Monday, March 29, 2010

Cara Pasang Google Translator

Artikel dengan tema Google Transtalor ini memang sudah banyak sekali dipublish baik dalam blog berbahasa Indonesia ataupun bahasa yang lainnya. Untuk beberapa orang, tema seperti ini mungkin sudah basi tetapi tentu lain halnya dengan blogger pemula yang masih awam yang sedang belajar ke sana kemari, mencari widget yang sesuai dengan blog mereka atau mungkin saja hanya sekedar coba-coba belajar menyisipkan kode HTML.

Seperti pernah saya katakan pada postingan lain atau pada halaman About Me, Tujuan saya menulis artikel pada blog ini lebih diutamakan untuk para pemula.

Tool ini akan sangat membantu apabila target pengunjung blog atau website tidak difokuskan untuk wilayah Indonesia atau orang-orang yang dapat berbahasa Indonesia, sehingga pembaca atau pengunjung yang datang dari belahan bumi lain dengan bahasa yang berbeda dapat dengan mudah menterjemahkan kedalam bahasa mereka dengan sekali click.

Cara Pertama :

  1. Buka Google Translate.
  2. Pilih Indonesia pada kolom "Select the language of your webpage"
  3. Pilih Bahasa tujuan pada radio button Translator languages, jika Anda memilih "All Language, nantinya akan dibuat tranlator untuk semua bahasa, tetapi Anda juga dapat memilih secara spesific dengan meng-click "Spesific languages" kemudian tandai (checklist) bahasa yang Anda inginkan.
  4. Copy seluruh kode di dalam kotak selanjutnya paste pada sidebar blog Anda atau di tempat yang relevan pada blog Anda.

    Cara Pasang Goggle Translate

  5. Hasilnya akan seperti di bawah ini :
Cara Kedua :
  1. Copy seluruh kode di bawah kemudian paste pada sidebar atau di tempat yang Anda suka pada blog Anda.
  2. Hasilnya akan terlihat seperti ini :

    English French German Spain Italian Dutch
    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara ketiga :
  1. Copy seluruh kode di bawah kemudian paste pada sidebar atau di tempat yang Anda suka pada blog Anda.



  2. Hasilnya dapat dilihat langsung di blog Indahnya Berbagi. (sumber)
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.