menyederhanakan fungsi logika Boolean empat variabel dengan tipe analaisa SOP dan POS. Penganalisaan dilakukan dengan cara klik pada kotak-kota yang tersedia sesuai dengan kombinasi variabel dari fungsi logika yang akan disederhanakan.
    URL download: http://puz.com/sw/karnaugh/

    Karnaugh Map 1.2