Tuesday, November 30, 2010

Chat Box Pada Blog, Penting?

Sering kita melihat Chat Box yang disisipkan pada sebuah blog, widget khusus yang disajikan untuk chatting antara author dengan pengunjung atau antar sesama pengunjung. Mereka dapat menulis pesan singkat berdasarkan nickname yang secara instan dapat dibuat tanpa perlu registrasi kecuali si pemasang widget tersebut menambahkan opsi login yang mengharuskan registrasi terlebih dahulu. Di antara pemilik blog ada yang sengaja menghapus atau menyembunyikan kotak komentar dan menggantinya dengan Chat Box.

Bagaimana cara memasang Chat Box pada blog?
Untuk Blogger Pemula yang belum mengenal PHP, Java Script, dan Database, tidak perlu repot-repot membuat Widget Chat Box karena kini banyak situs yang menyediakan layanan gratis untuk keperluan itu.

Seberapa pentingkah Chat Box di dalam sebuah blog? Apakah fasilitas tersebut dapat mewakili kotak komentar atau hanya sebagai dekorasi agar sebuah blog dapat terlihat lebih keren?

Penting atau tidaknya pemasangan Chat Box di sebuah blog tergantung siapa yang menilai karena setiap blogger tentu memiliki alasan sendiri, seperti Link Sukses misalnya, yang sampai saat ini belum merasa terlalu butuh kehadiran Chat Box, lain halnya dengan Diptara Blog yang sejak lama sudah memasang Chat Box dalam bentuk Guest Book sebagai tempat menyapa dan bersilaturahmi antar pengunjung dengan pengunjung atau antar author dengan pengunjung. Contoh lain, Blog Kang Rohman yang menempatkan Chat Box hanya pada halaman depan (Home) bukan sebagai pengganti kotak komentar di bawah posting karena tidak ada artikel pada halaman tersebut yang dapat diberi komentar kecuali untuk mengomentari konten halaman depan. Coba saja Anda lihat isi Chat Box tersebut, kebanyakanan berisi sapaan dan ucapan salam.

Bagi saya Chat Box dalam kondisi tertentu dapat menjadi pengganti kotak komentar walaupun jumlah karakter yang bisa dikirim sangat terbatas. Sobat mungkin pernah membaca artikel sebuah blog yang membahas tentang tutorial, sebut saja "Tutorial Cara Bikin Blog". Setelah dibaca dengan seksama, Anda merasa cukup faham dan merasakan manfaat dari tutorial tersebut tetapi kesulitan untuk menulis komentar di dalam kotak komentar yang tersedia. Mungkin saja Anda beralasan bahwa kalimat "Thank You, Terima kasih, Terima kasih infonya" kurang pas kalau ditulis dalam kotak komentar sehingga Anda memilih alternatif dengan menulis kalimat tersebut pada Chat Box.

Kondisi lain, misalnya sobat berkunjung kembali ke salah satu blog sahabat dimana Anda pernah membaca artikel pada halaman tersebut dan pernah memberikan komentar tetapi Anda bermaksud untuk menyapa sobat blogger tersebut. Kalimat sapaan pada author seperti "Selamat pagi Bro", "Kunjungan sore", "Apa kabar?", "Met malam", dan lain-lain" saya pikir Chat Box menjadi alternatif terbaik dari pada kotak komentar.

Bagi sobat pemula yang membutuhkan informasi mengenai cara memasang Chat Box pada blog dan tertarik untuk mencoba memasang widget tersebut, dapat mengunjungi situs-situs penyedia layanan Chat Box di bawah, atau bisa juga dengan dipasang Bottom Toolbar (produk Gigya dan Wibya) sebagai pengganti Chat Box. (Baca Bottom Toolbar!) karena fitur pada Bottom Toolbar lebih lengkap termasuk fitur Fan Facebook, Twitter, Donate, Recent Post, Google Translate, RSS, dan lain-lain.

Oggix

Shout Mix

YellBox

MyShoutBox

CatRoll

TechKnowl

CBox

Menurut Anda, Pentingkah Chat Box di dalam sebuah Blog?