Wednesday, November 28, 2012

Model-model Karnaugh Map

Selain dengan metode Aljabar, suatu fungsi logika Boolean dapat disederhanakan dengan metode Karnaugh Map (Peta Karnaugh). Teknik penyederhanaan dilakukan dengan membuat gambar kotak-kotak (map) yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah variabel. Jika terdapat dua variabel misalnya A dan B, maka jumlah kotak adalah empat, jika terdapat tiga variabel misalnya A, B, dan C, maka jumlah kotak adalah 8, dan seterusnya. Empat dan delapan diperoleh dari 2dimana n adalah jumlah variabel.

Sebelum melakukan penyederhanaan fungsi logika Boolean, sebaiknya dipahami terlebih dahulu model-model Karnaugh Map (K-Map) serta pemetaan masing-masing model tersebut. Pemahaman model-model K-Map dan pemetaannya dapat mempermudah proses penyederhanaan dengan metode Karnaugh. Setiap penyederhanaan fungsi logika dapat dilakukan dengan model mana saja selama jumlah variabelnya sama. Dengan kata lain, apapun model K-Map yang digunakan akan menghasilkan penyederhanaan yang sama.

Di bawah ini adalah beberapa Model Karnaugh Map, Pemetaan K-Map, dan Tabel Kebenaran untuk dua variabel, tiga variabel dan empat variabel.

K-Map
Model K-Map Dua Variabel

Tabel Kebenaran
Tabel Kebenaran Dua Variabel

Pemetaan K-Map 2 Variabel
Pemetaan K-Map Dua Variabel

K-Map 3 Variabel
Model K-Map Tiga Variabel

K-Map 3 Variabel
Model K-Map Tiga Variabel

Pemetaan K-Map 3 Variabel
Model Pemetaan K-Map Tiga Variabel

Pemetaan K-Map 3 Variabel
Model Pemetaan K-Map Tiga Variabel

Tabel Kebenaran 3 Variabel
Tabel Kebenaran Tiga Variabel

K-Map 4 Variabel
Model K-Map Empat Variabel

Pemetaan K-Map 4 Variabel
Pemetaan K-Map Empat Variabel

Tabel Kebenaran 4 Variabel
Tabel Kebenaran Empat Variabel

Jika suatu fungsi logika terdiri dari tiga atau empat variabel, maka metode penyederhanaan dengan Karnaugh Map dapat lebih mudah jika dibanding dengan penyederhanaan dengan metode Aljabar.